benben98Avatar border
TS
benben98
6 Terminal Bandara Paling Misterius di Dunia


Bandara bisa memberikan kesan pertama bagi para pelancong, karena di tempat inilah mereka pertama kali menginjakkan kaki di kota tujuan mereka. Nggak heran kalau banyak negara yang kini mempercantik terminal-terminal bandara mereka, dan melengkapinya dengan beragam fasilitas yang membuat nyaman para pendatang. Bandara Changi di Singapura, misalnya, yang udah dinobatkan sebagai World’s Best Airport selama 7 tahun berturut-turut. Saking indahnya, bandara Changi ini bahkan udah dijadikan destinasi wisata tersendiri bagi para turis.

Tapi beda halnya dengan bandara-bandara di bawah ini. Bukannya bikin para turis betah, beberapa dari terminal bandara ini bakal bikin kita pingin buru-buru kabur! Kenapa? Dan bandara apa aja?
 
1. Denver International Airport (DIA)

Dengan luas 54 mil persegi, Denver International Airport adalah bandara kedua terbesar di dunia, dan bandara terbesar di Amerika Serikat.

Sayangnya, bandara seluas ini malah bikin para pengunjungnya ngeri, karena sejak pembukaannya di tahun 1995, bandara ini udah dikaitkan sama hal-hal misterius, terutama karena fitur-fitur dalam bandara ini yang memang menyeramkan.



Pertama, bandara ini punya koleksi patung dan mural yang aneh dan kontroversial. Ada satu mural yang menggambarkan hari kiamat, misalnya, yang kini jadi bahan teori konspirasi masyarakat setempat. Siapa sih yang mau disambut dengan gambaran kaya gitu begitu sampai di Amerika?



Ada juga patung kuda dengan mata merah setinggi 10 meter, yang katanya pernah jatuh dan membunuh pemahatnya, Luis Jimenez. Sumpah, patung kudanya ini kaya jelmaan iblis Gan. Kenapa matanya mesti warna merah sih? 



Runway bandara ini juga jadi konspirasi karena, usut punya usut, bentuknya menyerupai swastika Nazi. Kata warga setempat, kalau kita berkunjung ke terowongan bawah tanahnya, kita harus waspada sama alien dan “manusia kadal” yang rumornya suka berkeliling di sana. Hmm...rumor yang aneh, tapi entahlah, mungkin ada yang bener-bener pernah liat.
 

2. Chicago O’Hare International Airport

Masih di Negeri Paman Sam, selanjutnya ada bandara internasional yang terletak di kota Chicago. Kalau kalian ngeliat denah bandara ini, kalian bakal langsung menemukan tiga terminal domestik yang saling terhubung (terminal 1-3), dan terminal 5 yang terpisah untuk penerbangan internasional.

Terminal 1,2,3,5...4-nya mana?



Kalian nggak akan menemukan terminal 4 di bandara ini. Bukan, bukan karena 4 itu angka sial. Dulu, terminal 4 pernah ada di bandara ini, tapi cuma sementara. Menurut laporan yang diterbitkan sama WBEZ, bandara Chicago O’Hare cuma punya tiga terminal hingga tahun 1985. Untuk menampung jumlah penumpang yang semakin banyak, pihak bandara pada tahun itu memutuskan untuk membuat terminal keempat. Namun, terminal baru ini punya masalah desain yang serius, yang malah membuat sistem operasional serta jalur bus menjadi kacau dan ruangan ekstra yang dibutuhkan jadi nggak terpenuhi. Terminal 4 ini pada akhirnya ditutup. 



Terminal baru pun dibuat dengan desain yang lebih baik, dan diberi nama terminal 5. Kenapa nggak dinamai terminal 4 aja buat menggantikan yang sebelumnya? Alasannya, karena pihak bandara takut para pengunjung malah bakal nyasar ke terminal 4 yang lama dan udah tutup kalau mereka memutuskan memakai nama yang sama.
 

3. McCarran International Airport, Las Vegas

Kabarnya, McCarran International Airport menampung maskapai penerbangan misterius yang punya rute langsung ke Area 51!



Area 51 adalah basis militer super rahasia di gurun Nevada, yang juga ramai diperbincangkan sejak dulu karena disebut-sebut sebagai pusat penelitian makhluk ekstraterestrial, alias alien. Masih inget kan sama kejadian beberapa waktu lalu, di mana orang-orang beramai-ramai ingin “menyerbu” Area 51? Mungkin kalian bisa menyelundup ke maskapai penerbangan rahasia ini nih buat dapet akses ke sana.

Maskapai penerbangan ini bernama Janet, yang katanya singkatan dari “Just Another Non-Existent Terminal”. Pesawat Janet ini ditandai dengan garis merah tanpa tersemat nama apapun di badannya.



Kalian nggak akan menemukan nama pesawat ini di papan keberangkatan, dan cuma personil militer A.S tertentu aja yang boleh menaiki pesawat ini. Mereka juga naik dari hangar terpisah bernama Gold Coast Terminal.
 

4. London Heathrow International Airport

Terminal 1 bandara ini sempat menjadi terminal bandara terbesar di Eropa Barat saat pertama kali dibuka oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 1969. Sayangnya, lama kelamaan kepopuleran termninal ini menyusut. Pada tahun 2015, terminal ini hanya melayani 20 penerbangan ke sembilan destinasi.


Teknologi yang ketinggalan jaman, serta ekspansi ke Terminal 2 akhirnya memaksa Terminal 1 untuk ditutup. Kini, nggak seperti terminal-terminal lain yang penuh kesibukan, Terminal ini gelap dan tak berpenghuni. Hanya ada conveyer belt usang, serta deretan kursi kosong sebagai pengingat kejayaan bandara ini pada jamannya.



Penampakan Terminal 1 yang kosong ini mirip pemandangan di film-film zombie atau post-apocalyptic, Gan. Ngeri, tapi menarik juga sih buat objek foto.


5. Newark Liberty International Airport, New Jersey

Bandara di negara bagian New Jersey, A.S ini jadi tempat banyak penumpang berkantong tebal. 

Bandara ini memiliki restoran rahasia bernama ‘Classified’. Berlokasi di Terminal C, restoran ini menyuguhkan menu gourmet seharga $29 hingga $98 (sekitar 400 ribu- 1,3 juta rupiah).



Nggak sembarangan orang bisa mencicipi menu-menu di tempat ini, sekalipun kalian memang mampu membayar harga makanannya yang selangit tadi. Kalian harus menjadi penumpang langganan United Airlines untuk mendapat undangan ekslusif makan di ‘Classified’.




6. Archerfield Airport, Queensland, Australia

Bandara ini banyak menampung kisah-kisah mistis, dan disebut sebagai salah satu bandara terangker di dunia. Kabarnya, bandara yang berlokasi di Queensland ini dihuni sama hantu prajurit Angkatan Udara Australia yang bertugas pada Perang Dunia II.  Hantu ini katanya masih berseragam, mengenakan goggles, topi, dan masih membawa-bawa parasut.



Menurut The Southern Star, si hantu ini dulunya adalah penumpang pesawat angkut milik Angkatan Udara Australia. Pada tanggal 26 Maret 1943, pesawat ini berangkat dari bandara Archerfield, dan jatuh satu menit kemudian, menewaskan 23 prajurit Australia dan Amerika Serikat. Udah banyak  kesaksian pengunjung yang mengatakan kalau mereka melihat sosok prajurit ini berkeliling di sekitar bandara.
 
 
Nah, itu dia 6 terminal bandara yang menyimpan misteri. Mana nih yang paling misterius menurut Gan Sis?



sumber
sintaaak
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.