News
Batal
KATEGORI
link has been copied
206
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc373b3c8393a17b726e4ed/serikat-buruh-ump-2020-kecil-tak-bisa-dorong-produktivitas-buruh
"Kenaikan (UMP) yang kecil tersebut tidak dapat mendorong tingkat produktivitas dan kompetensi para buruh atau pekerja," kata humas KSBSI Andy William Sinaga, seperti dilansir Antara, Rabu (6/11/2019).
Lapor Hansip
07-11-2019 08:30

Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh

Past Hot Thread
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh

Quote:KBR, Jakarta- Pemerintah telah menetapkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2020 sebesar 8,51 persen.

Namun, menurut Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), persentase kenaikan itu tidak bisa memperbaiki kualitas kehidupan buruh.

"Kenaikan (UMP) yang kecil tersebut tidak dapat mendorong tingkat produktivitas dan kompetensi para buruh atau pekerja," kata humas KSBSI Andy William Sinaga, seperti dilansir Antara, Rabu (6/11/2019).

Andy menyebut kenaikan UMP 8,51 persen itu tidak bisa memenuhi kebutuhan buruh akan pendidikan, transportasi, hiburan, dan menabung. Kenaikan sebesar itu juga dinilai tidak berarti karena tak bisa mengimbangi kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok.

"Apalagi tahun depan buruh dihadapkan dengan kenaikan iuran BPJS, kenaikan tarif dasar listrik, dan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dikarenakan fluktuasi harga minyak dunia," katanya.


Serikat Buruh Minta Kebijakan Tambahan

KSBSI meminta pemerintah membuat kebijakan tambahan untuk meningkatkan pendapatan buruh.

"Bisa saja para buruh yang terdaftar di kantor kementerian atau dinas ketenagakerjaan mendapatkan bantuan dana, atau mendukung pendirian koperasi pekerja di setiap perusahaan, di mana buruh bisa membeli kebutuhan hidup sehari-hari dengan harga terjangkau," usul Andy.

"Apabila tidak ada skenario alternatif pemerintah dalam mem-back up kenaikan upah yang kecil, mustahil penghidupan dan pekerjaan layak para buruh dapat tercapai," kata Andy.


Dasar Penghitungan UMP

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan penghitungan UMP 2020 dilakukan berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Penghitungan itu dikerjakan BPS atas permintaan Menteri Ketenagakerjaan sebelumnya, Hanif Dhakiri. Penetapan angka itu berdasarkan hitungan matematis. Suhariyanto mengakui, hitungan itu pasti kurang sempurna. Karena itu BPS mengharapkan, pihak perusahaan dan buruh bisa menerima keputusan pemerintah soal kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020.


https://kbr.id/nasional/11-2019/seri...uh/101244.html

Kecil?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 8 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 11
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:14
Quote:Original Posted By renzaki
4,2jt emangnya kecil yah? Tetangga ane anaknya 4, buruh pabrik udh lama, Adem-adem aja hidupnya.. Malah masih bisa modalin istrinya dagang, masukin anaknya bimbel, dll..

Upahnya kecil atau elunya yang boros dan gak becus ngatur duit?


Kurang gan. Kan mereka harus bayar cicilan ninja 300 fi, tiap minggu nonton, beliin tas baru buat babu sebelah dan ikut gaya hidup hedon jakarta. Minimal 30jt lah/ bulan emoticon-Wakaka
0 0
0
Lihat 1 balasan
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:14
4 juta dibilang kecil emoticon-Hammer2

gimana nasib yang dibawah UMR?
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
08-11-2019 09:14
Balasan post heisennberg
Quote:Original Posted By heisennberg


bukannya kebalik ya?? produktivitas naikin dulu baru gaji ikut naik...

apa udah ganti kali ya? emoticon-Embarrassment


Udah ganti era bray emoticon-Ngakak (S)

"Kenaikan (UMP) yang kecil tersebut tidak dapat mendorong tingkat produktivitas dan kompetensi para buruh atau pekerja,"

