News
Batal
KATEGORI
link has been copied
375
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc386c78d9b1779d52ef2bf/anies-baswedan-gagal-paham-fungsi-atap-jpo
Rabu (6/11/2019) siang, jagat media sosial dihebohkan dengan hilangnya atap salah satu jembatan penyeberangan orang di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. JPO itu persisnya berada di antara Menara Astra, Gedung Bumiputera, Gedung Sudirman Plaza/Indofood Tower, dan Wisma Nugra Santana.
Lapor Hansip
07-11-2019 09:51

Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO

Past Hot Thread
07 November 2019

Quote:Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO

Pemprov DKI bilang atap JPO dicopot agar masyarakat bisa swafoto. Tapi ini aneh mengingat fungsi atap untuk menahan dari panas dan hujan.


Quote:Rabu (6/11/2019) siang, jagat media sosial dihebohkan dengan hilangnya atap salah satu jembatan penyeberangan orang di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. JPO itu persisnya berada di antara Menara Astra, Gedung Bumiputera, Gedung Sudirman Plaza/Indofood Tower, dan Wisma Nugra Santana.

Hanya JPO itu yang 'plontos'. JPO sebelum dan sesudahnya masih beratap.

Dinda Denita (23), salah satu pekerja yang kantornya tak jauh dari lokasi, merasa "aneh" dengan keadaan JPO tersebut. "Kalau menyeberang terus enggak ada atapnya, kalau kepanasan atau kehujanan, bagaimana?" katanya kepada reporter Tirto.

Dinda sempat mencari tahu perkara ini di internet. Dia lantas menemukan alasan "agar orang bisa melihat pemandangan." Tapi rasa heran Dinda tidak hilang.

"Pemandangan apa maksudnya? Mobil-mobil yang berderet dan macet? Itu katanya mengikuti Hong Kong dan negara lain, tapi, kan, di sana cuacanya enggak separah ini."

Agar Masyarakat Bisa Swafoto

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan tak hanya JPO itu yang atapnya dicopot. JPO yang ada di Jalan Sudirman-Thamrin memang akan dikonsep beratap terbuka.

Tujuannya seperti yang Dinda bilang tadi: agar yang menyeberang bisa melihat pemandangan.

"Jadi terbuka itu bisa melihat view dari Thamrin-Sudirman, trotoar yang sudah besar, lebar, dan bagus. Kemudian view ke gedung-gedung tinggi, menambahkan suasana dan pengalaman lain," katanya saat dihubungi Rabu siang.

Pencopotan atap JPO juga bertujuan agar masyarakat bisa swafoto dengan pemandangan itu.

"Pengalaman lain lagi nih. Selain untuk pejalan kaki, juga untuk swafoto, ber-selfie ria. Instagrammable-lah," katanya.

Hari menjawab kritik yang mengatakan atap JPO dicopot hanya akan merugikan pejalan kaki karena rentan kehujanan dan kepanasan. Menurutnya, JPO-JPO tersebut memang didesain menyatu dengan trotoar yang tak beratap.

"Jadi fungsi JPO itu adalah bangunan pelengkap jalan yang menghubungkan dari trotoar ke trotoar. Yang dikhawatirkan orang-orang, kan, kehujanan dan kepanasan. Lah, kan, trotoar kita memang sudah terbuka? Kalau kehujanan otomatis orang enggak menyeberang dong? Wong hujan," kata Hari.

"Kecuali kalau trotoar ditutup semuanya. Nah, JPO-nya terbuka itu baru aneh. Trotoar tertutup, kok, JPO terbuka. Ya kehujanan. Ini kan trotoar terbuka semua."

Menurutnya pencopotan atap hanya berlaku pada JPO yang tak menyatu dengan halte Trans Jakarta.

