• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Sungai Ini Dulunya Tercemar Berat Tetapi Sekarang Menjadi Rumah Anjing Laut, Keren!


Pernahkah agan melihat sungai-sungai yang sudah tercemar berat. Pasti sulit ya membayangkannya bagaimana sungai tersebut bisa dipulihkan kembali. Sebab bila kita berbicara tentang pembersihan sungai, banyak hal yang terlibat didalamnya. Karena pembersihan sungai bukan hanya memungut sampah dan membersihkannya. Tetapi perlu tindakan pencegahan juga dari masyarakat yang berada disekitarnya. Artinya, usaha pembersihan sungai merupakan suatu kegiatan kompleks yang perlu koordinasi dari berbagai macam pihak.

Namun sesulit-sulitnya usaha pembersihan sungai bila dilakukan dengan ketekunan dan penuh keyakinan, maka usaha tersebut bisa berhasil seperti yang dilakukan oleh negara berikut. Di sana ada sungai terkenal yang menjadi ikon kota di sana. Namun karena pertumbuhan penduduk dan pengelolaan limbah yang kurang baik, sungai tersebut lama kelamaan terdegradasi hingga akhirnya masuk ke tahap tercemar berat dimana tidak ada satupun organisme yang mampu bertahan di sungai tersebut.

Karena kejadian itulah masyarakat di kota tersebut akhirnya menyadari bahwa sungai ikonik yang mereka agung-agungkan kini sudah hilang. Hal inilah yang menjadi latarbelakang timbulnya kegigihan untuk membersihkan sungai tersebut dan melakukan bioremediasi secara serentak untuk mengembalikan kondisi sungai kembali seperti semula. Penasaran bagaimana kondisi sungai tersebut setelah dilakukan kegigihan dalam pembersihan dan pencegahan sampah masuk ke dalamnya, yuk check thread berikut!




Sungai ini dinamakan The Thames River. Terletak di Inggris dimana sungai ini membagi kota London menjadi dua bagian. Sejak dahulu kala sungai ini menjadi destinasi wisata bagi para turis mancanegara karena keasrian alamnya. Oleh sebab itu banyak masyarakat mulai bermukim di pinggiran atau di sekitar sungai Thames.



Para pelukis, musisi, dan penulis di Inggris sejak dahulu kala juga banyak mengambil inspirasi dari sungai ini untuk membuat karya seni. Namun sejak tahun 1950 dimana ada fenomena bocornya saluran pembuangan dan meningkatnya jumlah limbah dari industri di pinggiran sungai membuat sungai ini dinyatakan secara biologis mati — atau dengan kata lain sudah tidak ada lagi organisme yang mampu bertahan di sana.

Spoiler for tercemar karena limbah domestik:

Spoiler for tercemar karena industri:

Thames River Pernah Tercemar Berat

Yippie! Kini sungai yang tercemar berat tersebut sudah pulih kembali. Ya hal ini tak lain karena totalitas yang dilakukan Inggris dalam membersihkan sungainya sekitar 60 tahun terakhir mulai dari penetapan regulasi terbaru, perbaikan sistem pembuangan limbah yang lebih tertata, dan realisasi proyek memperkaya kualitas habitat organisme.Kini sungai tersebut kembali lagi menjadi rumah tetap bagi ratusan organisme.


Kini Anjing Laut Kembali Menetap Di Sungai Thames, setelah hilang pada tahun 1950

Populasi anjing laut diketahui hilang semenjak tahun 1950 dimana pada tahun tersebut merupakan kasus maraknya pencemaran yang mengakibatkan sungai Thames dikategorikan sebagai perairan tercemar berat. Populasi yang hilang tersebut terjadi karena anjing laut bermigrasi ke perairan yang lebih bersih dibanding Sungai Thames yang ikannya sudah habis karena mati keracunan.



Setelah upaya besar-besaran yang dilakukan Inggris, baik dari pemerintah maupun masyarakatnya. ZSL (Zoological Society of London) kini mencatat ada 3500 anjing laut yang menetap di Muara Sungai Thames yang terdiri dari 1104 anjing laut pelabuhan & 2406 anjing laut abu-abu. Yang paling menggembirakan, ZSL berhasil mendata ada 138 bayi anjing laut yang berhasil dilahirkan. Artinya kondisi sungai Thames sangat memungkinkan untuk Breeding Ground bagi anjing laut.


Anjing laut kini menikmati muara sungai Thames yang sudah pulih kembali

Selain menjadi habitat untuk anjing laut, Sungai Thames juga dijadikan habitat bagi 100 jenis spesies ikan termasuk dua jenis Hiu muara, Kuda laut, dan belut eropa yang terancam punah. Lumba-lumba pun sesekali mampir karena tertarik dengan kondisi ekosistem Thames River yang semakin membaik. Tak jarang juga ditemui paus melintas untuk melihat-lihat keramaian biota laut di muara Thames.


Kini kuda laut beregenerasi kembali di muara sungai Thames setelah dinyatakan hilang pada 1950

Wah keren ya totalitas Inggris dalam membersihkan sungai. Padahal sungai tersebut sudah dinyatakan secara biologis mati pada tahun 1950, namun dengan waktu 60 tahun lebih ini mereka mampu mengembalikan kondisi sungai kembali seperti semula hingga akhirnya berbagai macam hewan kembali bernaung dan menetap di sana! Mantap deh! Semoga kali Ciliwung kelak bisa mengikuti sejarah sungai Thames.


Sumber : [url=https://www.weforum.org/agenda/2019/09/the-uk-s-river-thames-hasS E N S O Re-back-to-life-with-a-seal-population-to-prove-it]Disini[/url]
Sumber Gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci 06-11-2019 07:15
indramamoth
shoyusushi
sebelahblog
sebelahblog dan 16 lainnya memberi reputasi
17
7.8K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.