alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
126
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc25c479a972e650215983a/buat-agan-agan-yang-suka-naik-gunung--formasi-dan-tugas-dalam-mendaki-gunung
Berdasarkan pengalaman kami dalam melakukan pendakian, dengan berkelompok kita dapat membagi tugas masing-masing sebelum melakukan pendakian. Selain itu pendakian kita akan lebih berkesan dan meriah kareana perjalanan kita akan dipenuhi obrolan dan canda tawa
Lapor Hansip
06-11-2019 12:38

Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung

Past Hot Thread
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki GunungBuat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
Dalam melakukan pendakian gunung biasanya kita melakukan dalam berkelompok. Yang mana menurut pandangangan kami dengan melakukan sebuah pendakian dengan berkelompok memang lebih nyaman aman dan lebih meriah.

Berdasarkan pengalaman kami dalam melakukan pendakian, dengan berkelompok kita dapat membagi tugas masing-masing sebelum melakukan pendakian. Selain itu pendakian kita akan lebih berkesan dan meriah kareana perjalanan kita akan dipenuhi obrolan dan canda tawa ( Canda tawa tapi tetap menjaga kesopanan, dan kearifan lokal yaa) yang sejenak akan menghilangkan rasa letih, dan capeknya.


Di dalam membuat kelempok alangkah baiknya dibagi antara 4-8 orang saja perkelompok, yang mana kita lebih mudah menkoordinasi dan mengatur kelompok. Sedangkan untuk pembagian tugasnya biasanya berdasarkan keahlian masih masing :-p . berikut gambaran untuk pembagian tugasnya. Hayooo Kamu biasanya di posisi mana?


NAVIGATOR

Navigator adalah seorang sebagai penunjuk Jalan. Biasanya selalu ngacir di depan. Ngechek jalan dah benar apa belum. Sambil tetep koordinasi dengan leader. Lumayan berat sebenarnya tanggung jawab sebenernya ada di Navigator. Sedikit saran pilih navigator yang tidak punya tenaga kuda, atau kita akan kewalahan mengikutinya wkwkwk.

LEADER

Leader adalah seorang Pemimpin Team. Tidak harus tapi mesti posisinya biasanya di belakang navigator atau ditengah team. Tugasnya harus mengambil keputusan berdasarkan kondisi di lapangan. Biasanya, pemimpin yang dipilih menjadi leader dalam sebuah pendakian adalah orang yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan memiliki wawasan yang baik tentang jalur pendakian.

CHEF

Chef atau tukang masak hehe...bagi kami perlu di istimewakan, karena dia, kita tidak akan kelaparan saat pendakian, orang yg sabar menunggu masakan matang, bahkan saat anggota lain masih tidur atau sibuk berselfi, dia sabar memasak dan menunggu masakan untuk dihidangkan.

LOGISTIK

Gelandang pengangkut air istilah kami wkwkw....adalah orang yang memastikan apa saja bahan dan peralatan untuk chef. Tanpa terkecuali. Biasanya bagian logistik memakai tas carrier yang paling besar hehe. Pilihlah orang yang memiliki fisik bagus untuk bagian ini,, karena paling berat, seberat melupakn mantan .. hahaha

FOLLOWER

Si pengikut atau kami sering menyebutnya Sultan hehe, bisa karena baru atau bisa juga karena emang belum punya kemampuan untuk bersaing sebagai navigator,leader atau sweeper, posisi bebas, boleh pilih di mana aja asal di depan sweeper.

SWEEPER

Swipper si tukang Uji Nyali merupakan orang yang bertugas sebagai 'penyapu' rombongan pendakian agar tidak ada barang dan pendaki yang tertinggal. Sweeper biasanya berada di posisi paling belakang dalam rombongan. Tugas ini kalau melakukan pendakian malam hari yang paling horor,, hiiii.

Itulah tadi gambaran tugas masing masing dalam kelompok pendakian. Itu juga Cuma gambaran kami juga siih, hehe. Yang paling penting harus kompak dalam satu kelompok. Dan biasanya kamu kebagian tugas mana dalam pendakian?
Jangan Nyampah di Gunung
Salam Lestari
Sumber DISINI

Quote:Original Posted By mftfikri
Jadi kepengen naik gunung 😩😩😩 mantap thread bya


Quote:Original Posted By michaelmike1794
ini nih formasi pembaguan status... nice.. informasi yang bagus nih buat dibacaaa... nice bangettt... threadnyaaa kerennn... boleh nih sering2 bagi2 thread kaya gini... keren abissss... ditunggu yes gan thread2 lainnya...


Quote:Original Posted By laksanardie
Infonya sangat berfaedah bre, ane yg belum pernah naik gunung jadi tau


Quote:Original Posted By kecombranggg
Wah informatif banget nih gan threadnya untuk ane yg blm pernah naik gunung dan mau coba2 hehehehe


Quote:Original Posted By BMAGLY
nambahin tips gan.

kalo tim ane , sweeper biasanya dibawain sempritan.

tugas dia semprit navigator kalo jalannya terlalu cepat meninggalkan rombongan.

sweeper kami pilih yang nyalinya paling gede.
spt agan bilang , sweeper pendakian malam tuh super duper horor.

dan apesnya.... gw selalu kebagian tugas jadi sweeper. kata temen2 nyali gw paling gede.
padahal berasa ngeri ngeri sedap juga kalo udah mulai ketinggalan di belakang sendirian

emoticon-Takut
Diubah oleh paimin07
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 18:04
klo ane biasanya sih depan navigator klo untuk naik gunung biasanya yg sakit ato fisiknya drop . biar bisa pasin tempo jalannya😆 n g ketinggalan pastinya .
Diubah oleh fessil
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 18:32
gua seringnya inisiator gan
tapi bedanya gunungnya,gua daki gunung kembar
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 18:53
Belum pernah naik gunung emoticon-Turut Berduka


Itu yang jadi sweeper pas daki malem suka diikutin dedemit dari belakang nggak ya ?
emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh PinggiranBakwan
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 19:03
Quote:Original Posted By PinggiranBakwan
Belum pernah naik gunung emoticon-Turut Berduka


Itu yang jadi sweeper pas daki malem suka diikutin dedemit dari belakang nggak ya ?
emoticon-Ngakak (S)


Makanya ane jarang buat naik gunung malam gan...biarpun g jadi sweeper jaln malam dlm kelompk besar resiko ny lbh gede...enak ngalahin berangkat pagi sekali. Sampe puncak sore or mlam...baru nginep semalam buat ngejar sunrise...
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 19:14
Ane suka jadi follower, berjalan belakang sendiri... emoticon-Big Grin
Sambil menikmati pemandangan, bercengkrama dg tumbuh2an dan hewan kalo ada, secara mungkin ane fisiknya paling gopok/lemah emoticon-Big Grin
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 19:50
bener juga sih harus ada formasi gtu, jadi lebih tenang naik gunungnya emoticon-Traveller
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 19:51
Quote:Original Posted By paimin07
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki GunungBuat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
Dalam melakukan pendakian gunung biasanya kita melakukan dalam berkelompok. Yang mana menurut pandangangan kami dengan melakukan sebuah pendakian dengan berkelompok memang lebih nyaman aman dan lebih meriah.

Berdasarkan pengalaman kami dalam melakukan pendakian, dengan berkelompok kita dapat membagi tugas masing-masing sebelum melakukan pendakian. Selain itu pendakian kita akan lebih berkesan dan meriah kareana perjalanan kita akan dipenuhi obrolan dan canda tawa ( Canda tawa tapi tetap menjaga kesopanan, dan kearifan lokal yaa) yang sejenak akan menghilangkan rasa letih, dan capeknya.


Di dalam membuat kelempok alangkah baiknya dibagi antara 4-8 orang saja perkelompok, yang mana kita lebih mudah menkoordinasi dan mengatur kelompok. Sedangkan untuk pembagian tugasnya biasanya berdasarkan keahlian masih masing :-p . berikut gambaran untuk pembagian tugasnya. Hayooo Kamu biasanya di posisi mana?


NAVIGATOR

Navigator adalah seorang sebagai penunjuk Jalan. Biasanya selalu ngacir di depan. Ngechek jalan dah benar apa belum. Sambil tetep koordinasi dengan leader. Lumayan berat sebenarnya tanggung jawab sebenernya ada di Navigator. Sedikit saran pilih navigator yang tidak punya tenaga kuda, atau kita akan kewalahan mengikutinya wkwkwk.

LEADER

Leader adalah seorang Pemimpin Team. Tidak harus tapi mesti posisinya biasanya di belakang navigator atau ditengah team. Tugasnya harus mengambil keputusan berdasarkan kondisi di lapangan. Biasanya, pemimpin yang dipilih menjadi leader dalam sebuah pendakian adalah orang yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan memiliki wawasan yang baik tentang jalur pendakian.

CHEF

Chef atau tukang masak hehe...bagi kami perlu di istimewakan, karena dia, kita tidak akan kelaparan saat pendakian, orang yg sabar menunggu masakan matang, bahkan saat anggota lain masih tidur atau sibuk berselfi, dia sabar memasak dan menunggu masakan untuk dihidangkan.

LOGISTIK

Gelandang pengangkut air istilah kami wkwkw....adalah orang yang memastikan apa saja bahan dan peralatan untuk chef. Tanpa terkecuali. Biasanya bagian logistik memakai tas carrier yang paling besar hehe. Pilihlah orang yang memiliki fisik bagus untuk bagian ini,, karena paling berat, seberat melupakn mantan .. hahaha

FOLLOWER

Si pengikut atau kami sering menyebutnya Sultan hehe, bisa karena baru atau bisa juga karena emang belum punya kemampuan untuk bersaing sebagai navigator,leader atau sweeper, posisi bebas, boleh pilih di mana aja asal di depan sweeper.

SWEEPER

Swipper si tukang Uji Nyali merupakan orang yang bertugas sebagai 'penyapu' rombongan pendakian agar tidak ada barang dan pendaki yang tertinggal. Sweeper biasanya berada di posisi paling belakang dalam rombongan. Tugas ini kalau melakukan pendakian malam hari yang paling horor,, hiiii.

Itulah tadi gambaran tugas masing masing dalam kelompok pendakian. Itu juga Cuma gambaran kami juga siih, hehe. Yang paling penting harus kompak dalam satu kelompok. Dan biasanya kamu kebagian tugas mana dalam pendakian?
Jangan Nyampah di Gunung
Salam Lestari
Sumber DISINI


Gan klo butuh tas UL kuat bagus bisa coba CHALLENGEAR.SYNDICATE ada di ig info lengkapnya
profile-picture
jinpari22 memberi reputasi
0 1
-1
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 19:58
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 20:02
Quote:Original Posted By indra.blora
mendaki dn melihat pemandangan gunung adalah kesukaan saya Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki GunungBuat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung


Gunung yg bawah ini yg indah kali ya...hehee

Tp formasinya bagus nih.
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 20:11
Quote:Original Posted By yogayulioprtm
gua seringnya inisiator gan
tapi bedanya gunungnya,gua daki gunung kembar


rasanya ngeri2 sedep ye brey emoticon-Leh Uga
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 20:27
wew ternyata ga sembarangan ya.. apa yang nyebabkan terpisah dari rombongan? apakah attitude orang itu atau leadernya yang ga beres?
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 20:33
sweeper ya,
gk tau dah gara gara lambat jalan atau apa ane slalu belakang.
jaga rombongan iya, backup cerrier temen iya juga. kadang susah nelihat untuk jalan.
menurut ane bukan nyali buat horror sih yang berat.
tapi mental kita untuk dorong temen temen kita yg udah kelelahan "kebanyakan cewe" soalnya godaan rombongan atas udah jauh depan kita. Bukan cari kesempatan sama cewe ya. Ane suka aja di belakang enak.
Oh iya satu lagi ane tukang masak juga. Soalnya dari rombongan ane yg tau/enak masak nasinyaemoticon-Bingung (S)

Dan tim sapu bersih saat makan.
jgn tinggalkan apapun walaupun 1 butir beras,emoticon-Add Friend (S)
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 20:34
ane d sweeper cz jalannya lambat
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 20:36
Seperti di touring, seharusnya yang didepan sekali2 tengok belakang. Kali aja buntut putus emoticon-Entahlah
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 21:21
Quote:Original Posted By BMAGLY
nambahin tips gan.

kalo tim ane , sweeper biasanya dibawain sempritan.

tugas dia semprit navigator kalo jalannya terlalu cepat meninggalkan rombongan.

sweeper kami pilih yang nyalinya paling gede.
spt agan bilang , sweeper pendakian malam tuh super duper horor.

dan apesnya.... gw selalu kebagian tugas jadi sweeper. kata temen2 nyali gw paling gede.
padahal berasa ngeri ngeri sedap juga kalo udah mulai ketinggalan di belakang sendirian

emoticon-Takut


Tim Sweeper angkat tangan

Bagian yg nanggung gak enaknya diujung, nengokin yg pacaran di depan, ngebantuin yg udah lelah jalan, ngangkatin barang yang followernya udah gak sanggup diangkat sampe yg selalu ngerasa dibelakang seperti ada yg ngelihatin atau ngikutin

Hahaha
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 21:36
Ane jarang mendaki tapi sekalinya mendaki dapet banyak emoticon-afro
Diubah oleh NecroTorture
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
09-11-2019 21:36
katakan : sweeper jangan mencuri
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
Lapor Hansip
09-11-2019 22:04
Balasan post BMAGLY
Betul Gan,,, sweeper memang paling horor. serasa ada "Sesuatu" yang ngikutin di belakang gitu.emoticon-Takut
0 0
0
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
Lapor Hansip
09-11-2019 22:08
Balasan post bra.bra
otomatis nyari semak semak ganemoticon-Wakaka
0 0
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.