ilafit
TS
ilafit
Rindu dengan Celengan? Menabung Aja, Gan!
Menabung untuk Jangka Panjang?

Menabung adalah salah satu cara untuk menghemat pengeluaran. Dengan menabung, maka kita bisa menyisihkan sedikit demi sedikit untuk keperluan mendesak nantinya. Tidak ada yang tahu bukan apa yang terjadi di masa mendatang? Orang yang berusaha hemat dengan cara menabung tentu mengerti bagaimana pemborosan itu tidaklah baik. Mereka mengerti bahwa hidup bukan untuk selalu bersenang-senang saja, tetapi untuk memikirkan masa depan yang masih panjang. Menabung sendiri menurut KBBI berasal dari kata dasar tabung yang berarti (menyimpan uang di celengan, pos, bank, dan sebagainya). Seperti kata-kata dari Boy Candra perihal menabung, "Ada yang sedang menabung dengan sangat keras, biar bisa bersama lebih lama. Ada yang sedang menghabiskan uang untuk kebersamaan yang sementara."

Menabung bisa dengan cara yang sederhana. Misalnya lewat celengan. Di zaman serba canggih sekarang ini banyak yang menabung di bank. Memudahkan masyarakat ketika mengambil uang hanya tinggal datang ke mesin atm. Itu untuk yang remaja bahkan dewasa. Jika untuk anak bisa dengan celengan-celengan di rumah.

Disini saya akan membahas tentang celengan yang bisa digunakan di rumah. Ada beberapa celengan dari mulai yang sederhana sampai mewah membuat siapapun menyukainya. Berikut jenisnya:

1. Celengan Plastik


Namanya celengan plastik, tentu terbuat dari plastik. Celengan plastik ini dulu seharga 1000, sekarang 2000 an. Jika isinya sudah penuh tinggal dicongkel buat ambil uangnya. Jadi celengan akan tetap baik dan bisa digunakan.

2. Celengan mika


Celengan mika ini terawang sekali. Saya tebak jika kalian menabung disini pasti mengukur kapan penuhnya celengan. Haha..

3. Celengan karton


Celengan karton mudah sekali membuatnya. Tinggal beli karton lalu dibentuk, lalu diwarna dengan bagus. Ini cocok untuk anak-anak yang suka kreasi dan bentuk-bentuk yang lucu.

4. Celengan Tanah Liat


Celengan ayam ini sangat cocok digunakan untuk anak-anak. Pembelajaran anak-anak untuk menabung bisa dengan celengan ayam ini. Bentuknya yang lucu juga unik. Celengan ini berbahan dasar tanah liat. Jika isinya sudah penuh, tinggal dipecah celengannya.

5. Celengan bambu


Celengan bambu mudah sekali membuatnya. Ukiran celengan bambu bagus-bagus. Celengan bambu ini menurut saya celengan yang paling unik dan kreatif.

6. Celengan Kunci


Celengan kunci ini celengan yang paling istimewa. Celengan aja dikunci, masa hati kamu enggak. Hehe.. Celengan kunci ini bentuknya macam-macam dan bagus-bagus. Kalau mau menabung disini tinggal masukkan uangnya, kalau sudah penuh, buka deh kuncinya. Jadi, bisa digunakan kembali celengannya dengan baik.

Pembelajaran sejak dini untuk anak-anak bisa dimulai dengan menabung. Sehingga waktu dia dewasa tidak terlalu boros dalam menggunakan uang.

Lalu bagaimana menghemat ala anak kos? Dengan cara hanya beli sayur dan lauk saja. Nasi sudah bawa dari rumah. Untuk jajan bisa diforsir berapa kali dalam seminggu. Dengan cara juga menyisihkan uang sedikit demi sedikit. Semua tergantung dengan diri sendiri. Bisa menahan atau tidak.




Sumber: pemikiran sendiri
Sumber gambar: google
Diubah oleh ilafit 08-01-2021 03:58
4iinchzafinsyurgaemineminna
emineminna dan 48 lainnya memberi reputasi
49
4.6K
190
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.