alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
375
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc386c78d9b1779d52ef2bf/anies-baswedan-gagal-paham-fungsi-atap-jpo
Rabu (6/11/2019) siang, jagat media sosial dihebohkan dengan hilangnya atap salah satu jembatan penyeberangan orang di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. JPO itu persisnya berada di antara Menara Astra, Gedung Bumiputera, Gedung Sudirman Plaza/Indofood Tower, dan Wisma Nugra Santana.
Lapor Hansip
07-11-2019 09:51

Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO

Past Hot Thread
07 November 2019

Quote:Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO

Pemprov DKI bilang atap JPO dicopot agar masyarakat bisa swafoto. Tapi ini aneh mengingat fungsi atap untuk menahan dari panas dan hujan.


Quote:Rabu (6/11/2019) siang, jagat media sosial dihebohkan dengan hilangnya atap salah satu jembatan penyeberangan orang di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. JPO itu persisnya berada di antara Menara Astra, Gedung Bumiputera, Gedung Sudirman Plaza/Indofood Tower, dan Wisma Nugra Santana.

Hanya JPO itu yang 'plontos'. JPO sebelum dan sesudahnya masih beratap.

Dinda Denita (23), salah satu pekerja yang kantornya tak jauh dari lokasi, merasa "aneh" dengan keadaan JPO tersebut. "Kalau menyeberang terus enggak ada atapnya, kalau kepanasan atau kehujanan, bagaimana?" katanya kepada reporter Tirto.

Dinda sempat mencari tahu perkara ini di internet. Dia lantas menemukan alasan "agar orang bisa melihat pemandangan." Tapi rasa heran Dinda tidak hilang.

"Pemandangan apa maksudnya? Mobil-mobil yang berderet dan macet? Itu katanya mengikuti Hong Kong dan negara lain, tapi, kan, di sana cuacanya enggak separah ini."

Agar Masyarakat Bisa Swafoto

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan tak hanya JPO itu yang atapnya dicopot. JPO yang ada di Jalan Sudirman-Thamrin memang akan dikonsep beratap terbuka.

Tujuannya seperti yang Dinda bilang tadi: agar yang menyeberang bisa melihat pemandangan.

"Jadi terbuka itu bisa melihat view dari Thamrin-Sudirman, trotoar yang sudah besar, lebar, dan bagus. Kemudian view ke gedung-gedung tinggi, menambahkan suasana dan pengalaman lain," katanya saat dihubungi Rabu siang.

Pencopotan atap JPO juga bertujuan agar masyarakat bisa swafoto dengan pemandangan itu.

"Pengalaman lain lagi nih. Selain untuk pejalan kaki, juga untuk swafoto, ber-selfie ria. Instagrammable-lah," katanya.

Hari menjawab kritik yang mengatakan atap JPO dicopot hanya akan merugikan pejalan kaki karena rentan kehujanan dan kepanasan. Menurutnya, JPO-JPO tersebut memang didesain menyatu dengan trotoar yang tak beratap.

"Jadi fungsi JPO itu adalah bangunan pelengkap jalan yang menghubungkan dari trotoar ke trotoar. Yang dikhawatirkan orang-orang, kan, kehujanan dan kepanasan. Lah, kan, trotoar kita memang sudah terbuka? Kalau kehujanan otomatis orang enggak menyeberang dong? Wong hujan," kata Hari.

"Kecuali kalau trotoar ditutup semuanya. Nah, JPO-nya terbuka itu baru aneh. Trotoar tertutup, kok, JPO terbuka. Ya kehujanan. Ini kan trotoar terbuka semua."

Menurutnya pencopotan atap hanya berlaku pada JPO yang tak menyatu dengan halte Trans Jakarta.

"Konsep kedua, kalau memang dari awal tertutup seperti sebelahnya (JPO setelahnya yang terhubung dengan halte Trans Jakarta), menghubungkan ke halte, itu tetap kanopinya ditutup, bukan dibuka. Mosok orang mau naik TJ basah kuyup?"

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menginstruksikan kepada Hari agar seluruh JPO dicopot atapnya. Itu ia katakan saat rapat dengan para kepala dinas, 23 Oktober silam.

