alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
142
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc3eba50577a971cd722a7a/bos-akumobil-pakai-uang-nasabah-beli-mobil-dan-moge
Polisi menemukan fakta baru terkait kasus dugaan penipuan penjualan mobil murah Akumobil. Hasil penyelidikan diketahui dana konsumen dibelikan kendaraan hingga menggaji karyawan.
Lapor Hansip
07-11-2019 17:02

Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge

Past Hot Thread
Quote:
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
Kamis, 07 Nov 2019 16:32 WIB
Dony Indra Ramadhan - detikOto
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge

Bandung - Polisi menemukan fakta baru terkait kasus dugaan penipuan penjualan mobil murah Akumobil. Hasil penyelidikan diketahui dana konsumen dibelikan kendaraan hingga menggaji karyawan.

Hasil itu didapat penyidik Satreskrim Polrestabes Bandung seusai melakukan penelusuran aset bos Akumobil BJ yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Penelusuran aset ini turut melibatkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Ada kendaraan yang menjadi aset atau yang dibeli dari dana konsumen berupa roda empat atau roda dua. Untuk roda empat ada tujuh unit sementara roda dua ada empat unit motor gede. Lalu ada satu unit mobil towing," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (7/11/2019).

Menurut Rifai, kendaraan-kendaraan itu digunakan baik oleh bos Akumobil maupun beberapa orang karyawan Akumobil. Kendaraan itu sudah disita polisi demi kepentingan penyidikan.

Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge

"Sudah kita lakukan penyitaan terhadap aset kendaraan. Total nilai aset yang dibelikan kurang lebih ada Rp 10 miliar," katanya.

Selain untuk membeli aset bergerak, uang dari konsumen juga digunakan untuk membeli sejumlah furniture dan gaji karyawan. Sementara untuk aset tak bergerak berupa tanah atau rumah, masih dilakukan penyelidikan.

"Kemungkinan untuk bayar gaji karyawan ada yang menggunakan dana nasabah," tutur Rifai.

Seperti diketahui, sejumlah konsumen Akumobil melaporkan dugaan tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh Akumobil. Mereka merasa tertipu setelah ditawarkan flash sale mobil dengan harga cuma Rp 50 juta.

Alih-alih mendapatkan mobil impian, konsumen justru tak mendapatkan mobil. Mereka pun menggeruduk dealer Akumobil di Jalan Sadakeling beberapa waktu lalu.

Polisi telah menetapkan satu orang bos Akumobil, BJ, sebagai tersangka. BJ merupakan Direktur Utama Akumobil.


Quote:
Polisi Catat 350 Orang Jadi Korban Mobil Murah Akumobil
Rabu 06 November 2019, 16:16 WIB
Dony Indra Ramadhan - detikNews 
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge

Bandung - Penyelidikan kasus penipuan mobil murah Akumobil terus dilakukan. Polisi menyebut saat ini sudah ada 350 orang yang tercatat menjadi korban.

"Terdaftar saat ini sudah 350-an di kami," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (6/11/2019).

Rifai menuturkan berdasarkan data sementara kerugian para korban yang membeli mobil murah diperkirakan mencapai Rp 35 miliar. Kerugian tersebut dihitung dari jumlah uang yang ditransfer konsumen ke Akumobil. Jadi diduga masih banyak korban yang menjadi korban.

"Sekitar Rp 35 miliar. Jadi tersangka ini menawarkan mobil yang harga Rp 50 sampai Rp 59 juta padahal mobil itu harganya 150 juta," tuturnya.

Polisi membuka posko pengaduan bagi konsumen yang merasa telah ditipu. Polisi akan mendata jumlah korban penipuan Akumobil.

"Kita buka posko. Silakan bagi korban agar melaporkan di posko kami agar kami data siapa saja yang menjadi korban," katanya.

Seperti diketahui, sejumlah nasabah Akumobil melaporkan dugaan tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh Akumobil. Para nasabah yang membeli mobil murah sekitar Rp 50 juta.

Uang yang sudah dibayarkan, nasabah tak kunjung mendapatkan mobil. Mereka pun menggeruduk dealer Akumobil di Jalan Sadakeling beberapa waktu lalu.

Polisi telah menetapkan satu orang bos Akumobil sebagai tersangka. Pria berinisial BJ itu merupakan Direktur Utama Akumobil.


Quote:
Duduk Perkara Dugaan Penipuan Akumobil Yang Gagal Terdeteksi OJK
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam Lumban Tobing memberikan kuliah umum untuk mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (30/10/2019). ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/ama. 


tirto.id - Kantor Akumobil di Jalan Sadakeling, Bandung mendadak digeruduk massa pada Kamis malam (31/10/2019). Usai ditelisik, orang-orang itu protes karena kendaraan yang mereka beli di Akumobil tak kunjung datang sampai 2-3 bulan. Mereka mengaku ditipu Akumobil.

Polrestabes Bandung langsung turun tangan. Sebanyak tujuh orang diamankan, di antaranya tiga direktur dan empat staf administrasi. Selang sehari, Kasat Resktrim Polrestasbes Bandung AKBP M. Rifai mengatakan tujuh orang kala itu tengah dimintai keterangan.

Sehari setelahnya, Direktur Utama Akumobil berinisial BR menjadi tersangka. Satreskrim Polrestabes Bandung menilai BR diduga melakukan penipuan penjualan mobil murah hingga merugikan ratusan konsumen.

“Sudah ditahan dirutnya,” kata Rifai seperti dikutip dari Antara, Sabtu (02/11/2019).

Ironisnya, kasus penipuan itu terjadi setelah Akumobil resmi terdaftar atau diawasi OJK. Dikutip dari Viva, Akumobil mengklaim sudah keluar dari daftar entitas ilegal, dan terdaftar dalam pengawasan regulator jasa keuangan.

“Akumobil kembali melakukan kegiatan-kegiatan promosi dengan konsep creative marketing dengan rekomendasi dan pengawasan dari OJK,” kata General Operation Manager Akumobil Nurul Husni Farid dikutip dari Viva pada 27 September 2019.

OJK Tidak Awasi Akumobil

PT Aku Digital Indonesia (Akumobil) adalah badan usaha perdagangan jual beli mobil dan motor, baik bekas maupun baru dengan inovasi pemasaran (creative marketing). Dikatakan inovasi lantaran barang yang dijual sangat murah.

Berdasarkan akun Twitter Akumobil, perusahaan pernah mengadakan sejumlah event selama Juni-Juli di Bandung dan beberapa kabupaten di Jawa Barat. Harga yang ditawarkan murah meriah, misal harga motor Honda Beat dijual dengan harga mulai Rp6 juta.

Mobil yang dijual pun tidak kalah murahnya, yakni mulai Rp50 juta. Dalam event tersebut, kendaraan dijual dengan model diundi dengan tema flash sale. Mereka yang beruntung dapat membeli mobil dengan harga spesial itu.

Namun, apa yang dilakukan Akumobil tersebut dinilai OJK sebagai entitas investasi ilegal. Awal Agustus, Satuan Tugas Waspada Investasi (STWI) pernah turun tangan dan menyatakan Akumobil sebagai entitas investasi ilegal.

Ketua STWI Tongam Lumbang Tobing mengatakan Akumobil dinilai sebagai entitas investasi ilegal lantaran melakukan kegiatan jual beli mobil online tanpa izin. Pertimbangan lainnya, model bisnis Akumobil tidak masuk akal.

“Kegiatan Akumobil tidak masuk akal. Setor Rp50 juta dan dapat mobil senilai Rp100 juta. Kegiatan ini sudah berlangsung dan kami hentikan,” ucap Tongam saat dihubungi reporter Tirto, Senin (4/11/2019).

Tongam membenarkan bahwa Akumobil sempat keluar dari daftar entitas ilegal. Alasannya, Akumobil sudah memiliki izin usaha yang diterbitkan Kementerian Perdagangan dan sudah diajukan melalui OSS.

Namun, soal klaim Akumobil sudah berada di bawah pengawasan OJK, Tongam membantah. Menurutnya, OJK tidak mengurusi perdagangan yang menjadi ranah perusahaan itu, tetapi hanya terbatas pada sektor jasa keuangan perbankan dan nonbank.

“Perlu disadari setiap kegiatan apapun kalau sudah punya izin, masih bisa melakukan tindak pidana. Bukan kita enggak efektif, melainkan kembali ke individu. Kami mendorong proses hukum,” ucap Tongam.

Oleh karena itu, Tongam membantah apabila STWI dianggap lengah atau tidak efektif dalam mengawasi entitas atau investasi ilegal, meskipun Kementerian Perdagangan sendiri adalah salah satu anggota STWI.

Pengawasan Lemah

Peneliti Indef Ariyo DP Irhamna menilai pengawasan pemerintah selama ini memang terbilang lemah dalam mendeteksi penipuan atau entitas ilegal. Alhasil, kasus konsumen yang dirugikan kerap terulang.

Menurutnya, pemberian izin usaha dari Kemendag patut dipertanyakan lantaran lembaga itu gagal mengenali masalah pada model bisnis yang mengandung aspek teknologi informasi dan pengelolaan dana investasi bagi perusahaan start up.

Ada baiknya, kata Ariyo, pemberian izin usaha yang mengandung aspek IT itu dibebankan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yang membidangi urusan ekonomi digital atau e-commerce.

“Untuk e-commerce memang di Kemendag. Tapi fungsinya hanya bagaimana mendorong perdagangan. Dia lembaga perdagangan bukan untuk mengurusi startup,” jelas Ariyo saat dihubungi reporter Tirto, Senin (4/11/2019).

Selain itu, kata Ariyo, hukuman atau sanksi tegas harus diberikan kepada Akumobil. Apalagi, perusahaan tersebut sebelumnya sudah pernah tersangkut penindakan dari STWI. Sanksi yang diberikan harus ada efek jera.

“Jika tidak ada hukuman yg setimpal, maka kasus seperti ini akan kita temukan lagi,” ucap Ariyo.

Sementara itu, reporter Tirto telah mencoba meminta konfirmasi dari manajemen Akumobil melalui sambungan telepon kantor yang tertera sebagai informasi perusahaan. Namun sampai saat ini, Akumobil tak kunjung menjawab.


Quote:50 juta dapat mobil baru 100 juta emoticon-Belo
Kaskuser yang kena tifu tunjuk tangan.. serem juga sudah resmi OJK dan sudah terdaftar di kementrian perdagangan meski akhirnya terciduk tim STWI.

Flash sale menggiurkan..
kasian karyawannya dapat gaji uang hasil penggelapan dana konsumen.. emoticon-norose

Testimoni kaskuser korban
Quote:Original Posted By shevchenko82
Gw kena tipu, gw korbannya.
Tp dulu pertimbangan gw, :
1. Trf ke an PT, valid, kwitansi jelas, print digital
2. SPK dan dokumentasi pendukung lengkap
3. Ada ijin OJK dan OSS lengkap,
Bahkan gw cek ke web OJK bahwa OJK telah memberikan izin kepada 3 fintech terbaru, diantaranya Aku Digital Indonesia ( akumobil )

Gimana gw ga percya coba, walaupun ga masuk logika tp berijin resmi dari OJK, berarti kan pemikiran gw ada investasi diluar itu, yg mungkin berbeda konsep sama GOJEK dll

Let see ajalah, bingung


Quote:Original Posted By truebluezz
Temen gw kena 50jt ...boss nya ini sales datsun dlunya .entah dpt ide drmana bikin penipuan kek gini wkwkw

Diubah oleh anarchy0001
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 8
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
08-11-2019 19:32
akumobil? mirip aplikasi akulaku ya?
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
08-11-2019 19:45
Quote:Original Posted By Cikklancang
Kalo bank itu Make duit nasabah buat main reksadana atau main saham ga?
Yang diatas napa jauh amat yak spasi nya kebawah




gk boleh gan, bolehnya dipinjemin scr kredit lg
profile-picture
samradler memberi reputasi
1 0
1
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
08-11-2019 20:14
Wi... Wi.... liat rakyat lu Wi..... menyedihkan Wi emoticon-Traveller
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
Lapor Hansip
08-11-2019 21:16
Balasan post erwaleste
Quote:Original Posted By erwaleste

Cara pembeliannya kok ga dikasi tau secara rinci ganemoticon-Bingung


Cara pembeliannya, setor booking fee 1jt, dalam 1 jam harus lunasin 50jt atau booking fee hangus, mobil akan dikirim 30 hari kerja setelah trf 50jt.
Pegangan konsumen cuma secarik kertas buatan admin salesnya yang diprint di lokasi.
Memang, saat itu ada beberapa orang yang serah terima, banyakan mobil bekas (harga nya masih wajar, harga belian showroom mokas, misal alphard 2004 100jt, serena 2008 70jt, dst), mungkin biar orang pada percaya.
profile-picture
profile-picture
samradler dan erwaleste memberi reputasi
2 0
2
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
08-11-2019 22:29
OJK lemahhh orang yg disekitarnyapunnn mungkin entah kurang paham harga produk yg ditawarkan AM sehingga setelah kejadian begini ya seantero Bandung buming kasusnya...semoga kita semua dapat diambil hikmahnya
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
09-11-2019 00:24
luarbiasa masih ada aja pengusaha yg menggelapkan dana.
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
Lapor Hansip
09-11-2019 07:43
Balasan post aaaa1
@aaaa1 jangan² agan sudah pernah nginep disana yah emoticon-Big Grin
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
09-11-2019 07:56
Quote:Original Posted By rp.1000000
Keren ya bisnis tipu2 begini emoticon-Blue Guy Smile (S)

Dapat 35m, paling dipenjara gak sampe 10thn, keluar penjara masih banyak waktu buat nikmati hasil tipu2 nya emoticon-Belo























































emoticon-Hammer (S)


Bukanya bakal disita ya?
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
09-11-2019 08:31
Quote:Original Posted By zavoyan
Bukanya bakal disita ya?


Itu kalau masih ada sisa bre

Kalau udah dicuci ya apanya yang mau disita emoticon-Blue Guy Smile (S)
























































emoticon-raining
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
09-11-2019 09:28
Quote:Original Posted By rp.1000000
Itu kalau masih ada sisa bre

Kalau udah dicuci ya apanya yang mau disita emoticon-Blue Guy Smile (S)


emoticon-raining


Pengalaman ya om emoticon-Matabelo
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
Lapor Hansip
09-11-2019 10:41
Balasan post nazua
Quote:Original Posted By nazua
@aaaa1 jangan² agan sudah pernah nginep disana yah emoticon-Big Grin


@nazua

Wkwkwk saya cm berbicara realita gan. Banyak yg rela di bui bahkan untuk nominal dibawah itu. Agan mikir aja agan 10 tahun bs hasilin 35M gk.
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
Lapor Hansip
09-11-2019 13:15
Balasan post aaaa1
Quote:Original Posted By aaaa1


@nazua

Wkwkwk saya cm berbicara realita gan. Banyak yg rela di bui bahkan untuk nominal dibawah itu. Agan mikir aja agan 10 tahun bs hasilin 35M gk.


Kalo ngasilin 35M dlm 10thn ane gak yakin gan.
Tp kalo harus membeli kebebasan ane seharga 35M ane bela²n deh emoticon-Embarrassment
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
Lapor Hansip
09-11-2019 13:24
Balasan post nazua
@nazua jangan dipikir dalam penjara itu gk bebas liat aja tuh para koruptor. Didalam mah ada duit ada kebebasan.
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
09-11-2019 15:45
wadaw wadaw... hmmmmm.... threadnya bagus nih... informatif sekaliii... sukakkk ane kaya gini... penuh informasi... dan keren... jd bacaan2 buat ngisi waktu... ditunggu thread lainnyaaaaa... mantep2 emang gannnn... gas2 nulissnyaaa..
profile-picture
AntiMAHOgan memberi reputasi
0 1
-1
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
10-11-2019 06:28
Quote:Original Posted By uwiwi
modusnya gimana sih..ga paham 50jt dpt mobil..bayar ga langsung dpt mobil ato gimana????


DP berapa jt nnti dikasih "kertas tulisan berhak mobil 50jt" emoticon-Leh Uga
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
10-11-2019 06:38
Quote:Original Posted By ARk3AZR
OJK lemahhh orang yg disekitarnyapunnn mungkin entah kurang paham harga produk yg ditawarkan AM sehingga setelah kejadian begini ya seantero Bandung buming kasusnya...semoga kita semua dapat diambil hikmahnya


OJK klo mnurut gw ga begitu lemah, yg mereka awasi bnyk dan spesifik. Toh karena nyelidiki penipuan kan baru bisa klo udah wanprestasi. Kecuali OJK punya informan org dalam yg nunjukin klo itu misal Ponzi. Dan gak semua usaha itu wajib diawasi OJK.

Ada kan yg kedoknya usaha non keuangan tapi menghimpun dana masyarakat? Kasus Rangrang M*B contohnya. Atau ya ini, "jual beli mobil motor".

Dulu malah ada ponzi pake sarana jual beli pakaian yg dimana harga paket pakaian itu naek dibeli perusahaan itu lagi. Bukan bisnis keuangan kan klo sepintas? Janggal? Iya, too good to be true. Klo ini sebelum jaman supremasi OJK karena sebelum Krismon, jamannya Wild Wild West.

Pada akhirnya tinggal masyarakat sendiri yg bisa menilai mana yg jual beli, bisnis kemitraan, investasi dan mana yg Ponzi.

Selama manusia Indon masih ada Greed utk kaya cepet, disitulah bakal ada Ponzi terus.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
10-11-2019 06:51
Quote:Original Posted By shevchenko82
Gw kena tipu, gw korbannya.
Tp dulu pertimbangan gw, :
1. Trf ke an PT, valid, kwitansi jelas, print digital
2. SPK dan dokumentasi pendukung lengkap
3. Ada ijin OJK dan OSS lengkap,
Bahkan gw cek ke web OJK bahwa OJK telah memberikan izin kepada 3 fintech terbaru, diantaranya Aku Digital Indonesia ( akumobil )

Gimana gw ga percya coba, walaupun ga masuk logika tp berijin resmi dari OJK, berarti kan pemikiran gw ada investasi diluar itu, yg mungkin berbeda konsep sama GOJEK dll

Let see ajalah, bingung


Turut berduka gan, moga kasunya dapat segera ditangani dan pelaku dihukum setimpal.

Ane sih mikirnya setelah dpt ijin dr otoritasnya bisa dianggep aman lah yaa..
Setelah itu logika aja, lo keluar duit 50jt dapetnya senilai 150jt. Atau anggep dengan komposisi yg sama lo keluar 5jt dapetnya senilai 15jt. Atau lo keluar duit 5rb dapet barang senilai 15rb..
Lah sapa yg g mau siiih.. emoticon-Ngakak
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
10-11-2019 19:09
waduhhhhh... nice.. informasi yang bagus nih buat dibacaaa... nice bangettt... threadnyaaa kerennn... boleh nih sering2 bagi2 thread kaya gini... keren abissss... ditunggu yes gan thread2 lainnya...
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
10-11-2019 19:18
Quote:Original Posted By naufan11001
Untuk yg dibandung pasti tau pertengahan tahun ini akumobil ngadain lelang mobil murah di TSM..
Sistemnya kita nyetor nomor KTP yg nantinya bakal diundi yg berhak dapet lelang murah 50jt dapet mobil sekelas LCGC..
Banyak temen kantor ane ada yg tembus no KTP dan harus bayar kontan 50jt biar gk anguss..
Nah untuk yg gk punya uang otomatis hangus tp ada jg yg ngasih no undian dia ke orang yg mampu bayar.
Untung ane gk ikut"an..
Btw AKUMOBIL dan AKULAKU itu
Satu perusahaan gk sih?


Beda gan
0 0
0
Bos Akumobil Pakai Uang Nasabah Beli Mobil dan Moge
12-11-2019 13:41


Quote:Original Posted By harkos
betul juga gan, tapi kalo ane walaupun kepengen beli mobil. ane ga mau ikutan yang kaya gitu sih walaupun udah resmi ojk bla bla bla. beli normal aja cash/kredit leasing lebih benr atau beli mokas aja sih ya. Semoga bisa balik lagi dah itu duit yang abis kena tipu nya emoticon-Shakehand2


iya gan sama, langsung ke dealer resmi aja mah klo ane. dah gk bakal kawatir emoticon-Jempol
0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.