susej.lolot
TS
susej.lolot
Penumpang Transjakarta Naik 200 Persen, Jakarta Raih Penghargaan Internasional


INFO NASIONAL — Kabar gembira datang dari Fortaleza, Brazil pada Juni 2019 lalu. Jakarta mendapatkan penghargaan “Honorable Mention” pada ajang Sustainable Transport Award (STA) 2020. Anugerah tersebut diraih karena Jakarta dinilai berhasil mengembangkan sistem Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta serta sukses meningkatkan jumlah penumpang hingga 200 persen dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Pemberian penghargaan akan berlangsung di Transport Research Board Annual Meeting di Washington DC, pada Januari 2020. Ajang STA memberikan apresiasi kepada kota-kota di dunia yang mengimplementasikan strategi inovatif pada transportasi perkotaan berkelanjutan. Visi, konsep, dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite yang terdiri Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dan lain-lain.

"Anugerah Transportasi Berkelanjutan menunjukkan kemauan politik bahwa (pemerintah) kota menempatkan solusi jitu guna memperbaiki lingkungan kota,” kata Aimee Ganthier dari Komite Sustainable Transport Award 2020.

Dalam ajang kali ini, Jakarta langsung masuk dalam nominasi bersama 12 kota seperti Richmod (Amerika Serikat), San Jose (Costa Rica), Kingston (Kanada), Bogota (Kolombia), dan lain-lain. Selanjutnya, Jakarta masuk tahap semi final dan akhirnya meraih posisi tiga besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda).


ITDP menyatakan Jakarta dinilai berhasil mengintegrasikan sistem BRT dengan layanan mikrobus (angkot) dan sistem metro pertama yang memberikan tambahan opsi moda angkutan umum. Jakarta juga sukses meningkatkan fasilitas dan akses pejalan kaki menuju stasiun dan halte angkutan umum serta menciptakan hub-hub untuk mengintegrasikan pelbagai moda.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan bahwa prestasi tersebut merupakan pengakuan dunia bahwa Jakarta berada di jalur yang benar untuk mengatasi tantangan kronis. "Keseriusan kita semua mendapatkan pengakuan dari lembaga kredibel tingkat dunia. Ini bukan lewat banyak-banyakan voting di sosmed, tapi pengakuan ini didapat dari ajang Sustainable Transport Award," ujarnya. (*)

DKI Dapat Penghargaan Internasional

tinggal tunggu integrasi transportasi massalnya aja .. udah dibahas sama menteri erik tohir.
lubizerssebelahblog4iinch
4iinch dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.4K
60
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.