Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
47
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc52a327e3a720fd855fec7/uda-ivan-pegiat-bahasa-indonesia-yang-membuat-millenial-bangga-berbahasa-nasional
Secara tidak sadar, bahasa prokem atau slang lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tidak masalah bila ini diaplikasikan dengan teman sebaya. Namun, bila kebiasaan ini diberlakukan juga saat berkomunikasi dalam ranah formal, misalkan mengirim pesan Whatsapp kepada dosen, atasan, atau orang yang baru dikenal, pasti akan sangat kurang sopan. Banyaknya anak muda yang nampak kesulitan be
Lapor Hansip
08-11-2019 15:41

Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional

icon-verified-thread
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional

Secara tidak sadar, bahasa prokem atau slang lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tidak masalah bila ini diaplikasikan dengan teman sebaya. Namun, bila kebiasaan ini diberlakukan juga saat berkomunikasi dalam ranah formal, misalkan mengirim pesan Whatsapp kepada dosen, atasan, atau orang yang baru dikenal, pasti akan sangat kurang sopan. Banyaknya anak muda yang nampak kesulitan berbahasa formal menjadi salah satu faktor yang mendasari sosok Ivan Lanin, pria kelahiran Jakarta 44 tahun silam, mengembangkan Kateglo ─singkatan dari kamus, tesaurus, dan glosarium. Belum pernah mengenal beliau? Berikut gue perkenalkan.

Ivan Lanin

Pict source: Instagram

Ivan Lanin adalah INSPIRING PEOPLE versi gue yang membuat gue tertarik untuk menggali ragam Bahasa Indonesia yang ternyata memiliki padanan untuk istilah-istilah asing yang lebih sering digunakan dalam percakapan ataupun penulisan sehari-hari. Hal lain yang membuat gue menuliskan sosok Uda Ivan untuk MLDSPOTKONTENHUNT di event Kaskus Kreator KASKUSXMLDSPOT adalah keinginannya untuk membagikan pengetahuan mengenai Bahasa Indonesia. Padahal, beliau bukan lulusan Jurusan Sastra Indonesia. Uda Ivan merupakan alumni Teknik Kimia di Institut Teknologi Bandung lalu mengambil Magister Teknologi Informasi di Universitas Indonesia. Namun, keinginannya yang tinggi untuk tetap mempertahankan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, membuat beliau mendapatkan penghargaan Pembina Bahasa Indonesia 2016 sebagai Peneroka Bahasa Indonesia Daring dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktur Proxsis Consulting Group ini biasanya mencari padanan kata Bahasa Indonesia dengan cara mengartikan kata berbahasa Inggris terlebih dahulu, lalu mencari pola yang sesuai untuk dialihkan ke Bahasa Indonesia. Karakteristik masyarakat Indonesia biasanya lebih memilih menggunakan bahasa asing saat kesulitan mendapatkan padanan kata. Padahal, jumlah kata dalam KBBI saja masih bisa digunakan ketimbang harus diganti dengan bahasa asing.

Saat Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden No 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia, Ivan Lanin menilai bahwa ini sangat baik untuk bisa lebih mengekploitasi Bahasa Indonesia. TASTETHELOCAL ketika menerapkan Bahasa Indonesia dalam nama jalan, merek dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, organisasi, informasi di media massa, hingga pidato resmi pejabat akan lebih terasa. Baginya, menggunakan Bahasa Indonesia bukan berarti harus berbahasa dengan kaku. Kita bisa berbahasa Indonesia formal tetapi tidak kaku. Seperti yang sudah diterapkan ketika berceloteh di Twitter dan Instagram, Ivan Lanin menilai bahwa Bahasa Indonesia tetap bisa dipakai untuk bahasa ketika sedang bergurau.

Uda Ivan

Pict source: Instagram

Ivan Lanin juga mendirikan Lingua Bahasa, yaitu penyedia pelatihan keterampilan Bahasa Indonesia untuk pekerja profesional. Tidak hanya itu, beliau adalah pendiri Wikimedia Indonesia yang merupakan mitra lokal Wikimedia Foundation, pengelola Wikipedia. Luar biasa sekali dedikasinya untuk Bahasa Indonesia.

:ayoindonesia:tepuktangan


Agan dan Sista yang sedang belajar menulis artikel ataupun karya fiksi, bisa bertanya mengenai padanan kata ataupun tata cara penulisan kepada beliau. Sosoknya yang ramah ketika kita bertanya melalui mention di Twitter maupun di Instagram, membuat banyak orang respek kepadanya. Untuk gue pribadi, sosok Uda Ivan Lanin membuat gue semakin bangga berbahasa Indonesia. Karena sebagaimana kita ketahui, hanyalah Bahasa Indonesia yang berperan penting sebagai bahasa pemersatu bangsa. Kalau bukan kita yang mempertahankan bahasa sendiri, lantas siapa lagi, kan.

emoticon-Cool

Data source: 12, dan 3
Lainnya adalah opini pribadi.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
08-11-2019 20:37
ane punya satu buku karya dia yg Xenoglosofilia
Diubah oleh fauziiaraxii
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
08-11-2019 20:54
kereeennnn.... di jaman sekarang harus diperbanyak kaum muda yang fasih dengan bahasa indonesia yang baik dan benar....

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
08-11-2019 21:02
Ane follow ah
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan Rapunzel.icious memberi reputasi
2 0
2
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
08-11-2019 21:33
Dia aktif tuh di twitter, banyak tuh netizen yg ngetweet mention dia nanya penggunaan kata/aturan kalimat
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
08-11-2019 21:47
Gue orang Jawa Barat
Tapi sori sori to say
Gue gak begitu suka dengan bahasa Indo

Gegara bahasa Indonesia yang terlalu diberi porsi besar, bahasa daerah gue, bahasa sunda jadi memprihatinkan, kritis.


profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
09-11-2019 00:25
luwih bangga nganggo boso lokal
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
09-11-2019 02:00
doi orang padang ya, bisa di panggil uda Ivan
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
09-11-2019 02:29
bahasa indo yg baik dan benar emang harus digalakan gan di tengah generasi wicis dan wicas 😂😂
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
09-11-2019 08:41
Quote:Original Posted By fauziiaraxii
ane punya satu buku karya dia yg Xenoglosofilia

Hihihihihi, ane jg udah baca.

Quote:Original Posted By blunar
kereeennnn.... di jaman sekarang harus diperbanyak kaum muda yang fasih dengan bahasa indonesia yang baik dan benar....

emoticon-I Love Indonesia

Nah iya. Hohoho

Quote:Original Posted By liee
Ane follow ah

Mongooo~

Quote:Original Posted By deadlyraptor
Dia aktif tuh di twitter, banyak tuh netizen yg ngetweet mention dia nanya penggunaan kata/aturan kalimat

Termasuk ane, ane jg suka ngeRT dan mention hahaha.

Quote:Original Posted By cacarakan
Gue orang Jawa Barat
Tapi sori sori to say
Gue gak begitu suka dengan bahasa Indo

Gegara bahasa Indonesia yang terlalu diberi porsi besar, bahasa daerah gue, bahasa sunda jadi memprihatinkan, kritis.

NAH!
Gue akui hal ini bener. Gue jg orang jabar, parah sih emang habit sekarang. Banyak yang gengsi pake bahasa daerah padahal pas ngomong Indonesia, logat daerahnya nggak ilang. Paling ngenes saat ngajak ngobrol pake bahasa daerah, terus orangnya nanggapin pake bahasa Indonesia. Padahal gue tau banget kalau dia di daerahnya, ngomong pake sunda. Wkwkwkwk.

Quote:Original Posted By durexz
luwih bangga nganggo boso lokal

Yuhuuu~

Quote:Original Posted By yulfianda
doi orang padang ya, bisa di panggil uda Ivan

Begitulah sist

Quote:Original Posted By synthesizerboy
bahasa indo yg baik dan benar emang harus digalakan gan di tengah generasi wicis dan wicas 😂😂


Iyah, harus digalakan tapi jangan digalakin.
Wkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
blunar dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
15-11-2019 20:49
Quote:Original Posted By cacarakan
Gue orang Jawa Barat
Tapi sori sori to say
Gue gak begitu suka dengan bahasa Indo

Gegara bahasa Indonesia yang terlalu diberi porsi besar, bahasa daerah gue, bahasa sunda jadi memprihatinkan, kritis.


Quote:Original Posted By Rapunzel.icious


NAH!
Gue akui hal ini bener. Gue jg orang jabar, parah sih emang habit sekarang. Banyak yang gengsi pake bahasa daerah padahal pas ngomong Indonesia, logat daerahnya nggak ilang. Paling ngenes saat ngajak ngobrol pake bahasa daerah, terus orangnya nanggapin pake bahasa Indonesia. Padahal gue tau banget kalau dia di daerahnya, ngomong pake sunda. Wkwkwkwk.




gan kebetulan ane lahir dan besar di kota yang ngga ada bahasa daerahnya nih

terus kemaren ane kuliah di jawa barat dan ada temen ane asli jawa barat ngomel ngomel kenapa pendatang malah bawa "gue elu" bukannya make bahasa daerah mereka sebagai tuan rumah

ane pas denger curhatan temen ane jujur miris juga siihhh karena sayang banget kalo anak muda enggan menggunakan bahasa daerah

ane cuma takut punah aja

bahkan ane sendiri pun bela belain belajar bahasa sunda supaya bisa mingle lah sama warga sekitar gitu
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
16-11-2019 15:26
bahasa prokem (saved)
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
16-11-2019 23:32
Quote:Original Posted By blunar
gan kebetulan ane lahir dan besar di kota yang ngga ada bahasa daerahnya nih

terus kemaren ane kuliah di jawa barat dan ada temen ane asli jawa barat ngomel ngomel kenapa pendatang malah bawa "gue elu" bukannya make bahasa daerah mereka sebagai tuan rumah

ane pas denger curhatan temen ane jujur miris juga siihhh karena sayang banget kalo anak muda enggan menggunakan bahasa daerah

ane cuma takut punah aja

bahkan ane sendiri pun bela belain belajar bahasa sunda supaya bisa mingle lah sama warga sekitar gitu

Iya begitulah, anak muda nampak gengsi ngomong bahasa daerah.
Keren gan, terpikir untuk belajar. Mantap
:tepuktangan

Quote:Original Posted By muttou
bahasa prokem (saved)

Hahaha hai emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
tuffinks memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
19-11-2019 13:45
bikin satu aja nih?
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
19-11-2019 19:34
Quote:Original Posted By fauziiaraxii
ane punya satu buku karya dia yg Xenoglosofilia


Quote:Original Posted By blunar
kereeennnn.... di jaman sekarang harus diperbanyak kaum muda yang fasih dengan bahasa indonesia yang baik dan benar....

emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By liee
Ane follow ah


Quote:Original Posted By deadlyraptor
Dia aktif tuh di twitter, banyak tuh netizen yg ngetweet mention dia nanya penggunaan kata/aturan kalimat


Quote:Original Posted By cacarakan
Gue orang Jawa Barat
Tapi sori sori to say
Gue gak begitu suka dengan bahasa Indo

Gegara bahasa Indonesia yang terlalu diberi porsi besar, bahasa daerah gue, bahasa sunda jadi memprihatinkan, kritis.


Quote:Original Posted By durexz
luwih bangga nganggo boso lokal


Quote:Original Posted By yulfianda
doi orang padang ya, bisa di panggil uda Ivan


Quote:Original Posted By synthesizerboy
bahasa indo yg baik dan benar emang harus digalakan gan di tengah generasi wicis dan wicas 😂😂


Quote:Original Posted By adnanami
bikin satu aja nih?


Wah ternyata kakak banyak pengemar nya ya uakkaakka
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
20-11-2019 07:22
beh ndak di balasnya pun
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
22-11-2019 17:31
Quote:Original Posted By Rapunzel.icious
Iya begitulah, anak muda nampak gengsi ngomong bahasa daerah.
Keren gan, terpikir untuk belajar. Mantap
:tepuktangan




alhamdulillah kalo dibilang keren haha

niat ane sih ya itu, supaya masih ada yang make, sekalian biar bisa bertahan hidup dengan warga sekitar dan ada oleh-oleh lah kalo ane tuh pernah hidup di tanah padjadjaran gitu wkwkwk
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
22-11-2019 17:43
Quote:Original Posted By adnanami
bikin satu aja nih?

Satu aja. Aku kan setia

Quote:Original Posted By delia.adel
Wah ternyata kakak banyak pengemar nya ya uakkaakka

Elaaah penggemar apaaa
Quote:Original Posted By delia.adel
beh ndak di balasnya pun

Gak ada notif del. Maafkan ~
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
22-11-2019 20:40
Quote:Original Posted By delia.adel
Wah ternyata kakak banyak pengemar nya ya uakkaakka


iya kalo orang orang muda jaman sekarang kan udah jarang sis yang masih menggeluti budaya tradisional kita, jadi menurut ane wajar sih kalo digemari hehehehe
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
28-11-2019 10:06
wow makin penassaran ama latar belakang uncel, kayaknya emg well educated banget
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1 0
1
Uda Ivan, Pegiat Bahasa Indonesia yang Membuat Millenial Bangga Berbahasa Nasional
28-11-2019 14:46
Quote:Original Posted By blunar
iya kalo orang orang muda jaman sekarang kan udah jarang sis yang masih menggeluti budaya tradisional kita, jadi menurut ane wajar sih kalo digemari hehehehe


Quote:Original Posted By agungdar2494
wow makin penassaran ama latar belakang uncel, kayaknya emg well educated banget


Dia memang pintar makanya bisa ke luar negeri uakakkaakka dan banyak penggemar nya om om
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
The Lounge
stop-coli
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia