alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
84
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc12d70a727686f903d84d0/7-hal-yang-harus-kamu-siapkan-sebelum-mengadopsi-kucing-liar
mengadopsi kucing liar itu nggak semudah membawa mereka masuk ke rumah kalian dan membiarkan mereka hidup di sana, Gan SIs. Kucing liar juga butuh perhatian khusus, dan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum resmi menyambut mereka ke dalam keluarga kalian.
Lapor Hansip
05-11-2019 15:06

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Past Hot Thread
Nggak perlu punya kucing ras yang mahal. Kucing liar yang sering mondar mandir di sekitar rumah kalian aja udah cukup bikin gemes. Ngelus-ngelus atau ngasih makan mereka aja rasanya nggak cukup. Karena nggak tegaan, kadang kita pingin bawa mereka pulang dan jadiin mereka hewan peliharaan resmi di rumah. 

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Eits, mengadopsi kucing liar itu nggak semudah membawa mereka masuk ke rumah kalian dan membiarkan mereka hidup di sana, Gan SIs. Kucing liar juga butuh perhatian khusus, dan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum resmi menyambut mereka ke dalam keluarga kalian.

Pastinya, pertama-tama kalian harus pastiin yah kalau kucing liar itu beneran kucing jalanan dan bukan kucing orang yang lepas, juga belum diadopsi sama orang lain. Kalo udah, baru deh kalian bisa persiapkan hal-hal di bawah ini :


1. Siapkan tempat bersembunyi

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Kalau kalian sering main-main sama kucing, kalian pasti tau deh kalo mereka itu demen banget ngumpet di tempat-tempat sempit, seperti di dalam kardus atau nyempil di antara bantal. Semua kucing butuh tempat persembunyian pribadi, terutama kucing liar, karena mereka nggak terbiasa berbagi tempat sama orang atau hewan lain. Nah, sebelum kalian membawa kucing liar ke rumah kalian, pastiin dulu rumah kalian punya tempat-tempat persembunyian yang aman bagi si kucing supaya si kucing juga merasa aman dan nyaman berada di lingkungan barunya.
 

2. Periksakan ke dokter hewan

Kita nggak tahu gimana kondisi kesehatan kucing yang udah lama hidup di jalanan tanpa rumah dan perawatan. Bisa jadi mereka di tubuh mereka bersarang parasit, seperti tungau dan kutu, yang emang sering dimiliki sama kucing liar. Jadi, sebelum mengadopsi mereka, untuk kebaikan para pemiliknya dan kebaikan si kucing itu sendiri, segera bawa ke dokter hewan.  
 
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar


3. Persiapkan segala kebutuhannya

Sebelum resmi menjadi orang tua baru bagi seekor kucing jalanan, pastikan kalian udah menyiapkan segala kebutuhannya. Kebutuhan yang terpenting adalah kotak pasir dan makanan. Menurut Dr. Sara Ochoa, dokter hewan dan konsultan dari DogLab, hal pertama yang akan dilakukan kucing saat sampai di rumah kita adalah membuang kotoran. Jadi, pastikan kalian udah menyediakan kotak kotoran mereka  di tempat yang mudah dijangkau.

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Ada juga hal-hal lain yang bisa kalian beli untuk mereka, seperti mainan, snack, dan kalung, tapi semua itu bisa ditunda, makanan dan kotak pasir adalah yang harus segera kalian beli.


4. Persiapkan hewan peliharaan lainnya

Kalau Gan Sis udah punya peliharaan di rumah, seperti kucing lain atau anjing, kalian juga harus mempersiapkan mereka nih sebelum membawa “anggota” baru ke dalam rumah. Terutama kalau peliharaan Gan Sis yang sekarang kurang bisa berinteraksi dengan baik sama hewan lain.

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Ajak mereka jalan-jalan dan main sama hewan lain untuk membiasakan mereka. Kalau butuh bantuan, Gan Sis juga bisa memanggil trainer khusus. Selain membiasakan peliharaan kalian yang sekarang, kalian juga harus membiasakan si pendatang baru. Pastikan semua hewan peliharaan kalian bisa bergaul dengan baik, dan awasi interaksi mereka di hari-hari pertama.
 

5. Persiapkan budget

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Memang mudah buat kepikiran untuk mengadopsi seekor kucing, tapi kita harus melihat juga apakah kita punya budget yang cukup buat bener-bener merawat mereka. Menurut Dr. Geof DeWire, dokter hewan dari PrettyLitter, mengadopsi hewan peliharaan sama seperti melahirkan anak—biayanya nggak sedikit. Pastikan kalian udah punya budget yang cukup untuk memberikan perawatan yang layak bagi mereka, mulai dari makanan, sampai biaya-biaya pengobatan yang nggak terduga.
 

6. Hadapi dengan sabar

Kalian mungkin semangat buat menyambut si kucing jalanan ke rumah kalian. Tapi, kalian juga harus pikirin dong perasaan si kucing. Kucing yang biasa hidup di jalanan mungkin merasa nggak nyaman selama masa-masa transisi mereka. Meski kalian udah menyediakan tempat untuk tidur, makan, dan menghujani dia dengan kasih sayang, si kucing masih bisa merasa takut.

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Membuat kucing terbiasa di dalam keluarga yang baru itu butuh waktu, dan kesabaran adalah kunci. Jadi, jangan keburu frustrasi ya sama tingkah kucing yang mungkin belum terlalu ramah sama kalian.
 