"Saya sudah minta bapak kepala dinas, nanti bapak ulangi. Ini semua penyeberangan-penyeberangan yang ada di sini, di sisi sini, kan ada JPO-JPO, pak, atapnya dicopot, pak. Jadi tanpa atap. Tidak usah pakai atap. Karena memang dari tempat panas ke tempat panas lagi," katanya saat rapat.

Ucapan Hari mengenai swafoto juga dibenarkan oleh Anies dalam rapat tersebut.

"Itu tempat selfie paling sering pak nanti. Karena pemandangan gedung di malam hari, bagus sekali. Sore, siang. Jadi atapnya copot, itu langsung jadi space terbuka. Ini tidak perlu pakai kerumitan, tinggal copot atap saja," lanjutnya.

"Tapi JPO kita itu atapnya ada, supaya tidak kena hujan dan panas. Itu benar bila dari indoor ke indoor. Tapi kalau dia dari ruang terbuka ke ruang terbuka, sebetulnya tidak perlu ada penutup."

Alternatif

Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan sangat tidak tepat atap JPO dicopot dengan alasan pengguna bisa leluasa melihat pemandangan.

"Bukan tidak tepat, tapi sangat tidak tepat [copot atap JPO]," kata Gembong, Rabu siang.

Gembong mengatakan Anies dan jajaran pemprov gagal paham karena bila tujuan Pemprov DKI melepas atap JPO ini untuk melihat keindahan Jakarta, semestinya itu dilakukan dengan cara membangun atap JPO yang terbuat dari bahan transparan.

Keputusan Dinas Bina Marga melepas JPO itu juga dinilai tidak memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki. Mereka akan kepanasan kalau panas, dan kehujanan bila hujan. "Padahal tugas kita adalah memberikan kenyamanan bagi pengguna."

Siska Oktami (27), salah satu pekerja di Gedung AIA Central Sudirman yang kebetulan siang itu melewati JPO, mengatakan jika memang tujuannya adalah memanjakan mata pengguna, maka caranya bukan dengan mencopot atap, tapi memasang pembatas di kanan dan kiri JPO yang lebih rendah.

"Jangan terlalu tinggi," katanya, lalu mengatakan jika ini diteruskan dan hujan tiba, "turun tangga, kehalangan, bisa-bisa kepleset."
TKP


"Pengalaman lain lagi nih. Selain untuk pejalan kaki, juga untuk swafoto, ber-selfie ria. Instagrammable-lah," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI.


Instagrammableemoticon-Motret

#REemoticon-coffee
Diubah oleh nadaramadhan20
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jembloengjava dan 25 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Halaman 18 dari 19
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 20:19
berswafoto atau meningkatkan popularitas beberapa gedung milik perusahaan ternama atau jangan2 nanti banyak brand2 atau iklan2 di situ
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 22:28
Nah kan ada pro kontranya
Kalo mau tetep ada atapnya trus pengennya instagrammable tuh jpo, gimana kalo dibuat atapnya kaca? jd clear/glass roofing gitu
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 22:29
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO

emoticon-Christmas
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 23:08
selfie > panas dan ujan emoticon-Cool
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 23:09
Quote:Original Posted By deadlyraptor
Nah kan ada pro kontranya
Kalo mau tetep ada atapnya trus pengennya instagrammable tuh jpo, gimana kalo dibuat atapnya kaca? jd clear/glass roofing gitu


Masih panas gan kalau siang, mending sekalian atap yang bisa buka tutup, kek stadion.. emoticon-Hammer2
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 00:25
Atep JPO dibongkar, Atep rumahnya malah direnovasi 2M ckckck
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
Lapor Hansip
09-11-2019 02:12
Balasan post a_dewa
Quote:Original Posted By a_dewa
Ha ha ha ..... Mungkin Tuhan lagi kasih azab sama orang DKI jakarta. Makanya di kasih pemimpin kya gini.

