mbakendut
TS
mbakendut
KKN-PPL Diary
Curahan Hati Mahasiswa KKN




Sebelum masuk ke inti, aku selalu pelaku sesi curhat di threadini ingin mengucapkan selamat datang buat pembaca yang budiman.

Terima kasih buat kalian yang udah mau baca thread berisi pengalaman sekaligus curhatanku dalam menjalani salah satu proses penyelesaian studi yang memakan waktu lama.

Kalo boleh jujur, suka dan duka dalam menjalani KKN-PPL kali ini seimbang dan itu membuat aku kadang merasa miris. Aku terjebak dalam keadaan yang harus menguatkan mental untuk berpikir bahwa aku harus bisa.

Kenapa? Aku bisa kuliah karena suatu takdir dan proses yang maha berat. Masak hanya karena satu masalah langsung menyerah di tengah jalan?

Nyatanya, memang tidak segampang itu. Entah mentalku yang bermasalah atau memang keadaan yang menuntut diri ini mengalami hal kurang mengenakkan ini.

Namun, di balik duka pasti ada suka. Aku juga berada di suatu momen di mana ternyata banyak siswa tempatku PPL yang sayang. Suatu hal yang menjadi penguat batin melalui KKN-PPL ini selama 3 bulan.

Ya, seperti yang aku katakan di awal thread bahwa KKN-PPL kali ini layaknya gado-gado, ada asam dan manisnya. Kadang juga pahit sekali hingga rasanya pengen menceburkan diri ke pantai dan menghilang sejenak dari dunia.

Mungkin emang terdengar berlebihan, tetapi hidup memang seperti itu. Aku dipaksa untuk hadir ke dunia yang kadang gelap dan kadang hitam. Rasanya ya gitu, terombang-ambing. Tinggal menunggu kapan semuanya 'kan berakhir.

Melalui thread ini juga, aku bakal menceritakan apa saja program kerja yang kulakukan dan teman-teman kelompok lakukan. Ya, nggak bakal melulu soal tekanan yang kudapatkan di sini alias dukanya, tetapi sukanya juga.

And honestly, aku suka ngajar meski siswa-siswa di sekolah tempat ngajar itu banyak yang suka bertingkah barbar dan doyan main tik-tok. Seperti yang aku bilang di atas bahwa melihat mereka ngerti dan antusias pas aku ngajar adalah salah satu penguat batin terampuh selama menjalani kegiatan yang cukup menguras finansial dan mental ini.



Jika ditanya lebih suka di sekolah atau di posko, maka aku bakal jawab enakan di sekolah. Yah, sekolah bagi aku adalah surga, setidaknya untuk masa satu bulan KKN ini. Tinggal nunggu 2 bulan ke depan apakah bakal tetap serasa surga atau sama aja kayak di posko.

Awalnya cuma mau simpan rapat-rapat rasa ini dalam hati, tetapi rasanya batin pengen meledak jika tidak dituangkan dalam bentuk tulisan meski rada absurd dan tidak jelas.

Yah, itulah aku, mahasiswa semester akhir yang sedang mengalami tekanan batin dan tak tau mau curhat sama siapa. Alhasil, jadilah tulisan ini.

Jadi, apakah kalian siap membaca curhatan aku selanjutnya?


Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Diubah oleh mbakendut 18-10-2019 02:29
khodijahsiti92dalledalmintoswiitdebby
swiitdebby dan 54 lainnya memberi reputasi
55
6.3K
307
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.5KThread26.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.