hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Alasan Di Balik Kucing yang Suka Menggoyangkan Bokongnya Sebelum Menyerang/Menerkam!


GanSIs!

Kalian punya kucing peliharaan?
Pasti pernah dong ngajak kucing peliharaanmu itu bermain?
Nah, kalian melihat suatu hal yang unik atau lucu ga sih kalau ia ingin lompat atau nyerang?

Biasanya kucing akan menggoyangkan pantat atau bokongnya sebelum menyerang atau melompat loh. Biasanya hal ini dilakukan dengan cara yang cepat dan juga singkat, yaitu saat kucing jongkok rendah mengambil ancang-ancang sebelum beraksi. Nah, kira-kira kenapa ya kucing harus menggoyangkan pantat/bokongnya tersebut?

Sebenarnya sih belum ada penelitian khusus yang mengamati tingkah lucu kucing seperti ini, tapi ada seorang ilmuwan bernama Jogn Hutchinson, seorang profesor biomekanik evolusi dari Royal Veterinary College di London yang mempelajari gerak-gerik hewan sehingga ia memiliki beberapa dugaan alasan mengapa kucing melakukan hal tersebut.



Memberikan Kekuatan pada Kaki Belakang



Menggoyangkan pantat sebelum menyerang ternyata dapat memberikan kekuatan pada kaki belakang kucing. Hal ini mungkin juga dilakukan untuk mempersiapkan penglihatan, propioception (kesadaran akan posisi dan gerakan), serta seluruh otot kucing yang diperlukan untuk menerkam.


Pemanasan Aerobik



Selain itu, menggoyangkan bokong juga berguna seperti pemanasan aerobik. Bahkan menurutnya, menggoyangkan bokong sama juga seperti meregangkan otot yang membantu dalam menerkam. Tapi, Jogn Hutchinson juga mengatakan bahwa mungkin saja kucing menggoyangkan bokong sebelum menerkam, karena mereka memang senang melakukannya sebelum berburu mangsa.


Kucing Besar Juga Melakukannya



Uniknya, bukan hanya kucing rumahan yang melakukan perilaku aneh ini. Kucing liar dan raja hutan seperti singa, harimau, dan jaguar juga menggoyangkan pantat mereka sebelum menyerang. Padahal, kucing rumahan dan singa atau harimau merupakan kerabat jauh. Jadi, perilaku aneh ini juga bisa disebut misteri, kenapa kucing juga memiliki perilaku sama seperti kerabat jauh mereka. Menurut Jogn Hutchinson, dibutuhkan penelitian dan eksperimen untuk memahami perilaku aneh ini.



SUMBER
agusn6778
siapika
lina.wh
lina.wh dan 14 lainnya memberi reputasi
15
13.7K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.