• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Keren, Ahli Komputer Membantu Tunantetra Merasakan Visual 3D Lewat Sentuhannya

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Keren, Ahli Komputer Membantu Tunantetra Merasakan Visual 3D Lewat Sentuhannya

[ HT# 559 ]

Salah satu hal yang belum diketahui oleh kaum tunanetra adalah melihat kreasi seni visual 3Dimensi seperti misalkan menonton film Transformer, mungkin mereka tahu hanya lewat deskripsi suara lawan bicaranya seperti bagaimana bentuk postur Optimus Prime dkk, lekukan perisainnya, tingginya hanya bisa mereka bayangkan saja.

Tapi baru-baru ini para ahli komputer dari tim Standford telah menemukan cara agar kaum tunanetra bisa merasakan bentuk lekuk visual 3D lewat teknologi yang dikenal sebagai Taxels.




Tim Stanford mengembangkan proyek ini atas dasar proyek penelitian para mahasiswa dari pascasarjana Alexa Siu, Joshua Miele dan kepala lab Sean Follmer, dimana tujuan dari misi sosial ini adalah membantu kaum tunanetra jadi mudah membayangkan bentuk visual 3D komputer lewat sentuhan tangannya. Jadi kalau manusia pada umumnya bisa melihat animasi 3D lewat layar, mereka memahaminya lewat sentuhan.

Untuk menyukseskan proyek ini tim Stanford menggunakan program CAD atau program modeling dan menggunakan tampilan 2.5D terdiri dari banyak pin yang bisa dinaik-turunkan semacam pixel yang nantinya akan membentuk sebuah benda apapun sesuai konsep masa depan nanti.


Hasil dari ujicoba, Miele seorang tunanetra menurutnya alat ini membuka wawasan dan pengalaman baru agar kaum tunanetra nantinya jadi lebih mudah membayangkan sebuah pola 3D sesuai apa yang tampil dalam visual monitor.

Bisa dibilang prinsip kerja sentuh Taxel's ini mirip seperti membaca permukaan Braille, karena keterbatasan penglihatan maka temuan ini jadi lebih interaktif.

 Siu menyebut perangkat "2.5D," karena memang tidak dapat menampilkan seluruh objek mengambang di udara. Tetapi ini adalah cara mudah bagi seseorang yang tidak dapat melihat layar untuk memahami bentuk 3D melalui sentuhan.


 Mendapatkan pemahaman intuitif tentang objek 3D, baik yang dirancang atau dilihat, biasanya berarti memutar, merasakan, dan menggesernya adalah sesuatu yang sulit diungkapkan dengan cara non-visual. Tetapi tampilan taktil real-timeseperti ini dapat mengubah bentuk yang ditampilkannya dengan cepat dan lancar, memungkinkan (melihat) merasakan bentuk yang lebih kompleks lebih cepat, seperti memindahkan penampang, untuk diekspresikan saat itu juga.




Copyright © 2016 - 2019 iskrim

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: techcrunch | Sotoshop : iskrim  

Diubah oleh iskrim 08-11-2019 01:18
anasabila
swiitdebby
sebelahblog
sebelahblog dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.8K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.