alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
375
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc0c5927e3a7210ee5e321f/manga-dan-manhua-jadul-favoritku-dulu-favoritmu-mana
Anime adalah istilah dari bahasa Jepang yang berarti kartun. Manga adalah komik dalam bahasa Jepangnya. Manhua adalah istilah bagi komik terbitan dari Hongkok Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tak bergerak yang disusun sehingga membentuk jalinan cerita.
Lapor Hansip
05-11-2019 07:42

Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?

Past Hot Thread
wall


Jaman dulu, aku hanya tahu satu istilah untuk cerita bergambar yaitu komik. Tidak tahu setelah jaman berubah adalah istilah anime, manga atau manhua segala.

jagat alit


Bagiku sebenernya sih sama saja. Cerita yang ada ilustrasi atau gambarnya ya tetep komik itu.

Tapi supaya pengetahuan kita lebih maju ndak stagnan, tidak ada salahnya jika pengertian sederhana ini ikut berkembang sesuai jaman.

Yuk, bersama digali lebih dalam. Barangkali ada yang lebih paham, silakan memberi masukan, tambahan atau malah membenarkan kesalahan yang aku lakukan ini.


Menurut mbah Wikipedia inilah pengertian dari masing-masing istilah itu.

Anime adalah istilah dari bahasa Jepang yang berarti kartun.

Manga adalah komik dalam bahasa Jepangnya.

Manhua adalah istilah bagi komik terbitan dari Hongkok

Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tak bergerak yang disusun sehingga membentuk jalinan cerita.

Komik atau comic sebenarnya sebuah karya humor, namun mengikuti perkembangan banyak komik lahir berupa kisah non humor.

Nah, kalau ngikuti istilah yang bener malah MBULET kan.
Padahal dari awal trit ini cuma buat ngangkat cerita bergambar, mau pakai istilah komik monggo, anime silahkan, atau manhua jugamanga saja.

Sebab kalau pakai istilah manga tiba-tiba aku menjadi kenyang.

Baeklah tidak berpanjang angan inilah manga atau manhua yang dipakai.
( disepakati aja ) yang jadi santapan rohani jaman aku masih imut dulu.



Sebelum ngelantur lebih jauh, aku kulik sampai di sini saja ya. Nanti, jika ada kesempatan bisalah dikuliti ulang.

Dalam trit kali ini aku mau tampilin komik favoritku, komik silat jadul, sesuai passion-kulah.

Siapa tahu ada yang pernah baca ini, sehingga kita bisa bernostalgia bersama.

Akoooorrrrr


1. Tapak Sakti

tapak

Manhua dari Hongkong yang berisi cerita silat yang ini wah joss gandos mbledos. Gambar dan warnanya keren.

Tapak Sakti atau Budha Palm's yang dibuat oleh Tony Wong mengangkat cerita penulis cerita silat legendaris Gu Long atau Khu Lung yang berjudul Shuangjio atau Dua Jagoan.

Dua saudara kembar yang terpisah dan pernah bermusuhan yaitu antara Samsun dan Devilito, namun pusat tokoh ada pada paman mereka yaitu tokoh tampan yang bernama Sembilan Benua yang akhirnya menguasai ilmu Tapak Sakti Level 10 tertinggi Kembali Ke Kebenaran untuk menghadapi lawan-lawannya dan meramaikan kisah kasih petualangannya yang seru dan romantis.
Kisah Cinta Sembilan Benua dengan Shui Lan dan kemudian Ling.

Tokoh lainnya adalah Swara Hning, Balung Prakasa dan lain-lain.

Musuhnya banyak sekali ada Putera Api, musuh dari Kuil Langit dan masih banyak lagi. Yang paling kuat adalah Sari yang menguasi Tapak Sakti IX.

Kisah Tapak Sakti ini ada 100 jilid dan bersambung ke Tapak Sakti Legend Continues.

Manhua ini pernah aku koleksi dengan jumlah jilid yang tidak utuh.

2. Crazy Guy


crazy


Kisah seorang pendekar sakti yang mempunyai tendangan maut meski sebelumnya kakinya pernah putus dalam satu pertempuran.

Pendekar tampan sebagai polisi kerajaan bertugas mencari pedang kerajaan yang hilang. Sayang ia dikhianati sendiri oleh rajanya Pu Yi.

Playboy berdandan nyentrik ini adalah tokoh yang kocak habis. Yang paling asyik dilihat, saat adegan kocak itu muncul, ilustrasi jadi aneh dan ajib geli banget ngelihatnya.

CG mempunyai teman bernama Wongkau dan Butong.

Bahu membahu menghadapi musuh yang banyak terutama Seik Hai si Raja Golok dan Adipati Huang Pu si Raja Pedang.

Manhua ini hanya ada 34 jilid saja.

Manhua silat komedi yang asyik dan kocak. Jadi kangen deh, mau baca lagiemoticon-Mewekemoticon-Mewek


3. Tiga Pendekar


3


Judul asli dari komik karya Fung Chi Ming ini adalah Dagger, Sword, Laugh. Manhua ini menceritakan petualangan3 orang pendekar yang dijuluki 3 perampok bijak yaitu Han To si raja golok, Beng Kiam si jagoan pedang, dan Sam Sui si tangan kosong.


Sayang aku cuma dapat 5 jilid saja, itu pun ngacak serinya.

Sudah aku ubek-ubek gudang ingatanku, cerita ini malah nggak muncul juga, tapi manga ini sebenarnya keren banget.

Tiga pendekar ini malah aku lebih inget ama kisah Raja Pedangnya Kho Ping Ho dan Raja Goloknya si Thio Bu Ki, To Liong Toemoticon-Cape deeehhcdemoticon-Cape d...





4. Tiger Wong



tiger



Manhua karya Tony Wong ini mengisahkan petualangan beberapa orang anak muda jago silat dalam melawan mafia dan organisasi kejahatan lainnya. Jagoannya bernama Tiger Wong yang mempunyai ilmu Sembilan Matahari dan kakaknya yang bernama Dragon Wong menguasai jurus Perisai Genta Emas.

Melawan Kelompok Merah pimpinan Guardian yang menguasai Lautan dan Kelompok Hitam penguasa Daratan pimpinan Supreme yang merupaka mafia Narkotik.

Manhua terpanjang sampai 1500 jilid.
Setelah dalam versi barunya Long Hu Men.

Sayang aku belum habis membacanyaemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek


5. Sintaro


sintaro


Ini manga dipinjemin temen, dan aku lahap sampai habis. Mengangkat kisah tentang Sintarosi tampan nan perkasa yang mempunyai jurus dahsyat Tinju Bintang Utara versi lain Kenshiro. Adegan yang melahirkan perkelahian berdarah-darah menampilkan tubuh yang berotot liat.

Laga di mana Yang Kuat Adalah Yang Menang
ia terjebak dalam pertempuran yang dahsyat setelah Bumi hancur akibat perang nuklir.
Petualangan menyelamatkan kekasihnya Yuria, melahirkan petualangan yang hampir membawanya kepada kematian akibat pengkhianatan sang teman.

Meski hanya 27 jilid. Namun manga ini mengasyikan. Sampai tidak sabar menunggu minjem komik ama temen ini.

Saking serunya kalau dibaca langsung paling cuma seharian aja habis.

6. City Hunter


city


Manga karya Tsukasa Hojo ini memunculkan karakter seorang detective swasta bekas sweeperbernama Ryo Saeba, ditemani seorang sekretaris cantik bernama Kaori, adik dari patner lamanya yang meninggal.

Ryo mempunyai sifat playboy dan mata keranjang sering dihajar Kaori apabila tingkahnya kelewat batas, tanpa disadari bahwa keduanya saling menyayangi.

Ryo adalah detektiv jago berkelahi dan bermain senjata api. Namun sifatnya konyol dan mata keranjang membuat komik ini menjadi komik aksi dan komedi yang gokil banget.

Ilustrasi yang selalu jadi kenangan adalah saat Roy ketemu cewek seksi, padahal semua klien hampir semua cewek. Apalagi polisi cewek super seksi yang ia suka.

Kalau lagi kumat, ilustrasinya jadi aneh dan kocak, matanya melotot, mulutnya kebuka ngiler, bagian bawah celana ( maaf ) NUTT menonjol, belum lagi kalau ketahuan ama si Kaori lagi modusin cewek. Ia akan dipukul dengan palu kayu seberat 1000 kilo hingga rata dengan tanah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Yang paling aneh dan gile banget... ketika si NUTT ngelihat cewek cantik di kereta, itu si NUTT kejepit pintu kereta emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Kalo nggak percaya cari deh manga ini. Pasti dijamin mbacanya ketawa sambil guling-guling.


7. Kungfu Boy



kungfu
ilutrasi dari pinterest


Nah, yang ini ada dua versi yang pernah aku baca. Tokohnya namanya Takken Chinmi.Karangan dari Takeshi Maekawa.

Versi Kungfu aslinya juga ada yang versi sebagai Petinju.

Petualangan Chinmi yang seru dan mengasyikan, meski manga serius tapi sayang dilewatkan bersetting negeri China, Chinmi yang belajar kungfu di Kuil Dairin. Gurunya adalah Guru Yosen yang mengajarkan jurus terlarang dan terkuat yaitu Segel Dewa Petir kepada Chinmi untuk mengalahkan Oudow murid Kuil Dairin yang berkianat.


Petualangan yang paling seru adalah ketika Chinmei harus mengalahkan pembunuh kaisar yang ternyata adalah sahabatnya sendiri Shie Fan.

Membaca manga ini, seakan kita diajak terus belajar dari pengalaman atau kekalahan atau kesalahan sebelumnya.
Mempelajari setiap detil dan akhirnya menguasi jurus itu.

Nah, manhua atau manga mana yang pernah AganSista baca?
Apa belum pernah sama sekali karena jadulnya ya?

Maaf, aku emang produk jaman ORLa makanya apa pun ya pernah dilakukan yang lama en jadul juga.

Yo wis... bye-bye

Pagi Semangat

JAGAT ALIT



profile-picture
profile-picture
profile-picture
goroseiblack dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Halaman 19 dari 19
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
Lapor Hansip
08-11-2019 16:49
Balasan post roberthw
iya kaan!! wkwkwkw kenangannya itu pas baca, excited2nyaaa
0 0
0
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
08-11-2019 23:00
Quote:Original Posted By kakekane.cell
Yang paling epik sih waktu lawan JENDRAL BOROU... emoticon-Embarrassment


HOOH SERU BGT gile.. tp ane lupa lupa inget.. kalo yang bagian dia sembunyi di gubug pinggir tebing itu pas apa ya? yang terus turun ke sungai di bawah tebing gt. harus baca ulang nih kayanya wkwkwk
0 0
0
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
08-11-2019 23:15
Quote:Original Posted By kudanil.la
@roberthw iyaaa gann sampe skrg msh ada, cuma kangen ajaa memori jaman dl nungguin tiap kamis pagi trs baca semangat bgtt pas pulang sekolah wkwkw, dan bnr sih kt org2 emg beda isinyaa sm jaman dulu


Hahahaw... beda sekali yaemoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
08-11-2019 23:16
Quote:Original Posted By japarina
HOOH SERU BGT gile.. tp ane lupa lupa inget.. kalo yang bagian dia sembunyi di gubug pinggir tebing itu pas apa ya? yang terus turun ke sungai di bawah tebing gt. harus baca ulang nih kayanya wkwkwk


Aku malah blank, semua ceritanyaemoticon-Malumaluemoticon-Cape deeehhcd
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
08-11-2019 23:16
Quote:Original Posted By 64-
tapak sakti keren gan 😍


Quote:Original Posted By kudanil.la
iya kaan!! wkwkwkw kenangannya itu pas baca, excited2nyaaa


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
08-11-2019 23:17
Quote:Original Posted By roberthw
Ya ane hapalnya di era 90-an soalnya waktu itu udah mulai hobi baca komik tapi mau beli mesti ngirit duit jajan, makanya ane lumayan hapal harga2 komik di pasaran.

Kalo harga komik Donal yang masih ratusan perak itu ane belum ngalami masanya, tapi ane tau dari koleksi punya om ane yg disimpan di gudang rumah dulunya, malah ada majalah Kawanku yg dulunya majalah anak2, bukan majalah remaja putri.


Yap benar itu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
08-11-2019 23:18
Quote:Original Posted By roberthw
Kalo dulu saya waktu kecil di rumah langganan majalah Ananda. Zaman SD waktu itu juga heboh rebutan baca tabloid Fantasi sama temen2 soalnya lebih sering bahas film Power Rangers / Satria Baja Hitam / Saint Seiya. Trus pas SMP sempet juga baca majalah Mentari, yg saya inget ada cergamnya Gumelar.


Wah lemgkap juga refernsinya. Keren
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
09-11-2019 10:53
ada 3 jenis bro ga cuman 2.. sama ketambahan manhwa yang khas dari korea
0 0
0
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
09-11-2019 10:54
Quote:Original Posted By 64-
tapak sakti keren gan 😍


Quote:Original Posted By kudanil.la
iya kaan!! wkwkwkw kenangannya itu pas baca, excited2nyaaa


Pasti. Kenangan yang keren saja. Kalo sedih lupakan.emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0 0
0
Lihat 1 balasan
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
09-11-2019 10:55
Quote:Original Posted By goroseiblack
ada 3 jenis bro ga cuman 2.. sama ketambahan manhwa yang khas dari korea


Berarti aku kurang lemgkap. Yang korea tak tersentuh, maafkenemoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
0 0
0
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
09-11-2019 10:59
tapi manhua yang sekarang terutama yg martial arts bagus bagus parah.. kaya :
1. soul land (douluo dalu) serie 1 2 3 4
2. battle through heaven
3. apotheosis
4. star martial god technique
5. tales of demon and god
6. spirit sword sovereign
7. rebirth of the urban immortal cultivator
8. Shen yin wan zuo
rata rata udah 100++
mungkin ada yang mau nambahin? biar ane juga tau bacaan yg lain yg genre sama + chapternya uda 100 plus plus
Diubah oleh goroseiblack
0 0
0
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
09-11-2019 22:50
kung fu boy
0 0
0
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
10-11-2019 09:12
Cuma 1 yang tau taunya City Hunter doang itupun gak baca emoticon-thumbsup
0 0
0
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
Lapor Hansip
10-11-2019 20:04
Balasan post ndutsetiawan
wahhh kl itu mah kudu bgt dilupain gaan wkwkw
0 0
0
Manga dan Manhua Jadul Favoritku Dulu, Favoritmu Mana?
Lapor Hansip
10-11-2019 20:18
Balasan post ndutsetiawan
belom pernnahh baca sih gan kalo yg skrg, tp kt org2 emang bedaa
0 0
0
Halaman 19 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.