Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
99
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc886f1c0cad720e27dd726/11-november-2019-ketika-merkurius-menodai-matahari
Pada hari ini, tepatnya 11 November 2019, diprediksi akan terjadi peristiwa paling tidak biasa yakni saat Merkurius melintasi cakram matahari yang dikenal dengan Transit Merkurius.
Lapor Hansip
11-11-2019 04:53

11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!

Assalamualaikum warkhmatullah wabarokatu.
Selamat menjelang pagi!
Selamat ngalong Gansist!

TS lagi mau explore dunia langit nih kali ini, jangan di bully ya kalo pengetahuan TS masih cetek pake banget.

GanSist pernah dengar tentang 'Mercury Transit' ga?
Moment ini terjadi saat planet merkurius terlihat menyebrangi wajah matahari.
Kalau belum tahu, sini ane kasih tahu lewat thread receh ane ini.
Cekidot!

11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!



Pada hari ini, tepatnya 11 November 2019, diprediksi akan terjadi peristiwa paling tidak biasa yakni saat Merkurius melintasi cakram matahari yang dikenal dengan Transit Merkurius. 

Pemandangan seperti itu merupakan kejadian sangat jarang dapat terlihat dari Bumi, hanya transit Merkurius dan Venus yang dimungkinkan untuk dapat dinikmati dari Bumi, karena orbitnya yang berada di antara matahari dan orbit Bumi. Fenomena ini merupakan peristiwa yang keempat dari total 14 transit Merkurius yang akan terjadi selama abad ke-21.

Merkurius membutuhkan waktu hampir 5,5 jam untuk dapat menyeberang di depan matahari. Transit dimulai pada 11 November 2019 pukul 07.35 EST atau 19.35 WIB, sebelum matahari terbit untuk para pengamat yang berada di Amerika Utara bagian barat dapat mulai menikmatinya dan berakhir pukul 01.00 WIB pada 12 November 2019, setelah matahari terbenam untuk wilayah Eropa, Afrika, Asia barat dan Timur Tengah.

Nantinya, Merkurius hanya akan terlihat seperti noda kecil yang melintas di depan Matahari ketika Bumi melewati bayangan kecilnya.

Empat fase penting dalam keseluruhan fenomena ini. Kontak pertama dimulai ketika siluet Merkurius pertama kali menyentuh tepi timur (kiri) matahari dan membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk cakram Merkurius bergerak sepenuhnya ke cakram matahari yang terjadi pada kontak kedua. Transit terbesar adalah saat Merkurius muncul paling dekat dengan pusat matahari. Kontak ketiga terjadi ketika Merkurius mulai menyeberang tepi cakram Matahari di dekat ujung transit. Dua menit kemudian, Merkurius benar-benar meninggalkan cakram matahari pada kontak keempat dimana bayangan Merkurius menyentuh tepi cakram Matahari. 

Quote:



Quote:11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!


Merkurius akan muncul hanya sebagai titik hitam, hanya sekitar 0,5% dari diameter matahari, sehingga diperlukan teleskop dengan perbesaran setidaknya 50 kali untuk melihatnya. 

Jika GanSist ingin melihat fenomena ini secara langsung, GanSist membutuhkan peralatan yang tepat seperti filter surya khusus di teleskop atau teropong yang nantinya akan diarahkan ke matahari.

Kacamata berwarna gelap tidak akan cukup melindungi mata GanSist dari kerusakan permanen. Maka jangan pernah melihat secara langsung ke Matahari tanpa filter.

GanSist juga bisa menikmati fenomena ini lewat siaran langsung layanan streaming astronomi Slooh, yang menyediakan pemandangan transit Merkurius dari teleskop di seluruh dunia.

Karena orbit Merkurius cenderung 7 derajat ke bidang orbit Bumi, sebagian besar waktu ketika Merkurius datang pada konjungsi inferior yakni ketika berada di antara Bumi dan matahari, maka ia akan bergerak di atas atau di bawah matahari dan tidak melewati melintasi cakram surya dari perspektif kita di Bumi. Tetapi pada dua titik di sepanjang orbit Merkurius, ia akan melintasi bidang orbit Bumi yang disebut "simpul". Bumi melintasi garis simpul setiap tahun pada 8 atau 9 Mei, dan enam bulan kemudian pada 10 atau 11 November. Transit dapat terjadi ketika konjungsi rendah Merkurius terjadi dalam beberapa hari dari tanggal-tanggal tersebut. 

Ketika transit terjadi pada bulan Mei, Merkurius berada di dekat titik aphelion dalam orbitnya, yakni titik terjauh dari matahari dan paling dekat dengan Bumi. Jika Merkurius melewati pusat matahari di bulan Mei, durasi transit dapat berlangsung hampir 8 jam. 

Ketika transit terjadi pada bulan November, seperti yang terjadi pada bulan ini, Merkurius akan berada di dekat titik perihelion dalam orbitnya, yakni titik terdekat dengan matahari dan terjauh dari Bumi. Di mana kecepatannya akan terlihat lebih cepat. Dengan demikian, transit pusat pada bulan November memiliki durasi hanya 5,5 jam, yang akan kita alami pada 11 November, tepat di hari ini. Jumlah transit November melebihi jumlah transit pada bulan Mei dengan perbandingan 2 banding 1.

Transit Merkurius tidak terjadi sembarangan. Pada interval 13 tahun dan 33 tahun, Merkurius dan Bumi hampir bersamaan kembali ke titik yang sama dalam orbitnya masing-masing, dan karenanya transit sering diulang setelah interval waktu tersebut. 

Jadi, terkait dengan transit 11 November, kita dapat melihat ke masa lalu dan menemukan transit terjadi 13 tahun yang lalu, pada 8 November 2006 dan 33 tahun yang lalu, pada 13 November 1986.

Menariknya, transit 9 Mei 1970 dan 10 November 1973 keduanya jatuh pada hari Sabtu, sedangkan transit 9 Mei 2016 dan 11 November 2019 jatuh pada hari Senin. 

Transit Merkurius berikutnya tidak akan terjadi sampai 13 November 2032, tetapi itu tidak akan terlihat dari Amerika Utara. Transit Merkuri berikutnya akan terlihat dari Amerika Serikat dan terjadi pada tanggal 7 Mei 2049 mendatang. 


Sumber : Merkurius Menodai Matahari
Diubah oleh tsuway.c001
profile-picture
profile-picture
profile-picture
123lalalolo dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 04:55
reserved 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 04:55
simpan 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 09:27
Tapi gak apa-apa kan ya? Gak berani lihat vidionya..hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 09:28
Quote:Original Posted By ilafit
Tapi gak apa-apa kan ya? Gak berani lihat vidionya..hehe


Ga apa2 la ... cuma pengetahuan ajah emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 09:28
Quote:Original Posted By tsuway.c001
Ga apa2 la ... cuma pengetahuan ajah :goyang


Ashiapp, anak IPA nih sepertinya pas sekolah dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 09:30
Quote:Original Posted By ilafit
Ashiapp, anak IPA nih sepertinya pas sekolah dulu


Hehehe ... ya gitu deh, aku kan anaknya kaleman emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 09:32
Quote:Original Posted By tsuway.c001
Hehehe ... ya gitu deh, aku kan anaknya kaleman emoticon-Malu


Aciee😄 jago hitung2 nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 09:33
Quote:Original Posted By ilafit
Aciee😄 jago hitung2 nih


Hitungin mantannya orang jago kok emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 09:34
sayangnya nggak ada teleskop😶😶
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 09:46
Jadi ingat pelajaran Geografi 😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 10:31
keren threadnya 😍😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 11:44
ane pinjam teleskop dong
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
Lapor Hansip
11-11-2019 11:51
Balasan post ilafit
gaada yang aneh2 kok gan hehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 11:55
di indo ga kliatan donk? kan jam 19.35 udah ga ada matahari ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 11:59
Jadi ingat pelajaran waktu sekolah, tata surya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 12:14
Ane kira matahari department storeemoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 12:41
emoticon-Wow Gerhana Merkurius gituh ? emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 12:56
Merkuri di antara merkurius dan matahari emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 13:45
Membara. Kek api hitam.


**backsound aktasuki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
11 November 2019, Ketika Merkurius 'Menodai' Matahari!
11-11-2019 14:16
search mercury transit november 11 2019 di Youtube

emoticon-Cool

profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia