paimin07
TS
paimin07
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung

Dalam melakukan pendakian gunung biasanya kita melakukan dalam berkelompok. Yang mana menurut pandangangan kami dengan melakukan sebuah pendakian dengan berkelompok memang lebih nyaman aman dan lebih meriah.

Berdasarkan pengalaman kami dalam melakukan pendakian, dengan berkelompok kita dapat membagi tugas masing-masing sebelum melakukan pendakian. Selain itu pendakian kita akan lebih berkesan dan meriah kareana perjalanan kita akan dipenuhi obrolan dan canda tawa ( Canda tawa tapi tetap menjaga kesopanan, dan kearifan lokal yaa) yang sejenak akan menghilangkan rasa letih, dan capeknya.


Di dalam membuat kelempok alangkah baiknya dibagi antara 4-8 orang saja perkelompok, yang mana kita lebih mudah menkoordinasi dan mengatur kelompok. Sedangkan untuk pembagian tugasnya biasanya berdasarkan keahlian masih masing :-p . berikut gambaran untuk pembagian tugasnya. Hayooo Kamu biasanya di posisi mana?


NAVIGATOR

Navigator adalah seorang sebagai penunjuk Jalan. Biasanya selalu ngacir di depan. Ngechek jalan dah benar apa belum. Sambil tetep koordinasi dengan leader. Lumayan berat sebenarnya tanggung jawab sebenernya ada di Navigator. Sedikit saran pilih navigator yang tidak punya tenaga kuda, atau kita akan kewalahan mengikutinya wkwkwk.

LEADER

Leader adalah seorang Pemimpin Team. Tidak harus tapi mesti posisinya biasanya di belakang navigator atau ditengah team. Tugasnya harus mengambil keputusan berdasarkan kondisi di lapangan. Biasanya, pemimpin yang dipilih menjadi leader dalam sebuah pendakian adalah orang yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan memiliki wawasan yang baik tentang jalur pendakian.

CHEF

Chef atau tukang masak hehe...bagi kami perlu di istimewakan, karena dia, kita tidak akan kelaparan saat pendakian, orang yg sabar menunggu masakan matang, bahkan saat anggota lain masih tidur atau sibuk berselfi, dia sabar memasak dan menunggu masakan untuk dihidangkan.

LOGISTIK

Gelandang pengangkut air istilah kami wkwkw....adalah orang yang memastikan apa saja bahan dan peralatan untuk chef. Tanpa terkecuali. Biasanya bagian logistik memakai tas carrier yang paling besar hehe. Pilihlah orang yang memiliki fisik bagus untuk bagian ini,, karena paling berat, seberat melupakn mantan .. hahaha

FOLLOWER

Si pengikut atau kami sering menyebutnya Sultan hehe, bisa karena baru atau bisa juga karena emang belum punya kemampuan untuk bersaing sebagai navigator,leader atau sweeper, posisi bebas, boleh pilih di mana aja asal di depan sweeper.

SWEEPER

Swipper si tukang Uji Nyali merupakan orang yang bertugas sebagai 'penyapu' rombongan pendakian agar tidak ada barang dan pendaki yang tertinggal. Sweeper biasanya berada di posisi paling belakang dalam rombongan. Tugas ini kalau melakukan pendakian malam hari yang paling horor,, hiiii.

Itulah tadi gambaran tugas masing masing dalam kelompok pendakian. Itu juga Cuma gambaran kami juga siih, hehe. Yang paling penting harus kompak dalam satu kelompok. Dan biasanya kamu kebagian tugas mana dalam pendakian?
Jangan Nyampah di Gunung
Salam Lestari
Sumber DISINI

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh paimin07 11-11-2019 11:18
tata604denbagoes01nona212
nona212 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
15.5K
134
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature Clubs
icon
2.9KThread4.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.