• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenalkan Literasi dari Depan Rumah, Rin Dinobatkan Jadi Pemuda Pelopor Kaltim

IztaLorieAvatar border
TS
IztaLorie
Mengenalkan Literasi dari Depan Rumah, Rin Dinobatkan Jadi Pemuda Pelopor Kaltim


Today a Reader
Tomorrow a Leader


Kekagumanku tak habis-habis pada sosok mungil TastethelokalWalrina Munangsir yang akrab dipanggil Rin Muna oleh teman-teman literasi ini lahir pada 9 November 1991.

Awal mula kenal karena mengikuti event menulis dongeng yang diadakan oleh teman penulis. Dari situ akhirnya dibuatlah grup whatsapp yang disebut Pena Friends. Tempat untuk bersama-sama belajar tentang literasi.

Inspiring people ini meski pun masih muda, tapi dia sudah melakukan banyak hal untuk perkembangan desa Beringin Agung, Samboja. Beberapa prestasi yang sudah ditorehkan untuk Kalimantan Timur, terkhusus Samboja. Salah satu daerah yang digadang-gadang akan menjadi Ibukota Negara.

1. Perintis Taman Baca Bunga Kertas


Rin pernah bekerja sebagai Admin Pembukuan di salah satu perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di bawah naungan Gama Corp. sejak Januari 2011 sampai November 2017.

Setelah berhenti bekerja, Rin menjalani hobinya menggambar, menulis dan berkreasi untuk mengisi waktu luang. Beberapa kali, Rin berkontribusi dalam pameran seni yang diadakan di kota Balikpapan bersama seniman-seniman kota Minyak itu. Di sana, Rin melihat stand baca milik Kampung Literasi Gajah Mada Balikpapan. Rin langsung terinspirasi untuk mendirikan taman baca secara mandiri mengingat di kampung belum ada sarana baca, perpustakaan umum maupun toko buku.

Sampai saat ini, kebutuhan taman baca masih menggunakan dana pribadi. Taman baca ini berlokasi di Jl. Tepung Sari Rt 03 No 65, Desa Beringin Agung, Samboja. Bukan hanya menyediakan buku-buku tetapi juga menyediakan perlengkapan menggambar. Berusaha menarik minat anak-anak dan remaja untuk berkunjung ke taman bacaan dulu. Menjadikan tbm ini tempat nongkrong yang asik dan selanjutnya anak-anak akan belajar mencintai membaca.

Awalnya buku-buku yang dipajang adalah buku koleksi pribadi Rin dan juga karyanya sendiri. Akhirnya semakin berkembang karena banyak donatur dari teman-teman penulis. Saat ini taman baca sedang menjalani renovasi/penambahan bangunan dari Pertamina dan dalam proses menuju Kampung Literasi. Mohon doa dan dukungannya agar semua program bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Teman-teman kaskus yang mau jadi donatur bisa menghubungi @rinmuna

2. Juara Favorit Duta Baca Kaltim 2018
Kecintaan Rin akan dunia literasi membacanya menjadi Juara Favorite Duta Baca 2018. Sungguh perjuangan yang tidak mudah mengingat sekarang banyak anak yang memilih ngegame dari pada membaca.

3. Kreasi Mamuja
Mamuja yang merupakan singkatan dari Mama Muda Samboja merupakan kegiatan ibu-ibu muda di taman bacaan bunga kertas. Tbm ini juga menyediakan kegiatan untuk ibu-ibu agar bisa menyalurkan kreatifitasnya sekaligus menambah penghasilan. Kegiatan yang mereka lakukan antara lain membuat tas rajut, membuat berbagai souvenir dari kain flanel, dan daur ulang dari barang bekas.

4. Pemuda Pelopor Kaltim 2019


Sebagai orang muda yang memiliki banyak prestasi dan bahkan membantu membuka usaha buat ibu muda di Samboja, Rin mendapatkan penghargaan Pemuda Pelopor. Penghargaan ini diberikan oleh bupati Kukar, Edi Damansyah. Selain itu, Rin juga mendapatkan uang tunai 10 juta sebagai wujud penghargaan yang diserahkan pada saat upacara hari Sumpah Pemuda di halaman depan kantor Bupati.
Sumber : kaltim.tribunnews.com

Kini, taman baca Rin Muna sering muncul di media online maupun cetak.
Berikut ini cuplikan video yang bisa kalian tonton untuk melihat suasana Taman Baca milik Rin.


Semoga ke depannya Rin bisa terus menginspirasi dan menambah semangat teman-teman yang lain untuk bisa melakukan hal yang berguna untuk daerahnya. Ini sebabnya Lori tertarik menulis tentang Rin di event MLDSPOTKINTENHUNTdan KASKUSXMLDSPOT. Siapa tahu banyak pemuda yang tergerak untuk berprestasi memajukan daerahnya.
Diubah oleh IztaLorie 06-11-2019 13:51
Enisutri
sebelahblog
swiitdebby
swiitdebby dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.