News
Batal
KATEGORI
link has been copied
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc930f3facb9539022a2492/investasi-bodong-kampoeng-kurma-manfaatkan-tokoh-agama-dan-momen-212
Jakarta - Kembali muncul investasi abal-abal yang memakan banyak korban. Investasi ini bernama Kampoeng Kurma dengan konsep syariah dan anti riba. Awalnya PT Kampoeng Kurma menawarkan investasi kepada masyarakat dengan menjual kavling. Nah kavling itu akan ditanami kebun kurma yang hasilnya akan dibagikan kepada pemilik kavling. Namun setelah berjalan sejak awal 2018 ternyata belum ada pohon kurm
Lapor Hansip
11-11-2019 16:59

Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212

Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212

Jakarta - Kembali muncul investasi abal-abal yang memakan banyak korban. Investasi ini bernama Kampoeng Kurma dengan konsep syariah dan anti riba.

Awalnya PT Kampoeng Kurma menawarkan investasi kepada masyarakat dengan menjual kavling. Nah kavling itu akan ditanami kebun kurma yang hasilnya akan dibagikan kepada pemilik kavling.

Namun setelah berjalan sejak awal 2018 ternyata belum ada pohon kurma yang ditanam. Kemudian mereka yang mau mengambil kembali investasinya tak kunjung diberikan perusahaan.


Salah satu korban Irvan Nasrun mengaku tertarik lantaran konsepnya yang berlabel syariah. Perusahaan juga ternyata memanfaatkan gelombang massa umat Islam pada saat kejadian 212 dan 411.

"Jadi mereka memanfaatkan ghirah (semangat) umat Islam setelah kejadian 212 dan 411. Setelah 212 banyak bermunculan yang berbau syariah," ujarnya kepada detikcom, Senin (11/11/2019).

PT Kampoeng Kurma juga memanfaatkan tokoh-tokoh agama seperti Syekh Ali Jaber dan Ustaz Arifin Ilham. Irvan pun menunjukkan adanya rekaman video di Youtube ketika kedua tokoh agama itu membicarakan Kampoen Kurma.

Tak hanya itu, perusahaan juga mengundang Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat seremonial penanaman pohon kurma di lokasi. Hal-hal itu semakin membuat calon investor percaya.

"Karena saya yakin Kampoeng Kurma prospeknya bagus, dan saya tertarik dengan kawasan Islaminya," ujarnya.

Investasi bodong ini tercium pada awal Januari 2019, perusahaan mengumpulkan para investor dan memberitahukan bahwa akan ada investor dari Malaysia yang mau mengakuisisi proyek Kampoeng Kurma.

Perusahaan pun menjanjikan bagi investor yang ingin menarik dananya akan diberikan full ditambah 20% dari dana tersebut. Saat itu ada sekitar 50% pembeli kavling yang ingin refund, tapi kenyataannya tidak akan yang diproses.

"Pertengahan tahun sekitar bulan Juli, saya tanya ke manajemen Kampoeng Kurma, untuk menanyakan progress. Oleh mereka pertanyaan saya tidak dijawab. Saya akhirnya mencari informasi, ternyata AJB yang dijanjikan untuk kavling saya belum bisa terlaksana, saya tanya kapan AJB, dijawab belum bisa AJB karena dana tidak ada," tambahnya.


Selain ternyata kavling yang dibeli juga bodong, mereka juga tidak menemukan pohon kurma yang ditanam. Sebab dananya tidak ada.

"Heran saya, uang pembeli bisa habis. Bahkan pembeli yang refund diberi cek kosong. Ada pembeli yang kavlingnya ghaib (tidak ada), ada kavling yang ada kuburannya, banyak pembeli yang dilempar lempar karena tanah kavlingnya tidak ada," tuturnya.

Sementara juru bicara PA 212, Novel Bamukmin mengakui pernah mendengar investasi Kampoeng Kurma. Dirinya yang mengaku tertarik juga mengatakan belum mengetahui bahwa investasi itu bodong.

"Iya saya sudah pernah dengar itu dan saya justru tertarik membeli tanah di situ, agar bisa mempunyai tanaman kurma dan setahu saya belum tahu kalau investasi itu bodong. Perlu saya selidiki dulu namun kalau ada orang yang menjadi investor dari PA 212 saya belum dengar," tambahnya.


SUMUR

Bodong Gan emoticon-Hammer2
Diubah oleh aleet
profile-picture
yanka555 memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 2
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:00
astajimemoticon-Mad
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:02
kadrun memang gullible banget emoticon-Big Grin
dijualin agama senang banget emoticon-Big Grin
akhirnya kena deh emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan yanka555 memberi reputasi
2 0
2
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:03
gak masalah dapat kavling bodong di dunia, yg penting bonus kavling syurga tetap aman
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:09
Jualan agama memang enak...

Dan lucunya banyak yg masih gampang dibegoin sama jualan agama !!!


Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:10
GTIS vol.2

emoticon-Big Grin
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:18
ya ampun

jangan mau ditipu sama ..... *




* isi sendiri itu titik titik
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:27
Quote:
"Pertengahan tahun sekitar bulan Juli, saya tanya ke manajemen Kampoeng Kurma, untuk menanyakan progress. Oleh mereka pertanyaan saya tidak dijawab. Saya akhirnya mencari informasi, ternyata AJB yang dijanjikan untuk kavling saya belum bisa terlaksana, saya tanya kapan AJB, dijawab belum bisa AJB karena dana tidak ada," tambahnya.


AJB sifat nya harus lunas seketika pada saat TTD.

Cara marketing... Dimainkan dulu.. Sistem DP, namun diplesetkan menjadi investasi.
Kalaupun korban bayar DP.. seharusnya ada perjanjian tersendiri.

Terakhir tentang pelunasan langsung ditempat sebelum/sesudah TTD AJB.
Baru tuh minta salinan AJB sbg bukti.

Saran...
Kalau bisa dalam inves atau beli tanah.. Bentuknya udah sertifikat (ya walau kadang ada sertifikat palsu)
Daripada masih petok/girik.. Memang sih lebih murah, namun paling tidak dg beli tanah bentuk sertifikat bisa mengurangi rasa was-was.
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:29
kapokmu kapan
profile-picture
winner4016 memberi reputasi
1 0
1
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:29
Kayanya bulan lalu gw masih liat tenantnya deh di mall di bandung
profile-picture
winner4016 memberi reputasi
1 0
1
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:37
ada udang dibalik batu
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 17:52
kalo menyangkut saudara seiman pake cara diselidikin dulu

kalo bukan saudara seiman langsung serang tanpa tabayun dulu

kalo ada alumni 212 terlibat p3nipuan pura2 tuli buta seperti kasus abutour 1st travel
profile-picture
ambarawan memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 18:12
ane boleh bilang gak kalo ini umat kenak muhabalah habib rijik?

Quote:Original Posted By ayic222
AJB sifat nya harus lunas seketika pada saat TTD.

Cara marketing... Dimainkan dulu.. Sistem DP, namun diplesetkan menjadi investasi.
Kalaupun korban bayar DP.. seharusnya ada perjanjian tersendiri.

Terakhir tentang pelunasan langsung ditempat sebelum/sesudah TTD AJB.
Baru tuh minta salinan AJB sbg bukti.

Saran...
Kalau bisa dalam inves atau beli tanah.. Bentuknya udah sertifikat (ya walau kadang ada sertifikat palsu)
Daripada masih petok/girik.. Memang sih lebih murah, namun paling tidak dg beli tanah bentuk sertifikat bisa mengurangi rasa was-was.


boleh usul? makelar tanah juga pengen makan enak gan, kalo caranya gak muter duit kayak gitu darimana mereka dapet duit tambahan. disisi lain cara ginian lebih disukai konsumen di indonesia, siapa sih yang gak mau harga tanah "seperempat harga"
emoticon-Malu
profile-picture
winner4016 memberi reputasi
1 0
1
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 18:18
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212

emoticon-Christmas
profile-picture
winner4016 memberi reputasi
1 0
1
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 18:20
Quote:Original Posted By joesatriyono
ane boleh bilang gak kalo ini umat kenak muhabalah habib rijik?



boleh usul? makelar tanah juga pengen makan enak gan, kalo caranya gak muter duit kayak gitu darimana mereka dapet duit tambahan. disisi lain cara ginian lebih disukai konsumen di indonesia, siapa sih yang gak mau harga tanah "seperempat harga"
emoticon-Malu


Mudah2an konsumen indonesia bisa lebih mengerti serta teratur sesuai prosedur dalam melakukan jual beli.
Makelar mungkin bisa disebut profesi menguntungkan.. Walau banyak muter-muter duit juga.. Namun adakalanya makelar juga harus tahu prosedur agar bisa jalan dan daoat dipercaya.
Toh kadang juga kita butuh tuh makelar dalam menjual sesuatu.. Baik tanah atau kendaraan.
Namun banyak juga makelar2 tak jujur.. Duit yg didapatpun jadi tak jujur.. Alias cepet ilang, mungkin bahasa kerennya duit setan dimakan jin.. emoticon-Big Grin

Kembalik ke topik.. Model investasi ini memang menggiurkan sekaligus meragukan..
Apalagi bnyk konsumen yg masih awam.
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 18:42
Quote:Original Posted By ayic222
Mudah2an konsumen indonesia bisa lebih mengerti serta teratur sesuai prosedur dalam melakukan jual beli.
Makelar mungkin bisa disebut profesi menguntungkan.. Walau banyak muter-muter duit juga.. Namun adakalanya makelar juga harus tahu prosedur agar bisa jalan dan daoat dipercaya.
Toh kadang juga kita butuh tuh makelar dalam menjual sesuatu.. Baik tanah atau kendaraan.
Namun banyak juga makelar2 tak jujur.. Duit yg didapatpun jadi tak jujur.. Alias cepet ilang, mungkin bahasa kerennya duit setan dimakan jin.. emoticon-Big Grin

Kembalik ke topik.. Model investasi ini memang menggiurkan sekaligus meragukan..
Apalagi bnyk konsumen yg masih awam.


wuih siapa yang gak tergiur sama tanah girik, meskipun banyak yang gak tau kalau status girik itu hanya hak penguasaan lahan bukan hak milik, pas habis masa pakai terus digetok sama yang punya sertifikat baru deh ngerasa, dan ketika itu terjadi udah telat kalo mau nyari makelarnya.

kasus ini kalo ane liat, si terduga tersangka kurang ahli manage duit. di depan udah terlanjur koar-koar, promosi sana sini sampe ngundang tokoh-tokoh buat promosi berharap banyak yang bakal invest.

tapi kayaknya entah yang invest sedikit atau nominal uangnya gak mencukupi, si terduga tsk nekat lanjut, udah kepalang tanggung. disini titik masalahnya jadi makin gak terkontrol. coba dipikir, nanem kurma itu berapa lama sampe berbuah? paling nggak 6 tahun loh, itu dengan perawatan intensif kalau mau si kurma berbuah karena kurma gak seharusnya hidup di lahan tropis. makanya ketika dicek AJB belom dibuat, ya iya lah siapa coba yang mau nyewain lahan 6 tahun tanpa kepastian.

dan ini baru ngomongin lahan, belom ngomongin bagaimana caranya kurma hasil budidaya itu beserta seluruh biaya yang dikeluarkan selama proses budidaya bisa kompetitif dengan kurma import. makanya dikasih gimmick kolam lele
emoticon-Cool
Diubah oleh joesatriyono
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajimenz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 19:06
Quote:Original Posted By joesatriyono
wuih siapa yang gak tergiur sama tanah girik, meskipun banyak yang gak tau kalau status girik itu hanya hak penguasaan lahan bukan hak milik, pas habis masa pakai terus digetok sama yang punya sertifikat baru deh ngerasa, dan ketika itu terjadi udah telat kalo mau nyari makelarnya.

kasus ini kalo ane liat, si terduga tersangka kurang ahli manage duit. di depan udah terlanjur koar-koar, promosi sana sini sampe ngundang tokoh-tokoh buat promosi berharap banyak yang bakal invest.

tapi kayaknya entah yang invest sedikit atau nominal uangnya gak mencukupi, si terduga tsk nekat lanjut, udah kepalang tanggung. disini titik masalahnya jadi makin gak terkontrol. coba dipikir, nanem kurma itu berapa lama sampe berbuah? paling nggak 6 tahun loh, itu dengan perawatan intensif kalau mau si kurma berbuah karena kurma gak seharusnya hidup di lahan tropis. makanya ketika dicek AJB belom dibuat, ya iya lah siapa coba yang mau nyewain lahan 6 tahun tanpa kepastian.

dan ini baru ngomongin lahan, belom ngomongin bagaimana caranya kurma hasil budidaya itu beserta seluruh biaya yang dikeluarkan selama proses budidaya bisa kompetitif dengan kurma import. makanya dikasih gimmick kolam lele
emoticon-Cool


Maaf... Ane gagal paham neh dg yg namanya "girik" yg ente maksud..
Mungkin yg ente jelasin diatas adalah "hak pakai" karena memang ada batas waktunya. Hak pakai pun ada sertifikat tersendiri. Ada juga yg tanpa sertifikat.. Namun pemilik biasanya BUMN seperti kehutanan atau PTPN.. Banyak yg di manfaatkan buat masyarakat untuk berkebun, atau bercocok tanam.

kadang banyak pula yg diajukan atau proses memohonkan untuk menjadi hak milik, ini dibutuhkan pelepasan hak dari sang empu nya.
Mungkin disini masalahnya.. Masih dalam proses atau Surat2 tsb belum kelar urusannya udah koar2 ke khalayak umum.. Alhasil surat belum jadi atau belum ada pelepasan hak dan akhirnya jadi yg ente maksud diatas.

Entah, mungkin beda persepsi.. Bisa jadi di daerah ente sebutannya girik adalah yg ente maksud, karena memang tiap2 daerah berbeda sebutan dan arti.
Namun yg ane maksud girik dalam penjelasan ane diatas adalah sebutan lain dari petok atau letter C.. Sebagian desa ada yg nyebut girik, petok atau letter C atau buku C.
Surat ini merupakan suatu hak milik yg dimiliki oleh sang empunya dan dicatatkan dalam buku krawangan desa serta bisa dilakukan konversi (permohonan hak) menjadi SHM.

Namun memang sih.. Walau girik/petok/letter C ini banyak resikonya walau murah.. Salah satunya
1. Kadang ada permainan pejabat desa
2. Batas2 banyak yg kabur ( luas ukuran plus minus)

Mudah2an masyarakat semakin jeli dalam hal ini biar tidak timbul masalah dikemudian hari.
Kasihan juga jika kena tipu.. Udah banyak kejadian seperti ini.

Untuk masalah tanam kurma..
Di desa sukorejo pasuruan sudah berhasil bre..
profile-picture
rizshad memberi reputasi
1 0
1
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 19:10
ironi dan karma emoticon-Wakaka


mereka ikut aksi 212 karena niat membela agama atas tuduhan ucapan ahok yg mengatakan tentang agama dimanfaatkan untuk menipu


dan sekarang mereka tertipu karena si penipu memanfaatkan agama emoticon-Ultah



aksi 212 mereka langsung di bayar kontan oleh tuhannya ahok emoticon-Takut






Diubah oleh ubaru
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 19:23
kok ga pohon sengon ato jati,
ujung2nya kan duit juga.
0 0
0
Investasi Bodong Kampoeng Kurma Manfaatkan Tokoh Agama dan Momen 212
11-11-2019 19:29
Quote:Original Posted By ayic222
Maaf... Ane gagal paham neh dg yg namanya "girik" yg ente maksud..
Mungkin yg ente jelasin diatas adalah "hak pakai" karena memang ada batas waktunya. Hak pakai pun ada sertifikat tersendiri. Ada juga yg tanpa sertifikat.. Namun pemilik biasanya BUMN seperti kehutanan atau PTPN.. Banyak yg di manfaatkan buat masyarakat untuk berkebun, atau bercocok tanam.

kadang banyak pula yg diajukan atau proses memohonkan untuk menjadi hak milik, ini dibutuhkan pelepasan hak dari sang empu nya.
Mungkin disini masalahnya.. Masih dalam proses atau Surat2 tsb belum kelar urusannya udah koar2 ke khalayak umum.. Alhasil surat belum jadi atau belum ada pelepasan hak dan akhirnya jadi yg ente maksud diatas.

Entah, mungkin beda persepsi.. Bisa jadi di daerah ente sebutannya girik adalah yg ente maksud, karena memang tiap2 daerah berbeda sebutan dan arti.
Namun yg ane maksud girik dalam penjelasan ane diatas adalah sebutan lain dari petok atau letter C.. Sebagian desa ada yg nyebut girik, petok atau letter C atau buku C.
Surat ini merupakan suatu hak milik yg dimiliki oleh sang empunya dan dicatatkan dalam buku krawangan desa serta bisa dilakukan konversi (permohonan hak) menjadi SHM.

Namun memang sih.. Walau girik/petok/letter C ini banyak resikonya walau murah.. Salah satunya
1. Kadang ada permainan pejabat desa
2. Batas2 banyak yg kabur ( luas ukuran plus minus)

Mudah2an masyarakat semakin jeli dalam hal ini biar tidak timbul masalah dikemudian hari.
Kasihan juga jika kena tipu.. Udah banyak kejadian seperti ini.

Untuk masalah tanam kurma..
Di desa sukorejo pasuruan sudah berhasil bre..


iya sih tiap daerah beda-beda penyebutannya, kalo di daerah ane namanya girik, mungkin di daerah juragan namanya petok. tapi intinya kurang lebih sama seperti yang juragan jelaskan diatas. intinya juragan dapet point yang ane maksud, cuma beda penyebutan aja, sistemnya kurang lebih sama.

Balik ke kasus ini, contoh yang juragan kasih di pasuruan itu contoh pemanfaatan kebun kurma yang bener, artinya kurma disini cuma jadi gimmick wisata semata bukan dimanfaatkan hasil produksi buahnya, karena ane yakin harganya bakal nggak kompetitif kalo saingan sama kurma import. Tapi di kasus invest ini, gak jelas apakah kurmanya mau jadi gimmick wisata atau buah kurma beneran mau dijadikan komoditas utama. Makanya dari awal harusnya kalo investornya ngeh dengan konsep usaha yang menurut ane abu-abu ini, mereka bisa mikir dulu buat taroh investasi. Tapi berhubung udah duluan dibungkus "usaha umat" ya jadinya gini deh
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia