anna1812
TS
anna1812
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!


Agan Sista tahu brekecek nggak? Brekecek adalah salah satu kuliner khas Cilacap. Kenapa kok namanya brekecek? Konon katanya, karena bumbu yang buat masak, ditumbuk atau diuleg jadi satu. Wah ... Agan Sista penasaran, kan seperti apa penampakan brekecek itu?

Bahan utama untuk membuat brekecek adalah ikan laut. Mau ikan air tawar juga bisa, sih. Tapi cita rasanya akan berbeda. Kali ini ane akan mencoba berbagi resep brekecek pathak jahan (kepala ikan jahan). Kenapa yang dimasak bukan daging, melainkan kepalanya? Karena kepala ikan jahan ini memiliki cita rasa yang berbeda daripada dagingnya, Gansis. Kalian bisa menyeruput tulang-tulang yang ada di kepala ikan jahan ini. Penasaran seperti apa cara memasaknya?

Pertama, siapkan 500 gram kepala ikan jahan yang udah dibelah jadi 2 dan dicuci bersih, Gansis. Gansis bisa beli di pasar, tapi ane lebih memilih ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) langsung, lebih segar karena baru 'mentas' dari laut.




Setelah itu, siapkan bumbu-bumbu yang dihaluskan, yaitu :

- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt merica
- 7 buah cabe rawit
- 4 buah cabe merah besar
- 5 siung bawang putih
- 7 butir bawang merah
- 5 cm kunyit
- 1 ruas jahe
- 4 butir kemiri
- 2 batang serai (digeprek)
- garam dan gula pasir secukupnya
- minyak goreng secukupnga untuk menumis bumbu
-daun kemangi secukupnya




Setelah bumbu dihaluskan, panaskan minyak di atas wajan, lalu tumis semua bumbu hingga berbau harum. Kemudian, masukkan pathak jahan dan aduk sebentar supaya bumbu merata, lalu beri air hingga semua pathak jahan tenggelam. Biarkan hingga kurang lebih 20 menit. Koreksi rasa. Apabila sudah pas, masukkan daun kemangi. Tunggu satu menit, lalu angkat dan sajikan. Brekecek pathak jahan siap disantap bersama nasi hangat. Yummy.
Agan Sista boleh coba. Dijamin bakal ketagihan, deh.




Sekian trit dari ane kali ini. Semoga bermanfaat untuk Agan dan Sista di mana pun berada. Yang udah mampir jangan lupa komen, kasih rate, dan cendol, ya. Terima kasih dan selamat beristirahat.


Penulis : anna1812
Sumber gambar : dokumen pribadi
Diubah oleh anna1812 05-11-2019 14:43
denbagoes01ceuhettynona212
nona212 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
8.5K
121
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.