mbak.far
TS
mbak.far
6 Kebiasaan Orangtua Para Orang Sukses, Ingin Anakmu Sukses? Masuk, Gan!
Psikologi, parenting, keluarga


Sumber gambar: nakita.grid.id

Siapa yang ingin anaknya sukses dan memiliki masa depan cerah hayo, ngaku!

Hehe ...

Semua orangtua pastilah menginginkannya. Memiliki anak sukses dan masa depan cerah, selain membuat bangga, juga lega, seolah usaha dan jerih payah dalam memberi pendidikan sejak dini tidaklah siasia.


Standar kesuksesan tiap individu memang tidak sama. Secara umum sifatnya fleksibel. Namun muaranya tetap sama, tetap bakti pada orangtua dan bisa memberi manfaat untuk banyak orang atas kesuksesan atau keberhasilannya.

Semua orangtua menginginkan masa depan anaknya demikian. Dan tentu tidak menginginkan hal sebaliknya terjadi.

Tetapi tahukah, Gan-Sis, jika kita perhatikan di sekeliling atau di banyak media yang ada, orang-orang besar rupanya lahir dari orangtua yang terampil dalam memberi pendidikan sejak dini.

Kesuksesan orang-orang besar tersebut, intinya tidak lepas dari kebiasan-kebiasaan orangtuanya yang ditunjukkan sebagai cara dasar pemberian pendidikan.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Untuk mengetahuinya, mari simak terus hingga tuntas emoticon-Smilie


Quote:



Inilah 6 kebiasaan orangtua yang dapat membantu memudahkan kesuksesan anak di masa depan.



1. Keluarga tampil harmonis


Sumber gambar: seruni.id

Anakanak dengan masa depan yang baik jika kita perhatikan, umumnya hidup di tengah keluarga yang harmonis dan memiliki komunikasi yang baik antar sesama anggotanya (orangtua dan anak)

Quote:


Keluarga yang orangtua bangun dengan harmonis membuat jiwa anak tenang, dan ketenangan mampu membuat anak berpikir jernih serta mengusahakan sesuatu dengan baik.

Pikiran dan tindakan yang baik akan mendatangkan kebaikan, termasuk masa depan cerah.

Sebaliknya, keluarga yang cenderung tidak harmonis, sering terjadi kesenjangan, atau pertengkaran terutama antara ayah dan ibu, akan membuat anak mudah stres. Lantas bagaimana anak dapat mengusahakan citacita sementara jiwanya stres dan rapuh?



2. Membantu dalam proses pembiasaan


Sumber gambar: muslimah.co.id

Siapa kita adalah tergantung kebiasaan kita.

Begitu juga anak nantinya saat dewasa, adalah tergantung bagaimana kebiasaannya sejak dini.

Orangtua dapat membantu atau mendampingi anak dalam membiasakan halhal baik untuk menunjang dan menyambut masa depan, seperti bangun pagi, melakukan sesuatu secara mandiri, berempati dengan berbagi, bersosialisasi serta berinteraksi dengan oranglain.

Secara tidak sadar, itulah yang akan anak-anak lakukan saat dewasa.

Mungkin awalnya agak memaksa, tetapi lamalama akan bisa, sehingga pada akhirnya menjadi kebiasaan yang sulit ditanggalkan.



3. Menghargai proses daripada hasil


Sumber gambar: sekolahdasar.net

Tuhan membekali setiap anak dengan kemampuan serta passion berbeda.

Sayangnya masih banyak orangtua yang melalaikannya. Orangtua kerap memaksakan kehendak, bahwa anak-anak harus menjadi sebagaimana yang orangtua ingini, tanpa melihat apakah sesuai dengan keinginan anak atau tidak.

Ironisnya, terkadang orangtua menginginkan agar anaknya menjadi sebagaimana umumnya orang.

Harusnya hal demikian itu dihindari, dan menjadi orangtua yang selalu memberi dukungan, dorongan, serta motivasi adalah lebih baik.

Orangtua dari anakanak sukses adalah mereka yang lebih menghargai proses daripada hasil. Saat anak gagal dalam suatu bidang, orangtua tampil (tetap) memberi dukungan, bukan menyalahkan. Saat anak berhasil, orangtua tampil memberi apresiasi.

Sebab mereka sadar, proses itu lebih penting daripada hasil. Kualitas seseorang sebenarnya dilihat pada bagaimana proses, bukan hasil.

Dan lihatlah, betapa anak akan lebih bersemangat untuk bangkit meski usahanya gagal, lantaran dukungan penuh orangtua.



4. Memberi teladan baik


Sumber gambar: sayangianak.com

Anak bisa mudah sukses berkat ketaatan kepada orangtua. Untuk itu, orangtua sudah seharusnya melakukan sesuatu yang membuat anak mereka tidak sampai durhaka. Misalnya, memberi nasihat dengan baik, tanpa memberi kesan memojokkan, atau memberi dukungan tetapi tidak dengan membanding-bandingkan. Itu adalah beberapa contoh teladan baik orangtua kepada anak.

Teladan baik lebih mudah direkam anak melalui sikap orangtua, sehingga menular dan menurun kepada anak. Sebab anak adalah peniru yang baik. Dan itu juga berlaku sebaliknya.



5. Interaksi sosial


Ilustrasi gambar: dictio.id

Betapa pentingnya interaksi sosial bagi masa depan anak.

Memiliki relasi dan berinteraksi dengan mereka adalah hal penting untuk menunjang masa depan anak yang gemilang.

Maka orangtua bisa mengajarkan anak untuk berinteraksi sosial, dimulai dengan hal sederhana, seperti melayani serta menyapa tamu atau mengajak silaturahmi ke para tetangga saat hari raya.

Jangan sampai membuat anak menderita kelainan sosial, seperti perasaan takut bertemu manusia. Itu bisa saja terjadi sebab beberapa faktor, salah satunya adalah orangtua yang gemar membentak.



6. Biasa mendoakan


Sumber gambar: sudutpedih.blogspot.com

Doa orangtua, terutama dari ibu, adalah doa yang tak tertolak.

Orangtua yang tak henti mendoakan anak-anaknya akan sangat memudahkan segala urusan maupun citacita mereka di masa depan.

Namun yang tidak sepatutnya dilupakan, bahwa ucapan juga bisa menjadi doa. Maka dari itu, banyak ahli mengatakan agar jangan sampai mengatakan sesuatu yang buruk kepada anak, meski dalam kondisi geram sekalipun.


Nah, itulah 6 hal yang perlu orangtua biasakan demi kesuksesan anak di masa depan.


Sebab orangtua adalah stakeholder inti. Sebab tangan dingin orangtua (terutama ibu) dalam mendidik, akan sangat menentukan masa depan anak. Jangan sampai anak gagal meraih masa depan yang baik justru karena orangtua yang egois serta semau sendiri dalam bersikap.


Cukup sekian threadkali ini, Gan-Sis. Semoga anak-anak Gan-Sis diberi kesuksesan, bermanfaat buat banyak orang, dan yang paling utama tetap taat kepada kedua orangtua walau bagaimanapun keadaan mereka.

Jika ada tambahan, sila share di bawah. :terimakasih


___o0o___

Sumber: opini pribadi
ujellyjelloShyesun.puchaandrerain5
andrerain5 dan 48 lainnya memberi reputasi
49
8.9K
163
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread•4.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.