blinux
TS
blinux
Jam Pintar Nettox Atasi Kecanduan Internet
Nettox adalah singkatan dari Internet Detox. Alat Detoksifikasi untuk atasi kecanduan Internet berupa jam tangan pintar ini diciptakan untuk mengurangi angka pemakaian gadget akibat penggunaan internet berlebihan. Jam Pintar Nettox Atasi Kecanduan Internet buatan anak bangsa.

Jam Pintar Nettox ciptaan anak bangsa

Siapa Pencipta Nettox?
Alat Nettox diciptakan oleh tiga mahasiswa Universitas Indonesia. Mereka adalah Irfan Budi Satria (Teknik Elektro angkatan 2016), Nabila Ayu Budianti (Biologi 2016 Fak. MIPA) dan Alhuda Reza Mahara (Teknik Komputer 2016).

Mampukah Jam Pintar Nettox Atasi Kecanduan Internet
Nettox Watch menggunakan teknologi terapi berbasis Biofeedback, yaitu menggunakan sinyal-sinyal biologis tubuh untukmemberikan peringatan kesehatan kepada pengguna yang menggunakan internet pada Smartphone secara berlebihan karena hal tersebut memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, seperti penurunan variabilitas detak jantung (HRV).
Walaupun dibuat menyerupai jam tangan namun ukuran Nettox masih terbilang besar dibandingkan jam tangan pada umumnya. Hal ini dikarenakan didalam Nettox terdapat Sensor canggih.
Pengukur Kandungan Oksigen pada Sel Darah Merah atau Hemoglobin Oxygen Level serta Pengukur Detak Jantung (Heart Rate Variability atau HRV).

Jam Pintar Nettox
Setelah dikembangkan selama tiga bulan, Nettox diuji coba kepada seorang mahasiswi bernama Tyas Sisianindita. Tyas menghabiskan delapan jam sehari menggunakan gadgetnya. Ini sudah dalam taraf kecanduan internet.

Akibat penggunaan internet berlebihan maka detak jantung mulai dan kadar oksigen dalam darah pengguna gadget mulai menurun, Nettox akan memperingatkan untuk segera berhenti menggunakan gadget. Inilah tujuan diciptakannya alat ini, untuk atasi kecanduan internet.

Saat ini ketiga mahasiswa tersebut telah membuat prototype Nettox Watch. Dijelaskan lebih lanjut bahwa hasil dari penggunaan jam pintar Nettox ini akan berbeda pada masing-masing pengguna.

Nettox memiliki personalisasi berupa informasi kondisi fisik pengguna yang akan mempengaruhi bacaan variabilitas detak jantung, dan preferensi pengguna untuk menerima feedback seperti apa (visual, auditori, kinestetik) yang ingin diterima dari Nettox Watch.

Tidak bisa dibantah bahwa tingginya penggunaan gadget dan internet saat ini disebabkan semakin murahnya akses ke layanan tersebut. Mulai dari menonton video, interaksi melalui sosial media sampai mengabadikan momen-momen tertentu.


Penggunaan Gadget Berlebihan
Semoga saja Nettox dapat segera diproduksi massal dan untuk atasi kecanduan internet yang disebabkan penggunaan internet berlebihan.:

Sumber Berita : SukaBanget.Com


makiinuntata604sebelahblog
sebelahblog dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.7K
12
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.