Secara gak langsung mengakui kalo buruh itu mental pemalas semua emoticon-Big Grin
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:16
Boro-boro buat dorong produktivitas buat nutupin kenaikan biaya BPJS sam TDL juga masih minus, buat yang nyinyirin tuntutan kaum buruh ane cuma mau ngomong emang ente aja yang punya hak buat hidup sejahtera ???
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
08-11-2019 09:17
Balasan post kakeksegalatahu
Nah itulah, udahlah miskin banyak tingkah~
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:17
tiap tahun selalu aja gini, ump naik, bahan pokok pun naik. untuk perusahaan jg pasti bahan baku atau bahan mentah pun naik harganya, dtambah biaya operasional untuk gaji naik jd produk jadi barang tsb jg naik harganya. apa lg setau ane msh ada yg dbawah ump gajinya, ntah buruh ato karyawan ofiice (ane tau dari bberapa tmn ane, dan kebetulan ada yg kerja di anak perusahaan pt besar di indonesia, yaa walaupun msh anak perusahaan tpi dbawah ump rasanya gmna gitu, pdhal divisi IT dya walaupun msh staff tpi sdh lbh dari 3 tahun bkerja dsana)

ump kan menurut ane itu standar gaji suatu daerah (logikanya kan seperti itu). jd lebih adil klo ump ttp pada perhitungannya, sedangkan tuk gaji perusahaan itu tergantung laba perusahaan, produktivitas memang bisa aja naik tpi penjualan belum tentu meningkat, jd tergantung laba perusahaan aja menurut ane.

bisa jg gaji itu dari pengalaman dan produktivitas masing2 karyawan dgn standarnya ump itu td, klo laba nya meningkat adakan bonus tahunan ato gathering. yg pnting para karyawan itu happy psti kerja jg seneng. tpi klo dlihat2 seh orng2 skrng milihnya ada bonus daripada gathering.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan juraganind0 memberi reputasi
2 0
2
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:18

S

Susah d indo sekarang cari kerja.. para buruh yg udah dapat umr ga usah neko2 lah... Gaji pasti kenaikan pasti.. pengusaha sudah mulai susah sekarang karena kondisi negara, investor kl liat buruh gini juga ngeri... Ujung2 nya malah g ada lapangan kerja d indo.. bersyukur dan tingkatkan produktifitas
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:23
Corat coret sedikit :

kbtulan kerja dibidang industri jd sering ke pabrik otomotif dll. jd sering ngobrol sama orang asing dll.jd bisa info dikit perihal pandangan orang asing terhadap kondisi negara kita ( tidak semuanya tapi mewakili sedikit ya ).
1. izin pengurusan diindonesia repot ( untuk izin saja pendirian pabrik bth waktu 1 thn.bru izinnnya.blm bangunan, di vietnam infonya 3 bln max kelar izin ).
2. mental pekerja indo.terutama buruh ya.( menurut mereka ).sbg info , pabrik pny org malaysia info, umr di malaysia skitar 1100 ringgit ( 3,3 jtaan ). dia bikin pabrik diindo 6 thn lalu, skrg sudah mulai ngeluh umr cikarang sudah 4 jtaan dan sering demo trs. 6 thn lalu infonya masih sekitar hampir 2jt.jd dianggap invest di indo mulai gk worth it. ( ownernya sedang mikir skrg mau pindah vietnam atau pindah ke jateng.yg umrnya masih lebih rendah )
3. ada bbrp informasi dlm bhw byk perusaahaan asing mau cabut dr indo ke depannya krn dirasa gak kondusif . saya kasih contoh, epson. infonya 2025 mereka mau ke vietnam.byk perushaaan lokal subcon orderan dr mereka ketar ketir. krn orderan epson itu besar.byk perusahaan yg kena imbas kalau mereka cabut.
Ada info juga perihal investasi Hyundai utk produksi mobil yg di gaung gaungkan pemerintah..nanti lah dibahasnya.lihat situasi dulu lah wkwkw.
jd kita liad kedepannya gmn pemerintah mengakomodir permintaan buruh2 ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uliemoetz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:25
masyarakat kita kaget uang gan , kalo dapet penghasilan gede, langsung kredit sana sini , jadi begitulah tidak ada rencana keuangan yang sehat , pemasukan besar , pengeluaran juga besar .
profile-picture
balineseryuu memberi reputasi
1 0
1
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:26
meningkatkan produktifitas kredit motor/mobil emoticon-Leh Uga
profile-picture
LankLinkLunk memberi reputasi
1 0
1
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:26
yg ada ntar perusahaan merasa keberatan ya pada pindah ke negara lain atau di bikin dengan robotik apa ga lebih banyak lagi pengangguran nanti nya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:26
Jangan mau jadi BURUH kalau mau tidak di gaji UMP. Tingkatkan kemampuan dan produktifitas, lompat dari jebakan buruh. Banyak pilihan bekerja menjadi professional atau pengusaha. Atau cari kerjaan dari online.

Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
profile-picture
SinagaUruk memberi reputasi
1 0
1
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
08-11-2019 09:28
Balasan post xrm
Ya gimana ya, massive effect juga sih masuknya, ada sebab akibat terus aja muter nyampe tujuh turunan
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:29
Yg kayak gini nih banyak pabrik luar negri yg cabut dari indo dan milih ke Vietnam emoticon-Nohope
Ujung2 presiden yg disalahin
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
Lapor Hansip
08-11-2019 09:30
Balasan post mika1987
udah kok sekarang. kebtulan saya kerja dibidang industrial. skrg efisiensi sudah banyak menggunakan robot.memang investasi awal mahal tapi produksinya pasti. sedikit2 dipangkas pegawainya.
pindah negara lain? udah byk. hahah cuma gk kegaung aja beritanya kecuali perusahaan besar.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan screamo37 memberi reputasi
2 0
2
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:32
mental preman bgst emang buruh. yang diploma/sarjana fresh graduate jadi disamain gajinya emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
SinagaUruk memberi reputasi
1 0
1
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:33
Quote:Original Posted By havefuntogether
Corat coret sedikit :

kbtulan kerja dibidang industri jd sering ke pabrik otomotif dll. jd sering ngobrol sama orang asing dll.jd bisa info dikit perihal pandangan orang asing terhadap kondisi negara kita ( tidak semuanya tapi mewakili sedikit ya ).
1. izin pengurusan diindonesia repot ( untuk izin saja pendirian pabrik bth waktu 1 thn.bru izinnnya.blm bangunan, di vietnam infonya 3 bln max kelar izin ).
2. mental pekerja indo.terutama buruh ya.( menurut mereka ).sbg info , pabrik pny org malaysia info, umr di malaysia skitar 1100 ringgit ( 3,3 jtaan ). dia bikin pabrik diindo 6 thn lalu, skrg sudah mulai ngeluh umr cikarang sudah 4 jtaan dan sering demo trs. 6 thn lalu infonya masih sekitar hampir 2jt.jd dianggap invest di indo mulai gk worth it. ( ownernya sedang mikir skrg mau pindah vietnam atau pindah ke jateng.yg umrnya masih lebih rendah )
3. ada bbrp informasi dlm bhw byk perusaahaan asing mau cabut dr indo ke depannya krn dirasa gak kondusif . saya kasih contoh, epson. infonya 2025 mereka mau ke vietnam.byk perushaaan lokal subcon orderan dr mereka ketar ketir. krn orderan epson itu besar.byk perusahaan yg kena imbas kalau mereka cabut.
Ada info juga perihal investasi Hyundai utk produksi mobil yg di gaung gaungkan pemerintah..nanti lah dibahasnya.lihat situasi dulu lah wkwkw.
jd kita liad kedepannya gmn pemerintah mengakomodir permintaan buruh2 ini.


Krna d indo apa apa bayar mahal bro, d gerogotin pemerintah juga hasil buruh. Contoh listrik,bpjs,bayar sekolah, bahan pokok naik bersamaan dgn bbm naik. Dan gua akuin, gaji 3jt di indo utk yg sudah berkeluarga sangat tidak cukup. Makanya gua masih blm mau berkeluarga.
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:33
kalau banyak maunya jangan jadi buruh emoticon-Marah

disumut aja sarjana masih ada yg gajinya dibawah 3jt
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:35
yaudah pecat aja tuh manusia² bodoh gak tau diri
gantikan dgn robot
0 0
0
Serikat Buruh: UMP 2020 Kecil, Tak Bisa Dorong Produktivitas Buruh
08-11-2019 09:35
biaya hidupnya nyamain kehidupan artis idolanya di sinetron sih emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 5 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia