riandyoga
TS
riandyoga
Cepat Sepakat, Lebih Cepat Bekerja?


Hai GanSis!! Melihat isu nasional belakangan ini, maka saya sengaja bawa-bawa nama Jusuf Kalla di thread ini. Yang mana sebenarnya saya tidak lagi bahas sosok Wapres RI ke-10 dan ke-12 itu. Tapi isu nasional yang ada sekarang seakan terilhami jargon Pak JK, "lebih cepat lebih baik".

Menurut catatan dan pengamatan saya pribadi, di level elit negeri ini kesannya lebih sepakat dan mufakat. Gak perlu lama-lama. "Iyain aja, biar cepat" kira-kira begitu istilah orang awam.

Quote:


Mulai dari pemilihan pimpinan di parlemen. Bapak ini, Ibu ini, tok! Suara palu diketok. Gak pakai drama "palu hilang" seperti 2014 lalu. Di tahun 2019, para wakil rakyat tampaknya lebih kompak dan sepakat. Akur 👍

Apasih resepnya agar kompak gitu ya?

Quote:


Quote:


Secara keseluruhan saya melihatnya kini eksekutif dan legislatif, secara umum para pemangku kebijakan lebih sepaham dalam mengambil kebijakan karena wakio rakyat diisi mayoritas koalisi secara politik. Meski kata para pengamat yang saya tahu, kondisi seperti ini kurang baik untuk demokrasi dan tidak adanya mitra kritis. Mungkin ada benarnya juga sih.

Tapi bagi saya masyarakat biasa, hanya bisa berharap bilamana pemangku kebijakan lebih cepat memutus sebuah aturan. Cepat tidak asal cepat sehingga sembrono. Cepat sepakat, berarti lebih cepat bekerja. Jangan cuma cepat memutuskan suatu kebijakan biar terlihat keren, tapi aksi nyatanya kurang.

Opini oleh Rianda Prayoga. Binjai, 6 November 2019
bandits401sebelahblog
sebelahblog dan bandits401 memberi reputasi
2
453
4
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.