• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Punya Tokoh Inspirasi? Yuk! Mengenal Lebih Dekat Sosok KHM. Luqman Hakim

Enisutri
TS
Enisutri
Punya Tokoh Inspirasi? Yuk! Mengenal Lebih Dekat Sosok KHM. Luqman Hakim



Quote:


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Selamat datang dithread pertama ane mengikuti event yang diadakan oleh MLDSPOTKONTENTTHUT dan KASKUSXMLDSPOT. Thread ini masih jauh dari kata sempurna. Namun ane berusaha untuk terus belajar dalam hal literasi.

Baiklah kali ini menyuguhkan INSPIRING PEOPLEsosok yang menjadi inspirasi ane tentang keyakinan spiritual.


Pasti pertama yang ditanya atau muncul di benak yaitu siapakah tokoh yang menjadi inspirasi?

Ialah Bapak KH. Luqman Hakim lahir di madiun, 20 April 1962, beliau adalah pengasuh pondok pesantren Rahudhatul Muhibbin caringin, bogor. Dan merupakan direktur sufi center jakarta. Beliau adalah ulama yang mendalami ilmu Tasawuf dengan aliran sufi. Sering menulis di media islami, ceramah rutin.

[URL=[url]https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://yayasantabahsukorejojombang.blogspot.com/2014/08/biografi-kh-luqman-hakim.html%3Fm%3D1&ved=2ahUKEwi6ncHn2NvlAhUMto8KHRVVCFgQFjAAegQIAhAB&usg=AOvVaw3f5oublUzCdGQW-UkjKeu4[/url]]klik disini[/URL]


Quote:

Sumber:twetter KHM.Luqman Hakim

Pada awal tahun 2015, tidak sengaja ane menonton chanel ASWAJA, sekitar pukul 20.00 WITA. Ada sebuah program yaitu Cahaya Sufiyang diisi dengan ceramah para ulama, pada malam itu penceramahnya adalah Bapak KHM. Luqman Hakim. Sebenarnya ane tidak terlalu fokus menonton acara tersebut karena ane disibukan dengan tumpukan baju yang harus dilipat. Acara tersebut dimulai dengan sholawat dan animasi gambar wali songo. Kemudian baru dibuka dengan salam. Ane tidak tahu kenapa setelah beliau berkenalan dan menyampaikan judul ceramahnya tentang doa, ane terdorong untuk mengikutinya dengan seksama. Apalagi yang dibahas juga mengenai ilmu Tasawuf. Ane penasaran belum mengerti Apa arti tasawuf. Sebab ilmu agama ane masih dangkal.


Menjawab rasa penasaran ane pun mengikuti kajiannya. Dan pertama kalinya ane langsung kagum dengan sosok KHM. Luqman Hakim

Quote:

Sumber :google

Waktu itu ceramah beliau yang berjudul rahasia terkabulnya doa, beliau menceritakan bahwa
Jika berdoa jangan sombong, jangan memaksa tuhan

Quote:

Sumber: twetter @khmluqman


Beliau menjelaskan bahwa setiap doa hadirkanlah sifat kehambaan yaitu fakir, butuh, hina, tak berdaya

Fakir artinya merasa tak mampu
menyelesaikan masalahnya.

Butuh berarti butuh pertolongan dari Aĺlah apapun kapanpun dan tidak mampu berdiri sendiri.

Hina adalah sifat yang merasa tidak ada harganya dimata Allah.

Tak berdaya hanya bisa bersandar dan bergantung kepada Allah.

Ceramah lengkapnya klik dibawah ini

Sumber: youtube


Dari ceramah itu, entah kenapa bisa membangkitkan semangat ane berusaha mendalami, dan merubah pola pikir ane tentang agama. Ane pun mengikuti setiap ceramah beliau. Dengan streaming di youtube dan mengikuti sosmed beliau.


Disamping beliau aktif berdakwah dan membuat beberapa buku karyanya

Quote:


Bapak KHM. Luqman Hakim juga mempunyai hobby melukis, dan sering mengadakan pameran lukisan. Lukisan yang beliau buat mempunyai makna yang mendalam. Beliau melukis sembari menggambarkan gejolak yang ada dihati beliau sambil berdzikir. Beliau juga menyarankan agar para seniman setiap mulai melukis diusahakan punya wudhu (bersuci).

Berikut ini karya KHM. Luqman Hakim

Quote:

Sumber media:twetter KHM. Luqman Hakim

Cerita awal mula beliau melukis
Quote:




hal yang paling mendasari kekaguman ane kepada sosok KHM. Luqman Hakim yaitu


Pola Pikirbeliau mempunyai pola pikir dan sudut pandang yang bebeda tentang agama. Dan cara beliau menjelaskan persoalan kehambakan dan makhluk.

kesederhaan beliau tak pernah menonjolkan kemampuan beliau. Pada dasarnya beliau telah bergelar doktor, mengkaji dan mentarsirkan berbagai kitab tasawuf. Tapi beliau tetap santun dan rendah hati

ramah walaupun beliau termasuk ulama besar,beliau mau memberikan pencerahan kepada siapa saja. Ane juga pernah meminta pencerahan kepada beliau lewat medsos. Dengan sabar beliau mau menanggapi dan memberikan pengarahan. Jarang sekarang kita temukan sosok yang seperti beliau.

Quote:

Sumber: akun twitter pribadi


Walaupun ane belum diberi kesempatan mengikuti ceramah beliau secara langsung, namun ane bersyukur bisa mengikuti kiprah beliau dimedia online.


Nah itu tadi tokoh inspirasi ane yang merubah pola pikir tentang pemahaman agama.

Semua pasti mempunyai INSPIRING PEOPLEentah itu diri sendiri, keluarga ataupun orang lain. Yang menjadikan panutan dan mendorong untuk maju berprestasi.


Yuk ceritakan TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT yang bisa menjadi inspirasi. Dimanapun kapanpun kita bisa temui.

Wassalamu'alaikum wr. wb
Diubah oleh Enisutri 16-02-2020 04:53
sebelahblog4iinchswiitdebby
swiitdebby dan 33 lainnya memberi reputasi
34
10.2K
67
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.