• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ada Ayu Di Balik Anyaman Yang Menggerakkan Roda Ekonomi Ibu-ibu Di NTT

I.W.a.K
TS
I.W.a.K
Ada Ayu Di Balik Anyaman Yang Menggerakkan Roda Ekonomi Ibu-ibu Di NTT



source image

Hallo gans,
Pastinya kalian pernah kan melihat benda-benda kerajinan tangan seperti yang ada pada gambar di atas itu? Saat di Bali contohnya apabila kita masuk ke salah satu dari banyaknya toko souvenir yang ada, maka biasanya pasti akan dapat kita jumpai barang kerajinan tangan seperti itu yang dipajang di rak atau etalase toko.

Sebagian besar memang praduk lokal tapi sebagian lagi adalah produk luar daerah, salah satunya dari Nusa Tenggara Timur. Produk kerajinan tangan mereka bisa sampai ke luar daerah bahkan sampai ke luar negri tidak lepas dari peran sosok INSPIRINGPEOPLEyang satu ini.


source image

Dia adalah Azalea Ayuningtyas atau biasa disapa Ayu, yang pada kesempatan MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT kali ini ingin gue bagi sedikit ceritanya tentang bagaimana dia dan beberapa orang temannya melalui Du'Anyam yang mereka cetus mampu menggerakan roda perekonomian di NTT, terutama bagi ibu-ibu di sana

Ayu merupakan warga ibu kota yang selepas SMA melanjutkan pendidikannya hingga S2 di Amerika serikat. Meski terhitung lama di negeri orang nyatanya Ayu tetap TASTETHELOCAL. Dia dan beberapa temannya atas dasar kepedulian mereka terhadap masalah kesehatan serius yang dialami oleh warga NTT memutuskan untuk mendirikan sebuah kewirausahaan sosial yang dinamai Du'Anyam. Hal ini dilakukan karena mereka sadar bahwa masalah kesehatan yang terjadi adalah karena masalah ekonomi warganya. Du'a sendiri merupakan bahasa Flores yang berarti ibu.


source image

Sesuai dengan artinya Du'Anyam memang lebih menyasar ke ibu-ibu apalagi yang sedang hamil. Mereka diberdayakan untuk membuat kerajinan anyaman seperti tas, topi, keranjang dan souvenir lainnya dari daun lontar yang banyak tersedia di sana. Untuk pemasarannya dijamin dan ini merupakan tugas dari Ayu dan temannya. Hal ini dilakukan agar para ibu disana tidak perlu lagi terlalu bergantung hidup dari hasil berladang yang tidak tentu.

Dalam perjalanannya semenjak digagas tahun 2013 silam hingga kini sudah menjadi PT Du'Anyam sering diikut sertakan dalam berbagai kompetisi kewirausahaan baik dari dalam maupun luar negeri untuk sekaligus memperkenalkan prodak mereka kepada dunia.
Beberapa penghargaanpun pernah di raih seperti penghargaan Quick Pitch Award dalam Global Social Venture Competition mewakili ASEAN di San Fransisco pada tahun 2015.
Pada perhelatan Asian Games tahun lalu Du'Anyam menjadi salah satu brand yang mendapatkan lisensi untuk menjual prodaknya di stan resmi Asian Games 2018.
•••

Azalea Ayuningtyas dkk meskipun interlokal tapi tetap taste the lokal.
Salut!


Sumber
alizazetsebelahblog
sebelahblog dan alizazet memberi reputasi
2
1.6K
6
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.