alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
204
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc373b3c8393a17b726e4ed/serikat-buruh-ump-2020-kecil-tak-bisa-dorong-produktivitas-buruh
"Kenaikan (UMP) yang kecil tersebut tidak dapat mendorong tingkat produktivitas dan kompetensi para buruh atau pekerja," kata humas KSBSI Andy William Sinaga, seperti dilansir Antara, Rabu (6/11/2019).
Lapor Hansip
07-11-2019 08:30

Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh

Past Hot Thread
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh

Quote:KBR, Jakarta- Pemerintah telah menetapkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2020 sebesar 8,51 persen.

Namun, menurut Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), persentase kenaikan itu tidak bisa memperbaiki kualitas kehidupan buruh.

"Kenaikan (UMP) yang kecil tersebut tidak dapat mendorong tingkat produktivitas dan kompetensi para buruh atau pekerja," kata humas KSBSI Andy William Sinaga, seperti dilansir Antara, Rabu (6/11/2019).

Andy menyebut kenaikan UMP 8,51 persen itu tidak bisa memenuhi kebutuhan buruh akan pendidikan, transportasi, hiburan, dan menabung. Kenaikan sebesar itu juga dinilai tidak berarti karena tak bisa mengimbangi kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok.

"Apalagi tahun depan buruh dihadapkan dengan kenaikan iuran BPJS, kenaikan tarif dasar listrik, dan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dikarenakan fluktuasi harga minyak dunia," katanya.


Serikat Buruh Minta Kebijakan Tambahan

KSBSI meminta pemerintah membuat kebijakan tambahan untuk meningkatkan pendapatan buruh.

"Bisa saja para buruh yang terdaftar di kantor kementerian atau dinas ketenagakerjaan mendapatkan bantuan dana, atau mendukung pendirian koperasi pekerja di setiap perusahaan, di mana buruh bisa membeli kebutuhan hidup sehari-hari dengan harga terjangkau," usul Andy.

"Apabila tidak ada skenario alternatif pemerintah dalam mem-back up kenaikan upah yang kecil, mustahil penghidupan dan pekerjaan layak para buruh dapat tercapai," kata Andy.


Dasar Penghitungan UMP

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan penghitungan UMP 2020 dilakukan berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Penghitungan itu dikerjakan BPS atas permintaan Menteri Ketenagakerjaan sebelumnya, Hanif Dhakiri. Penetapan angka itu berdasarkan hitungan matematis. Suhariyanto mengakui, hitungan itu pasti kurang sempurna. Karena itu BPS mengharapkan, pihak perusahaan dan buruh bisa menerima keputusan pemerintah soal kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020.


https://kbr.id/nasional/11-2019/seri...uh/101244.html

Kecil?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 8 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 11
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 15:23
Selama masih tiap tahun bisa naik, seharusnya bersyukur...

Karena kalo keinginan pribadi diturutin, gaji gak ada cukupnya.

Gak punya motor, pengen beli motor. Udah beli motor, pengen punya mobil. Udah naik LCGC pengen ganti Avanza. Udah kredit Avanza, pengen naik Fortuner.

Padahal seharusnya dia cukup beli motor dan kredit rumah, memang motor gak bikin gengsi, tapi seenggaknya kebutuhan hidup sandang pangan papan dan transportasi udah terpenuhi.
profile-picture
profile-picture
dimasganteng107 dan kurapbadak memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 15:28
ya lumayan lah klo UMP sebelumnya udah 10jt mah yak emoticon-Wakaka
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 15:42
Demo buat outsourching mana nih kok gak ada emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 16:45
Quote:Original Posted By makantidurberak
no offense, kenapa si serikat buruh dari dulu fokusnya ke umr/ump terus, maksud ane kan kenyataannya naik upah itu juga biaya hidup di sekitar kawasan industri jadi gila" an jadi gimana ya....

kenapa ga solusi jangka panjang buat kesejahteraan buruh, kelola iuran anggota bikin unit usaha gitu kerjasama sama industri tempat mrk kerja, misal ngajuin buka dealer motor ke pabrik motor atau apalah, ya kali posisi buruh juga jadi punya nilai lebih di mata perusahaan
btw ane juga mantan buruh pernah ngerasain gaji 650rebu yg kalo mau makan daging belinya pecel kepala ayam


Iuran buruh ga dikembalikan ke buruh

Tapi untuk kepentingan pimpinannya
Liat saja rumah bos buruh seperti istanaemoticon-Big Grin
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 17:23
bingung itu produktivitas knp standarnya hrs dr gaji mulu dah, emg gaji berperan besar tp apakah iya produktivitas bakal naik signifikan?? hmmm
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 17:29
lha njaluke piro to lurrd????
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 17:30
Ga usah kerja goblok mending out kalau lu olang bilang itu gaji kecil.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan adolfsbasthian memberi reputasi
2 0
2
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 17:36
Padahal masih banyak yang nganggur... Bukannya bersyukur...
emoticon-Cape d...
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 19:35
Emank udh paling bener invest mesin emoticon-Wakaka
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 23:28
buruh nuntut naik otomotasi naik juga harga barang yg diproduksi pabrik, yang berdampak ke kenaikan pangan dkk. jadi tuntutan kenaikan gaji tetep bakal terjadi terus menerus itu sih menurut analisa gembel ane aja wkwkwk
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
09-11-2019 10:47
Balasan post ssdestroyer
ya betul banget gan , setuju

mungkin mereka gaya hidup nya tinggi , buat bisa tampil mewah di status whatsapp wkwkkw

mereka belum kenal bos facebook kayak nya
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
09-11-2019 11:24
Balasan post ovo.strike
bener banget gan , indo sdm nya gak kompeten tapi banyak gaya , otomatisasi mulai kecium , kasian cicilan cbr nya
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
09-11-2019 11:26
Balasan post shu_suiko
@aaaa1 wakwakwkakwkaw , gaya hidup tinggi tapi skill rendah ( indo )
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
09-11-2019 11:32
Balasan post roberthw
Quote:Original Posted By roberthw
Selama masih tiap tahun bisa naik, seharusnya bersyukur...

Karena kalo keinginan pribadi diturutin, gaji gak ada cukupnya.

Gak punya motor, pengen beli motor. Udah beli motor, pengen punya mobil. Udah naik LCGC pengen ganti Avanza. Udah kredit Avanza, pengen naik Fortuner.

Padahal seharusnya dia cukup beli motor dan kredit rumah, memang motor gak bikin gengsi, tapi seenggaknya kebutuhan hidup sandang pangan papan dan transportasi udah terpenuhi.


semua karna gengsi wkkw
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
09-11-2019 15:49
mungkin perlu dievaluasi lg nih ump nyaaa... threadnya bagus nih... informatif sekaliii... sukakkk ane kaya gini... penuh informasi... dan keren... jd bacaan2 buat ngisi waktu... ditunggu thread lainnyaaaaa... mantep2 emang gannnn... gas2 nulissnyaaa..
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
09-11-2019 16:06
Balasan post shu_suiko
@Ikhsan.Setiawan hehehe,, iya benar apa-apa serba naik
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
09-11-2019 16:06
Balasan post shu_suiko
@OperDongkraks siapa yang mau bergerak gitu saja sih
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
09-11-2019 16:07
benerin dulu gaya hidup
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
09-11-2019 16:09
Balasan post shu_suiko
@Abel37 saya juga setuju, karena saya buruh hehe
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
10-11-2019 19:14
wahhh ini nihhh... nice.. informasi yang bagus nih buat dibacaaa... nice bangettt... threadnyaaa kerennn... boleh nih sering2 bagi2 thread kaya gini... keren abissss... ditunggu yes gan thread2 lainnya...
0 0
0
Halaman 10 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.