"Konsep kedua, kalau memang dari awal tertutup seperti sebelahnya (JPO setelahnya yang terhubung dengan halte Trans Jakarta), menghubungkan ke halte, itu tetap kanopinya ditutup, bukan dibuka. Mosok orang mau naik TJ basah kuyup?"

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menginstruksikan kepada Hari agar seluruh JPO dicopot atapnya. Itu ia katakan saat rapat dengan para kepala dinas, 23 Oktober silam.

"Saya sudah minta bapak kepala dinas, nanti bapak ulangi. Ini semua penyeberangan-penyeberangan yang ada di sini, di sisi sini, kan ada JPO-JPO, pak, atapnya dicopot, pak. Jadi tanpa atap. Tidak usah pakai atap. Karena memang dari tempat panas ke tempat panas lagi," katanya saat rapat.

Ucapan Hari mengenai swafoto juga dibenarkan oleh Anies dalam rapat tersebut.

"Itu tempat selfie paling sering pak nanti. Karena pemandangan gedung di malam hari, bagus sekali. Sore, siang. Jadi atapnya copot, itu langsung jadi space terbuka. Ini tidak perlu pakai kerumitan, tinggal copot atap saja," lanjutnya.

"Tapi JPO kita itu atapnya ada, supaya tidak kena hujan dan panas. Itu benar bila dari indoor ke indoor. Tapi kalau dia dari ruang terbuka ke ruang terbuka, sebetulnya tidak perlu ada penutup."

Alternatif

Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan sangat tidak tepat atap JPO dicopot dengan alasan pengguna bisa leluasa melihat pemandangan.

"Bukan tidak tepat, tapi sangat tidak tepat [copot atap JPO]," kata Gembong, Rabu siang.

Gembong mengatakan Anies dan jajaran pemprov gagal paham karena bila tujuan Pemprov DKI melepas atap JPO ini untuk melihat keindahan Jakarta, semestinya itu dilakukan dengan cara membangun atap JPO yang terbuat dari bahan transparan.

Keputusan Dinas Bina Marga melepas JPO itu juga dinilai tidak memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki. Mereka akan kepanasan kalau panas, dan kehujanan bila hujan. "Padahal tugas kita adalah memberikan kenyamanan bagi pengguna."

Siska Oktami (27), salah satu pekerja di Gedung AIA Central Sudirman yang kebetulan siang itu melewati JPO, mengatakan jika memang tujuannya adalah memanjakan mata pengguna, maka caranya bukan dengan mencopot atap, tapi memasang pembatas di kanan dan kiri JPO yang lebih rendah.

"Jangan terlalu tinggi," katanya, lalu mengatakan jika ini diteruskan dan hujan tiba, "turun tangga, kehalangan, bisa-bisa kepleset."
TKP


"Pengalaman lain lagi nih. Selain untuk pejalan kaki, juga untuk swafoto, ber-selfie ria. Instagrammable-lah," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI.


Instagrammableemoticon-Motret

#REemoticon-coffee
Diubah oleh nadaramadhan20
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jembloengjava dan 25 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Halaman 13 dari 19
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:34
Quote:Original Posted By lenasigalak
pemandangan apa coba yang mau dilihat emoticon-Ngakak lampu gedung gitu ! emoticon-Ngakak


hahahhaha.....
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:34
ganti nama aja jadi JPI jembatan penyeberangan ig-able
profile-picture
sisitmae memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:35
menginspirasi sekali
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:35
Ga peduli..mau instagram kek..mau panas kek
Yang penting
Waktu nyopot atap keluar anggaran
Ntar pas disorot suruh pasang lagi ya keluar anggaran lagi

JLC #JakartaLawakClub
profile-picture
makola memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:37
Atap paling mung piro nis nis, mbok tak boronge sini. Mosok atap aja sampe dipangkas, kebangeten
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:39
emang fungsi utama JPO apaan sih?
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:41
Wan abud satu ini lucu kalo lagi serius, mungkin serius pas mau ngelucu..Fungsional diabaikan..JPO ada di kawasan perkantoran, notabene 8 jam waktu normal kerja dilalui siang hari..Kecuali ente mahluk kerja kalong, nah baru dah tuh lewat tuh JPO kali ya..Lagian selfie di jembatan halangin orang lewat pan..Gimana cara mikirnye ye
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:43
Bego bener
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:45
Quote:Original Posted By uray24
Ga peduli..mau instagram kek..mau panas kek
Yang penting
Waktu nyopot atap keluar anggaran
Ntar pas disorot suruh pasang lagi ya keluar anggaran lagi

JLC #JakartaLawakClub


Ente cerdaz emoticon-2 Jempol
emoticon-2 Jempol
profile-picture
uray24 memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:45
....ini beneran kaga ada alasan yang lebih fungsional selaen 'instagramabble'?
Eh kan jaman now nilai jual dan estetika lebih mahal dari nilai fungsi.
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:50
yang penting se-iman. mau ngerjain apapun pasti benar. emoticon-Wakaka
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:51
Apasih yang dia paham selama ini emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
mingming memberi reputasi
1 0
1
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:53
gw masih paham lah alasannya kalo karena trotoar ga pake atap.. toh emg sama aja kan kalo panas ya turun dr jpo juga ttp kepanasan di trotoar..masih masuk di akal

yg bleguk itu pake alasan instagrammable buat selfie, buat liat pemandangan, lha ini jpo dibikin buat liat pemandangan apa gimana? dikira kayak kebon binatang kali org2 yg nyebrang pengen nontonin mobil2 lewat.. soal foto juga kalo orgnya emg hobi foto pasti bisa aja nemu angle yg bagus, mereka ga perlu dibawa2 jd alasan buat dicopotnya atap.

drpd cuma nyabut atap jpo mending banyakin pelican crossing sekalian biar ga usah pake2 jembatan lagi..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:53
Inilah contoh orang yang otak kgk di pakai dengan benar, kebanyakan makan lem aibon.....jadi B*G* emoticon-Lempar Bata
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:56
Motto nya "Biar kepanasan keujanan yg penting eksis" kayaknya emoticon-Ngakak

Ntar di JPO jadi rame krn orang mau nyebrang/lewat harus rebutan jalan sama yg mau selfie emoticon-Ngakak
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 11:59
Quote:Original Posted By mewtwo68d
Yg penting proyek....
Di singapore, bangkok, kuala lumpur pake atap kok disini malah copot atap..


salah tempat studi banding mungkin, mlh ke hongkong atau jepang yg iklimnya beda
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 12:00
Uang buat bikin atap ditilep
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 12:00
Quote:Original Posted By deadpo0l
gw masih paham lah alasannya kalo karena trotoar ga pake atap.. toh emg sama aja kan kalo panas ya turun dr jpo juga ttp kepanasan di trotoar..masih masuk di akal

yg bleguk itu pake alasan instagrammable buat selfie, buat liat pemandangan, lha ini jpo dibikin buat liat pemandangan apa gimana? dikira kayak kebon binatang kali org2 yg nyebrang pengen nontonin mobil2 lewat.. soal foto juga kalo orgnya emg hobi foto pasti bisa aja nemu angle yg bagus, mereka ga perlu dibawa2 jd alasan buat dicopotnya atap.

drpd cuma nyabut atap jpo mending banyakin pelican crossing sekalian biar ga usah pake2 jembatan lagi..


masih lebih panas diatas jpo daripada di trotoar gan. cobain deh
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 12:05
Yg penting cekrek cekrek biar warganya seneng, mo hujan mo panas "suka suka gue bangsad"


emoticon-Wakaka
0 0
0
Anies Baswedan Gagal Paham Fungsi Atap JPO
08-11-2019 12:05
besok2 JPO gk ada tangganya...gk ada atapnya..
0 0
0
Halaman 13 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia