valkyr7Avatar border
TS
valkyr7
JPO Tak Beratap di Sudirman Disoal, PKS: Buat Nyebrang, Bukan Buat Neduh
Foto: Arief Ikhsanudin-detikcom

Jakarta - Wakil Ketua DPRD dari F-PKS Abdurrahman Suhaimi menyebut pernyataan pengamat tata kota salah kaprah terkait pernyataan JPO tak beratap karena tak bisa digunakan berteduh saat hujan itu tidaklah tepat. Sebab, menurutnya, JPO itu fungsinya bukan sebagai tempat berteduh, melainkan hanya berfungsi sebagai alat bantu menyeberang bagi pejalan kaki.

"Ya masukan-masukan didengar saja, sebagai bahan masukan. Kalau kehujanan kan pakai payung, kan kalau keluar itu ke JPO pakai payung nggak kalau hujan? Iya, iya kan," kata Suhaimi saat dihubungi, Selasa (6/11/2019) malam.

Dia pun mencontohkan underpass yang kerap menjadi tempat berteduh untuk para pengendara motor. Dia mengatakan masyarakat jeli mengenai fungsi fasilitas umum seperti JPO dan underpass.

"JPO untuk neduh, fungsinya apa bukan? Seperti misalnya gini, underpass kalau musim hujan buat neduh, itu tempat meneduh apa bukan? Fungsinya neduh apa bukan? Akhirnya kan macet banget kan buat neduh, ya seperti itu," katanya.

"Jadi gini, JPO buat nyebrang, bukan buat neduh. Tapi intinya fungsikan sesuatu sesuai dengan fungsinya, dan juga dijaga keindahan, dijaga kenyamanan, dijaga keamanannya," lanjutnya.

Dia juga menyarankan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selalu mengutamakan kenyamanan pejalan kaki dalam membuat kebijakan. Ia juga berpesan agar JPO dibuat dan didesain untuk menunjukkan wajah Jakarta.

"Intinya bahwa jalan penyeberangan orang kan demi untuk menjaga kenyamanan pejalan kaki, terus juga keamanan dalam arti keselamatan, sehingga mereka nggak khawatir ketabrak dan lain-laink. Kalau soal dari sisi tampilan itu ada ahlinya lah bagaimana supaya lebih indah itu harus juga dirancang yang lebih baik lagi, sesuai dengan 'ini ibu kota' gitu," ujarnya.

Diketahui, pencopotan atap di jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman merupakan arahan Anies. Dia yakin nantinya JPO tanpa atap jadi spot selfie baru di Jakarta.

"Apa yang terjadi kalau nanti dibuka? Itu tempat selfie paling sering karena pemandangan gedung di malam hari bagus sekali, sore, siang. Atapnya copot, itu langsung jadi space terbuka," kata Anies saat rapat.

SUMBER


Woii.. PKS baik.. bilangin tuh k wan abud tolol kalo JPO itu buat nyebrang.. bukan tempat buat selfie.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7 06-11-2019 01:53
kinggidorah666
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 56 lainnya memberi reputasi
53
8.7K
183
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.