romeorabun
TS
romeorabun
Deretan Comfort Food Lezat dari Seluruh Dunia [Bagian 1]



Di dunia kuliner ada yang orang-orang sebut sebagai comfort food. Nggak ada klasifikasi yang pakem sih soal ini karena pada kenyataannya, semua makanan yang bisa bikin orang yang memakannya nyaman bisa masuk dalam kategori comfort food. Jadi... ya ini personal banget.

Gue sendiri kadang-kadang merasa sangat puas ketika menggigit dan mengunyah burger dari Carl's Jr., kadang-kadang juga merasa sangat bahagia ketika makan kulit ayam goreng McDonald's. Di kesempatan berbeda, makanan-makanan berkuah seperti soto ayam atau soto daging dengan kuah santan bisa jadi sangat membuat nyaman di perut. Indomie Kari Ayam pun juga bisa banget masuk kategori comforting buat gue.

Kadang-kadang memang kita susah menjelaskan kenikmatan yang kita rasakan saat makanan-makanan itu masuk mulut, dikunyah, lalu masuk ke perut. Yang pasti makanan-makanan ini bikin enak di hati.

Meski seperti yang gue bilang tadi, nggak ada kategori dan klasifikasi pakem soal comfort food, tapi ada beberapa makanan dari berbagai belahan dunia yang dicap oleh masyarakat setempat bisa memberikan perasaan nyaman itu. Ini dia daftarnya!

Perancis: French onion soup



Sup ini biasanya disajikan hangat dan dimakan saat musim dingin. Teksturnya yang kaya dan creamy (karena mengandung keju lezat) akan membuat siapa saja yang melahapnya jadi nyaman. Biasanya French onion soup ini dinikmati bersama sepotong roti renyah.

Jepang: Ramen



Sudah pasti kalau bicara soal comfort food dan Jepang nggak akan jauh-jauh dari ramen. Sederet pilihan kuah dengan cita rasa yang khas serta gurih ditambah mie yang kenyal menjadi daya tarik makanan ini. Ramen nggak hanya dikenal sebagai comfort food di Jepang saja, di berbagai sisi dunia pun makanan ini dicari-cari oleh mereka yang butuh kehangatan.

Kanada: Poutine



Poutine adalah makanan khas yang berasal dari Montreal, Kanada. Dikenal juga sebagai Canadian Salad, makanan yang satu ini terbuat dari kentang yang digoreng hingga kuning kecoklatan lalu diberi toping keju dan disiram dengan gravy atau saus gurih. Kedengerannya sih enak ya...

Meksiko: Chilaquiles



Meksiko adalah salah satu negara yang kaya makanan. Tapi kalau bicara soal comfort food, orang-orang Meksiko terutama yang menyukai makanan tradisional sepakat kalau Chilaquiles memenuhi semua kategori makanan yang membuat nyaman itu. Chilaquiles secara harfiah berarti "di dalam saus cabai". Makanan ini terdiri dari keripik tortila berbentuk segitiga yang digabungkan dengan salsa lalu dicampur sampai merata. Makanan ini biasanya disajikan dengan potongan keju, telur goreng setengah matang, dan potongan alpukat.

Britania Raya: Fish and Chips



Meskipun nggak banyak orang nyaman mengkonsumsi makanan berminyak, tapi Fish and chips adalah yang paling favorit untuk masyarakat Britania Raya. Renyahnya kentang goreng dan fillet ikan dipadu saus tartar yang creamy akan membuat kamu ketagihan.

Austria: Wiener schnitzel



Wienere schintzel adalah makanan nasional Austria yang terbuat dari daging sapi muda yang digoreng tanpa tulang hingga mencapai tingkat kerenyahan tertentu yang maksimal. Wah kedengarannya saja sudah enak, kan?

Italia: Spaghetti alla carbonara



Makanan ini bisa kita temukan di mana saja di restauran-restauran yang menyajikan makanan Italia di Indonesia. Tapi yang otentik tentu saja rasanya jauh berbeda. Yang perlu diingat adalah: spaghetti carbonara itu nggak berkuah! Hihihi...

Berasal dari Lazio, makanan ini terbuat dari pasta yang dicampur dengan bacon yang krispi, minyak zaitun, kuning telur, dan parutan keju Parmesan.

Polandia: Pierogies



Dumplings atau pangsit ternyata tak hanya jadi comfort food di negara-negara Asia saja. Di Polandia, dumplings pun jadi salah satu makanan yang disebut bikin nyaman terutama Pierogies. Pierogies adalah pangsit yang berisi campuran kentang dan keju. Biasanya dinikmati dengan sour cream dan bawang bombay yang sudah dikaramelisasi.

Israel: Matzo ball soup



Matzo balls atau bakso matzo adalah makanan seperti bakso yang dibuat dari daging matzo dan telur. Teksturnya kenyal menyerap semua rasa kuah kaldu supnya yang kaya. Enak dimakan saat musim hujan nih.

Tiongkok: Congee



Bukan congek lho ya! Ini Congee. Sejenis bubur yang terbuat dari butiran beras yang dimasak hingga benar-benar lumer. Ya kayak bubur yang sering kita makan sih hehehehe. Yang membuat Congee jadi khas adalah taburan dan toping-nya yang seringkali berbeda-beda.

Nah, apa comfort food yang paling bikin nyaman di perut kamu, GanSis?
ekaputra19online.addictsebelahblog
sebelahblog dan 13 lainnya memberi reputasi
14
7.9K
94
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.