albetbengal
TS
albetbengal
DPRD DKI Hapus Penganggaran Bibit Pohon Senilai Rp30 Miliar


KETUA Komisi D dari Fraksi Nasdem, Nova Harivan Paloh mengungkapkan pihaknya menghapus usulan anggaran bibit tanaman pohon sebesar Rp30 miliar. Usulan anggaran itu diajukan oleh Dinas Kehutanan DKI Jakarta dalam rapat kerja pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020.

"Seperti pada rapat kemarin, ada masalah penganggaran bibit pohon sebanyak Rp30 miliar. Itu kami drop (dihapus dalam usulan anggaran)," ungkap Nova di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Selasa (5/11).



Baca juga: Badan Kehormatan DPRD DKI Panggil William Terkait Anggaran ...

Menurut Nova, penganggaran bibit pohon masih ada dan belum terserap 100%. Ia mengatakan bahwa Dinas Kehutanan akan membagikan bibit pohon ke sekolah-sekolah.

"Jadi saya tanyakan kemarin, kan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu sekarang dengan 1 KTP bisa dapat 25 pohon. Mau bagi bibit pohon ke mana lagi?" kata Nova.

"Mereka (Dinas Kehutanan) bilang ada jenis-jenis tertentu, untuk hiasan dan segala macam. Kami cek di 2019, ternyata anggaran masih banyak di sana. Ya kita drop saja sudah (anggaran Rp30 miliar)," sambungnya.

Komisi D, kata Nova secara detail menyisir satu per satu usulan anggaran yang diajukan Pemprov DKI. Hal itu dilakukan agar anggaran APBD 2020 efektif digunakan.

"Kami perlu memilah juga. Meskipun di Badan Anggaran dibahas lagi. Tapi itu yang penting-penting, vital, dan tidak boleh sembarangan (disepakati). Misalnya ada sesuatu yang kita rasa dicurigai, lalu dipertanyakan dan diperdalam lagi. Kalau tidak memungkinkan kita drop anggarannya. Kita hilangkan," ujar Nova.

Selain usulan anggaran bibit tanaman pohon, pihaknya menolak anggaran jasa konsultan revitalisasi Taman Margasatwa atau kebun binatang Ragunan sebesar Rp75 miliar. (Ins/A-3)

https://m.mediaindonesia.com/read/de...ai-rp30-miliar

Hmmmmm emoticon-Malu
handa 23sebelahblog4iinch
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.5K
36
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.