Istighfar woy......


asem lu tong ..... smoga ente dpet balasannya ....

syukur ae bukan warga jakarta emoticon-Menang
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 05:19
Lumayan, anggaran baru buat kain waring kan

Ah elah ganggu aja nih rakyat 42% emoticon-Mad (S)
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 06:34
Quote:Original Posted By Razi12345
Wkwkwk nama nama lu ketauan orang radikal, cirinya otak sipit, hati item tapi kulit di putihin padahal penjajah hahaha. Komunis kan begitu


Cieeee yg namanya mirip teroris n jidatnye item ngamuk, muka nga sekalian diitemin biar ky dakocan kurawa tengik bogel banted bau belendir jerawatan?? Trus ngaku2 ciptaan paling mulia gitu? Yg bgt mulia gmn yg jeleknya yak....
Mangkenye kl punya otak jgn suka dilepas n ditaro dipantad, boneka susan yg berguna buat nusa bangsad lu dimatiin, tuan kakek guru lelanang jagad tiada tanding pewaris kapak naga geni 212 penjaga sekolah dikeja idup barengan ma om telolet om, supir angkot, satpam, kuli bangunan, tkg ojek, dll...
Syuper sekali otaknya teroris ini, 5x sehari dijedot2in sih...

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Diubah oleh andreas.tw
profile-picture
kopral.djonsnow memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 06:45
Quote:Original Posted By ikanzz
Nunggu bikin JPO pake bambu..


emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 06:46
Quote:Original Posted By nanang.f
Gimana Pak Anies Baswedan kalo ditiketin, ada jasa sewa payung, sama kanan-kirinya dibuka lapak jualan. Biar membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran di Jakarta.


Bener banget ituh... Udah plg bener dah...
emoticon-Wakaka
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 06:48
Quote:Original Posted By abepinarno
Bisa lembek Ubun ubun kalo lewat siang bolong


Suruh si anies bisa edan yg lewat secara ontaknya dah move on ke pantad...
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 07:01
Quote:Original Posted By Ultramen.T
Luar biasa, fungsi utama untuk melindungi dari panas dan hujan dikalahkan dengan fungsi buat instagram. Kalau siang gak bakalan ada yang mau lewat, panasnya itu lo, apalagi kalau sedang hujan. Siapa juga yang mau lewat


Biar pd bawa payung kl siang....

Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO

Cmn bkn cewe yg bawa... Tp cowo dakocan item keling bogel banted bau jerawatan lagi..

ITU KAN GAYA MU ANIES??

emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 07:02
yang penting nyebrang
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 07:23
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
Diubah oleh andreas.tw
profile-picture
profile-picture
jembloengjava dan kerupukaleng memberi reputasi
2 0
2
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 09:55
Payyaahhh....

Ada" aja kelakuan satu orang ini.

"Suka suka gue,Kehed"

emoticon-Big Grin
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 11:37
Awas aja nanti tiba tiba ada pernyataan " atap jpo dipasang kembali, karna protes para pengguna ", akhirnya anggaran lagi deh emoticon-Cape d...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 12:22
"Jadi fungsi JPO itu adalah bangunan pelengkap jalan yang menghubungkan dari trotoar ke trotoar. Yang dikhawatirkan orang-orang, kan, kehujanan dan kepanasan. Lah, kan, trotoar kita memang sudah terbuka? Kalau kehujanan otomatis orang enggak menyeberang dong? Wong hujan," kata Hari.

"Kecuali kalau trotoar ditutup semuanya. Nah, JPO-nya terbuka itu baru aneh. Trotoar tertutup, kok, JPO terbuka. Ya kehujanan. Ini kan trotoar terbuka semua."









nggak sekalian halte juga nggak usah dikasih atap pak, trotoar terbuka kok halte tertutup?


emoticon-Ngakak
Diubah oleh kuas96
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
09-11-2019 15:18
proyek baru lagi emoticon-Leh Uga
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
Lapor Hansip
09-11-2019 15:20
Balasan post kucingrambo
Quote:Original Posted By kucingrambo
Awas aja nanti tiba tiba ada pernyataan " atap jpo dipasang kembali, karna protes para pengguna ", akhirnya anggaran lagi deh emoticon-Cape d...


yg penting proyek lancar gan. emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 18 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.