tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Plagiat, Jebakan Bagi Para Konten Kreator
Kasus plagiat kembali memanas, kali ini kabar tersebut muncul dari dunia youtube dimana sebuah channel terkenal dengan 12 juta subcriber yaitu Calon Sarjana ketahuan melakukan plagiat konten youtuber asing. Youtuber JT, itulah youtuber asing yang kontennya diambil oleh channel sarjana dengan gambar thumbnailnya yang hampir sama dengan video yang diunggah JT. Ketahuan mengambil video milik channel JT setelah dipermasalahkan oleh pihak JT, dari pihak calon sarjana pun meminta maaf kepada pihak JT dan menghapus video terkait. Masalah tersebut tak henti sampai di sana saja, netizen Indonesia pun menyampaikan komentarnya dan menyerang channel calon sarjana dengan berbagai pendapatnya yang menyayangkan plagiat yang dilakukan channel calon sarjana.

Credit : cianjurtoday.com

Lagi-lagi masalah plagiat, hal ini seringkali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah plagiat tentu tak bisa dianggap remeh karena menyangkut hak cipta orang lain. Tak di dunia pendidikan ataupun dalam dunia kreator tentu saja hal ini menjadi sebuah problema tersendiri yang seakan tiada pernah habisnya. Masalah plagiat ini selalu terjadi di setiap waktunya dan yang dirugikan adalah kontennya atau datanya yang diambil tanpa seizin dirinya. Tak peduli populer atau tidak, mereka yang tidak jujur dalam membuat konten lambat laun akan diketahui keburukannya.

Masalah plagiat menjadi jebakan bagi para konten kreator, hanya demi popularitas dan juga view membuatnya menghalalkan berbagai cara tanpa peduli akibatnya di lain hari. Tak sedikit orang yang diambil videonya atau tulisannya tanpa seizin bersangkutan pasti akan marah-marah dan begitu juga para subcriber maupun pengikut konten setianya pun akan marah bila karya idolanya di comot sembarang demi keuntungan pribadi.

Mereka yang menjadi konten kreator terkenal pun seringkali terjebak masalah plagiat seperti hal yang dialami oleh channel calon sarjana. Kasus masalah plagiat di dunia youtube tidaklah sedikit dan juga begitu juga di platform lain, mulai dari mereka yang punya subcriber kecil hingga banyak terkadang khilaf melakukan tindakan asal comot konten orang demi keuntungan pribadinya. Sungguh miris, hanya demi sebuah view dan uang malah membuat hal yang merugikan dirinya sendiri karena melakukan plagiat konten orang lain.

Credit : consequenceofsound.net

Untuk itulah sudah semestinya para konten kreator baik kreator video maupun kreator konten tulisan alangkah baiknya berhati-hati dan bijak. Jika mengambil sumber dari orang lain maka sertakan sumbernya untuk menghargai hasil karya orang lain dan tak mengakui itu buatan sendiri apalagi sampai pakai watermark. Views dan juga uang yang dihasilkan bukan segalanya, jadi untuk para konten kreator lebih baik ciptakan konten original sendiri dan percaya pada video atau tulisan yang dibuat sendiri. Lalu bagaimana jika video atau tulisan yang diunggah tidak laku? Evaluasi segera dan ciptakan konten terbaik yang bisa disukai banyak orang. Masalah plagiat seringkali menjebak para konten kreator yang terlalu mengedepankan view dan juga keuntungan materi, untuk itulah sebisa mungkin buat konten orisinal sendiri agar tidak menjadi kontroversi di kemudian hari. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
Justika1118
sebelahblog
feraldi2001
feraldi2001 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
20.4K
164
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.