officialgarasiAvatar border
TS
officialgarasi
Mobil Tua Bekas Bisa Jadi Lahan Investasi
Cukup banyak jenis-jenis mobil tua bekas yang memiliki penggemar khusus dan banyak dicari orang. Harga jual mobil tua bekas pun bisa semakin naik seiring berjalannya waktu.

Tapi Sahabat Garasi sadar tidak, umumnya banyak orang yang menganggap mobil tua bekas berharga mahal sebagai mobil klasik. Padahal anggapan ini dinilai keliru.


Sekretaris Jenderal Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Em Samudera mengatakan, tidak semua mobil tua bekas berharga mahal bisa disebut mobil klasik. Sebab penyematan kata klasik juga harus melihat latar belakang produksi dari mobil tersebut.

Menurut Samudera, penyematan kata "mobil klasik" lebih tepat ditujukan pada mobil-mobil tua yang dulunya berstatus mobil mewah ataupun mobil yang diproduksi terbatas. Acuannya adalah kata "klasik" itu sendiri yang berarti bernilai.

"Kalau mobil tua bekas yang dulunya diproduksi untuk mobil harian dan jumlahnya banyak, tidak bisa disebut mobil klasik. Cukup bilangnya mobil tua bekas," kata Samudera yang dilansir dari Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Samudera mengatakan contoh mobil klasik biasanya adalah mobil sedan dua pintu. Contoh lainnya adalah mobil yang diproduksi terbatas hanya untuk pemakaian tertentu, seperti halnya Cadillac Fleetwood 75 Limousine Presidential Series.

Menurut Samudera, tidak bisanya semua mobil tua bekas disebut sebagai mobil klasik berlaku untuk semua merek, termasuk mobil dari merek yang dianggap memiliki prestise tersendiri seperti Mercedes Benz.


Samudera mencontohkan sedan Mercedes Benz 200 empat pintu miliknya. Menurut Samudera, Mercedes produksi era 70-an miliknya itu dulunya diproduksi massal untuk pemakaian harian.

Berbeda kondisi jika Mercedes tersebut adalah sedan dua pintu. Karena mobil dua pintu adalah mobil mewah yang penggunaannya bukan untuk harian.

Jadi jika ada dua mobil tua bekas dengan merek dan tipe yang sama, namun yang satu hanya memiliki dua pintu dan satu lagi empat pintu, maka hanya mobil dua pintu yang bisa disebut sebagai mobil klasik.

"Makanya mobil saya ini (Mercedes 200 empat pintu) mobil tua bekas, bukan mobil klasik," ujar pria yang akrab disapa Sam ini.

Dalam kondisi tertentu, Sam menyebut ada beberapa mobil yang tadinya hanya berstatus mobil tua bekas tapi kemudian naik kelas menjadi mobil klasik. Hal itu terjadi jika populasi mobil tersebut menjadi langka. Contohnya seperti Morris Mini, VW Beetle produksi sebelum tahun 1950, dan VW Combi generasi pertama.

"Morris Mini dulunya mobil tua bekas biasa. Tapi karena langka dan begitu digemari sehingga jadi bernilai," pungkas Sam.

Nah Sahabat Garasi, sekarang sudah paham kan penyebutan mobil tua bekas dan klasik. Jangan sampai salah arti lagi ya.

Punya Mobil Tua Bekas Jangan Asal Rawat, Begini Seharusnya

Para Kolektor atau pemilik mobil tua bekas biasanya mereka yang tidak memandang mobil dari teknologinya melainkan dari segi keunikan mobil tersebut. Pada mobil tua bekas membutuhkan perawatan khusus dan tidak sama seperti mobil generasi baru, kita tidak bisa sembarangan menerapkan perawatan mesin. Seperti melansir dari laman Mobilipo.com, 

berikut : 


6 cara yang bisa Sahabat lakukan agar mobil tua bekas milikmu bisa prima lagi.

1. Perhatikan kondisi komponen sesering mungkin

Namanya juga mobil tua bekas tentu tidak sekuat mobil baru. Oleh sebab itu agar tidak terjadi kenapa-kenapa saat di jalan, ada baiknya Sahabat untuk sering memperhatikan komponen mobilmu, seperti pada bagian kaki-kaki, ban, rem, dan lain sebagainya.

2. Jaman malas ganti oli

Hal selanjutnya adalah soal ganti oli, mobil tua bekas cenderung lebih boros untuk urusan oli, baru diganti sebulan, bulan berikutnya oli sudah mengental dan minta diganti. Memang butuh biaya, tapi ingat, jangan malas, soalnya malas mengganti oli sama saja memperparah kondisi mobil tua bekas, terutama pada bagian mesinnya. Oh ya, untuk oli yang pas, bisa menggunakan oli yang memiliki kekentalan SAE20W50.

3. Cat mobil juga harus diperhatikan

Tidak hanya mesin saja, pada bagian bodi terutama cat juga wajib diperhatikan, tujuannya tentu agar mobil tua bekas terlihat masih mudah. Cara ini tidak hanya berlaku untuk mereka yang suka parkir sembarangan, bagi mereka yang suka memarkir di tempat dingin juga perlu memperhatikan bodi mobil, tujuannya agar tetap terlihat terawat dan juga enak dilihat.

4. Periksa secara berkala pada radiator

Hal lain yang wajib diperhatikan juga adalah radiator, sebagai bagian yang berfungsi sebagai pendingin suhu pada mesin, tak serta merta benda ini dibiarkan begitu saja. Di dalam radiator juga terdapat air yang pada jangka waktu tertentu akan habis. Jika demikian, ada baiknya kalian sering mengecek agar menghindari macet mendadak saat berkendara.

5. Lakukan penggantian timing belt

Timing belt juga sangat penting di dalam kendaraan. Jika timing belt rusak atau terputus, tentu mobil tidak dapat bergerak. Oleh karena itu, agar hal seperti ini tidak terjadi pada diri kalian, ada baiknya, waktu penggantian timing belt ketika jarak tempuh sudah mencapai kurang lebih 40 km.

6. Terakhir, periksa kabel – kabel dan ring

Untuk yang terakhir ini juga tidak kalah penting, ada baiknya untuk sering memeriksa kabel di dalam mobil tua milikmu. Hal ini ditujukan agar menghindari arus pendek yang bisa saja menyebabkan kebakaran di dalam mobil.

Jika Sahabat rajin melakukan 6 cara ini, bukan tidak mungkin performa mobil tua bekas menjadi lebih prima bahkan meningkat. Dan untuk Sahabat yang tertarik untuk membeli mobil tua bekas dengan harga mobil tua bekas sesuai bujet, kamu bisa membelinya di Garasi.id. Di Garasi.id kamu bisa menemukan mobil bekas berkualitas, mulai dari jenis mobil,merek, tahun, hingga warna. Tidak hanya mobil tahun muda, di Garasi.id kamu juga bisa mencari mobil yang sudah berumur dengan koleksi Mobil Tua Semangat Muda. Kamu juga bisa baca Beli Mobil Bekas Murah Nggak Pakai Cemas


Eksistensi Generasi Emas Dalam Berkendara

Tetap berjaya dari masa ke masa dan teruskan cerita disetiap perjalanan dari mobil "berumur" di Garasi.id. Memiliki rasa kesenangan tersendiri jika mengendarai deretan mobil klasik di masa sekarang, ada rasa bangga saat mengenang kejayaan sambil memperkenalkan kepada masa kini. Meski tua, namun sederet Untuk melihat koleksi mobil tua, Sahabat bisa langsung cek Mobil Tua Semangat Muda di Garasi.id.


Sumber :Garasi.id
0
2.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.