benben1404
TS
benben1404
Bukan Fiktif, 7 Lokasi Film Disney ini Ada di Dunia Nyata, Gan!
Film-film Disney memang magical banget, ya. Nggak hanya anak-anak, tapi orang dewasa pun bisa ikut ‘tersihir’ sama kisah-kisah fantasi yang disuguhkan sama studio animasi ini. Entah apa yang mereka lakukan, hingga karakter-karakter, serta lagu-lagu yang muncul dalam setiap film Disney selalu berhasil melekat di ingatan penonton. Nggak bakal bisa deh denger lagu Disney tanpa ikutan nyanyi!

Nggak cuma karakter atau lagunya aja, setting atau latar tempat yang digambarkan oleh para animator di Walt Disney Studios juga begitu khas di setiap film. Sekali lirik, kalian udah bisa tau lokasi itu asalnya dari film mana.

Kalian para Disnerds, atau penggemar berat karya-karya Disney pasti pernah deh bermimpi buat mengunjungi bangunan-bangunan ikonik yang terpampang di film-film Disney Emang sih, kalian bisa ke Disneyland atau Disney World buat mengunjungi replika-nya yang dibuat persis seperti di film. Tapi, buat apa dateng ke replika-nya kalau kalian bisa berkunjung ke lokasi aslinya?

Betul, GanSis, banyak loh setting di film-film Disney yang ternyata terinspirasi dari bangunan nyata. Mulai dari kastil, desa, sampai terminal.  Ini dia 7 di antaranya:
 

1.  Istana Sleeping Beauty – Neuschwanstein Castle, Jerman

Istana tempat Putri Aurora tertidur dan menunggu ciuman cinta sejatinya ini rupanya terinspirasi dari sebuah istana di Bavaria, Jerman. Neuschwanstein Castle pertama kali dibangun oleh Raja Ludwig II di tahun 1892, dan merupakan bangunan personal yang ia bangun sebagai penghormatan untuk komposer favoritnya, Richard Wagner.



Istana ini dibuka untuk umum, dan kalian bisa berkeliling di dalamnya dengan membayar 13 euro. Bisa ditebak, istana ini ramai pengunjung saat musim liburan, jadi pengunjung selalu disarankan untuk membeli tiket beberapa hari sebelumnya.

 
2. Desa Belle (Beauty and the Beast) –Alsace, Prancis

“There must be more than this provincial life”,  Itulah yang dinyanyikan Belle untuk mengekspresikan kerinduannya memulai kehidupan di luar desa terpencilnya.

Kalian bisa mengalami sendiri gimana rasanya tinggal di desa kecil tempat kediaman Belle, kalau kalian berkunjung ke Alsace, daerah yang terletak di perbatasan Prancis dan Jerman. Di daerah ini, terdapat dua desa yang jadi inspirasi setting film Beauty and the Beast, yakni desa Riquewiht dan desa Ribeauville.





Kedua desa ini dipenuhi sama bangunan-bangunan khas yang kita lihat di adegan-adegan awal film Beauty and the Beast. Bahkan, air mancur tempat Belle membaca bukunya juga ada di desa ini. 


Unsur budaya dan sejarah juga masih kental banget di sini, sehingga berjalan di kedua desa ini udah bagaikan menapakkan kaki di buku cerita!


3. Kerajaan Corona (Tangled) – Mont Saint-Michel, Prancis

Istana tempat Rapunzel diculik oleh Mother Gothel terletak di kerajaan Corona. Ternyata, kerajaan ini terinspirasi dari Mont Saint-Michel, sebuah pulau berbatu di Normandi, yang berjarak satu kilometer dari pesisir utara Prancis.



Dulunya, pulau  ini terpisah dengan daratan utamanya, dan terhubung dengan sebuah jalan yang hanya tampak saat air laut surut. Namun, pada tahun 1879 jembatan penghubung itu dinaikan sehingga orang-orang dapat menuju ke pulau ini.

 
4. Istana Es Elsa (Frozen) - Hotel de Glace, Quebec City, Kanada

Kemampuan membuat bangunan dari es nggak cuma dimiliki sama Elsa, tapi jugaa dimiliki sama para pembuat hotel es yang terletak di Quebec City ini.



Penginapan yang nggak biasa ini tentunya cuma dibuka setahun sekali, saat musim dingin. Setiap tahunnya, 50 orang pekerja akan membangun hotel ini dari salju dan es, yang membutuhkan waktu sekitar satu setengah bulan. 

Lima tahun sebelum film Frozen dirilis, sang sutradara, Chris Buck, sempat melakukan riset di tempat ini untuk mempelajari struktur es dan konstruksi dari salju. 


 5. Kastil Pangeran Eric (The Little Mermaid) – Chateau De Chillon, Swiss

Kastil pangeran Eric yang berada di tepi pantai ini ternyata ada wujud aslinya. Terletak di area Danau Geneva, Swiss, Chateau De Chillon udah berdiri sejak abad ke-10, dan tadinya merupakan sebuah benteng pertahanan para pasukan Romawi.





Nggak hanya punya arsitektur kuno yang menakjubkan, lokasi kastil yang terletak di pinggir danau menjadikan kastil ini betul-betul seperti di negeri dongeng!
 

6. Ramone’s Body Shop (Cars) – U-Drop Inn, Shamrock, Texas

Latar tempat yang kita lihat di film Cars kebanyakan terinspirasi dari pemandangan yang dilihat oleh sang sutradara, John Lasseter di Route 66, saat ia sedang berlibur bersama istri dan anaknya.




Ramone’s Body Shop, misalnya, merupakan replika yang hampir sama persis dengan U-Drop Inn, sebuah pom bensin dan restoran bersejarah dan bertema art deco, yang dibangun tahun 1936 di daerah Shamrock, Texas.
 

7. Stasiun Pusat Game (Wreck-it-Ralph) – Grand Central Terminal , New York

Salah satu lokasi yang sering ditampilkan dalam film Wreck-it-Ralph adalah Game Central Station, atau Stasiun Pusat Game,  di mana para karakter game berkumpul sebelum masuk ke dalam permainan mereka masing-masing.



Lokasi ini ternyata terinspirasi sama stasiun betulan, yaitu Grand Central Terminal di New York. Pemandangan yang kita lihat di terminal ini pun nggak jauh beda dari yang kita lihat di film animasinya. Terminal yang ikonik ini dibangun pada tahun 1871, namun dibangun kembali dengan gaya serupa pada tahun 1913 setelah sempat mengalami keruntuhan.
 

7 lokasi ini bisa banget nih kalian masukin ke daftar destinasi liburan yang wajib kalian kunjungi. Belum ada budget? Yah...nabung aja dulu hehehe.



Spoiler for Sumber:


Diubah oleh benben1404 07-11-2019 08:33
anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 25 lainnya memberi reputasi
26
12.7K
106
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.