7. Bersiap merubah gaya hidup

Kucing jalanan, terutama dengan latar belakang yang kurang baik, mungkin punya tingkah laku yang nggak biasa, dan berbeda dari kucing-kucing rumahan lainnya. Kalau kalian bener-bener serius ingin merawat si kucing, kalian harus siap buat menghadapi tingkah laku mereka ini, dan mungkin melatih kebiasaan-kebiasaan tertentu dari awal.

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Selain itu, nggak semua kucing itu bisa cocok dengan semua keluarga. Misalnya, sebagian kucing mungkin cocok dengan rumah yang dihuni anak-anak, dan sebagian lain nggak. Beberapa kucing juga nggak akan cocok dengan gaya hidup tertentu dari si pemiliknya. Jadi, kalau kalian punya masalah dalam melibatkan si kucing di kehidupan rumah kalian, kalian harus siap mengubah gaya hidup tertentu.
 

Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 5
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 17:17
ahahahaaayyy pas bingits niiccchhh baaruuu banget ane adopsi kucing liar dari jalanan.... lincah beneeerrr..... gx bisa dieeemmmm...... wkwkwkwk

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

masih sekecil iniiii...... apa aja yang harus ane perhatiin selain makanan dan vitaminnya yaaahhh....???
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 17:18
Quote:Original Posted By eriksa
bagusnya kucing seperti ini tu biasanya gampang banget perawatanya, juga gak pilih pilih makanan emoticon-Jempol


bener bingiitttsss..... pengalaman ane niihhh kalo ketemu kucing liar atau kucing kampung (domestic cat) mereka dikasih makanan apa aja dilahap gaann..... gx pilih piliiihhhh hihihi
profile-picture
eriksa memberi reputasi
1 0
1
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 17:25
malah pengen adopsi kucing kampung dulu aja, sebelum adopsi kucing ras, biar nggak kaget sama biaya-biaya mereka hehe
kalo kucing kampung bisa buatkita latihan belajar merawat binatang dengan baik, sebelum mereka 'minta' yang neko-neko
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
Lapor Hansip
09-11-2019 17:28
Balasan post robertoezioo
naah bener, kalo ada kemauan melihara ya harus ada kemauan merawat dan njaga,
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
Lapor Hansip
09-11-2019 17:29
Balasan post akhmadfauzi844
suka gak tahan kalo lihat kucing tuuh
wajahnya gak berdosaaa bangett,, gemees pengen bawa pulang semua kucing di dunia ini
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 17:56
yang pasti siap siap diganggu sama tidur gak nyenyak. emoticon-Big Grin
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 18:16
Ane mah ngga piara tapi seneng aja sama kucing

Ada seekor kucing liar karna sering dikasih makan dan disayang
Malah kerumah terus

Tiap sore nungguin gue balik kerja di teras

Yaudah gue kasih nama habibie aja hahahaha

Mau diperiksa ke petshop ...tapi....
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
1 0
1
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 18:32
Quote:Original Posted By fenris


lah, gak nyemplung tuh emoticon-Wakaka
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 18:50
musti telaten dg binatang peliharaan...
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 18:59
Meskipun nggak miara kucing, tapi ane pribadi lebih seneng liat kucing kampung yang bersih dari pada kucing model anggora (dan sejenisnya) yang bulunya lebat.
Bagi ane nggak ada lucu-lucunya itu kucing anggora.
emoticon-Peace emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 19:54
klo hewan di kampung ane, itu ada kucing peliharaan tp maennya tetep sama kucing kampung lainnya dan cukup liar... apa kebawa yah sama kucing kampung, apa mungkin sama pemiliknya udah gak diperhatiin.
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 20:04
Sekarang sudah jarang lihat kata - kata pertamax diamankan emoticon-Hammer2
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 21:02
klo d deKat / perKarangan rumah ane kuCing pernah ad yg masih 0rok merah lunaK2 gtu klo d pencet.. sempat nangis meong meong.. tiba2 d kerubutin semut merah.. die after it.. huhu.. sedih.. trus ad yg berhasil br merangKaK ntah dr mn ane jg ndak perhatiin prosesny dr hamil.. haha.. atau sebelumny pas biKin anaK.. dan yg baru berhasil merangKaK jalan itu mati gara2 d maenin mulu ama anaK tetangga yg masih baru mau masuK TK kali..

ada lg kucing yg cacat ntah kecelakaan mobil / motor.. huhu..
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
09-11-2019 22:59
ane punya seekor nih ane rawat dari masih bayi dulu punya dua yang satu entah minggat kemana. 1 bulan ngilang tapi kata tetangga pernah pulang tapi waktu itu ane gak dirumah esok paginya ditemuin tetangga meninggal dibelakang rumah, kucing kondisi kurus kering, kalau dugaan ane kabur dari rumah nyari pasangan kejauhan lupa jalan pulang.
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
10-11-2019 07:48
Kalo melihara kucing, aku siap lahir batin demi membimbingmu emoticon-Genit
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
10-11-2019 08:29
Niat dan Finansial yang paling utama kalau buat ane sih.
profile-picture
profile-picture
maria.olivia dan Blind Sniper memberi reputasi
2 0
2
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
10-11-2019 09:05
Pengalaman nih pernah nolong mpus di got, sekarang jadi temen maen trus suka ngikut ke mana2, paling parah ya ngikut ane kuliah emoticon-Cape d...
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
10-11-2019 09:34
oalah

bgtu toh persiapanya emoticon-Belgia
0 0
0
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
10-11-2019 18:21
Kucing q tempat persembunyinya dibelakang kulkas, mungkin hangat kali yah emoticon-Malu
untung kucingnya masih kecil kalau gede pasti ngk muat tuh emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.