Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
307
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9fff648012ae1bae11eeac/kkn-ppl-diary
Curahan Hati Mahasiswa KKN Sebelum masuk ke inti, aku selalu pelaku sesi curhat di thread ini ingin mengucapkan selamat datang buat pembaca yang budiman. Terima kasih buat kalian yang udah mau baca thread berisi pengalaman sekaligus curhatanku dalam menjalani salah satu proses penyelesaian studi yang memakan waktu lama. Kalo boleh jujur, suka dan duka dalam menjalani KKN-PPL kali ini seimbang dan
Lapor Hansip
11-10-2019 11:04

KKN-PPL Diary

icon-verified-thread
Curahan Hati Mahasiswa KKN

KKN-PPL Diary


Sebelum masuk ke inti, aku selalu pelaku sesi curhat di thread ini ingin mengucapkan selamat datang buat pembaca yang budiman.

Terima kasih buat kalian yang udah mau baca thread berisi pengalaman sekaligus curhatanku dalam menjalani salah satu proses penyelesaian studi yang memakan waktu lama.

Kalo boleh jujur, suka dan duka dalam menjalani KKN-PPL kali ini seimbang dan itu membuat aku kadang merasa miris. Aku terjebak dalam keadaan yang harus menguatkan mental untuk berpikir bahwa aku harus bisa.

Kenapa? Aku bisa kuliah karena suatu takdir dan proses yang maha berat. Masak hanya karena satu masalah langsung menyerah di tengah jalan?

Nyatanya, memang tidak segampang itu. Entah mentalku yang bermasalah atau memang keadaan yang menuntut diri ini mengalami hal kurang mengenakkan ini.

Namun, di balik duka pasti ada suka. Aku juga berada di suatu momen di mana ternyata banyak siswa tempatku PPL yang sayang. Suatu hal yang menjadi penguat batin melalui KKN-PPL ini selama 3 bulan.

Ya, seperti yang aku katakan di awal thread bahwa KKN-PPL kali ini layaknya gado-gado, ada asam dan manisnya. Kadang juga pahit sekali hingga rasanya pengen menceburkan diri ke pantai dan menghilang sejenak dari dunia.

Mungkin emang terdengar berlebihan, tetapi hidup memang seperti itu. Aku dipaksa untuk hadir ke dunia yang kadang gelap dan kadang hitam. Rasanya ya gitu, terombang-ambing. Tinggal menunggu kapan semuanya 'kan berakhir.

Melalui thread ini juga, aku bakal menceritakan apa saja program kerja yang kulakukan dan teman-teman kelompok lakukan. Ya, nggak bakal melulu soal tekanan yang kudapatkan di sini alias dukanya, tetapi sukanya juga.

And honestly, aku suka ngajar meski siswa-siswa di sekolah tempat ngajar itu banyak yang suka bertingkah barbar dan doyan main tik-tok. Seperti yang aku bilang di atas bahwa melihat mereka ngerti dan antusias pas aku ngajar adalah salah satu penguat batin terampuh selama menjalani kegiatan yang cukup menguras finansial dan mental ini.

KKN-PPL Diary


Jika ditanya lebih suka di sekolah atau di posko, maka aku bakal jawab enakan di sekolah. Yah, sekolah bagi aku adalah surga, setidaknya untuk masa satu bulan KKN ini. Tinggal nunggu 2 bulan ke depan apakah bakal tetap serasa surga atau sama aja kayak di posko.

Awalnya cuma mau simpan rapat-rapat rasa ini dalam hati, tetapi rasanya batin pengen meledak jika tidak dituangkan dalam bentuk tulisan meski rada absurd dan tidak jelas.

Yah, itulah aku, mahasiswa semester akhir yang sedang mengalami tekanan batin dan tak tau mau curhat sama siapa. Alhasil, jadilah tulisan ini.

Jadi, apakah kalian siap membaca curhatan aku selanjutnya?


Sumber gambar: Dokumen Pribadi

KKN-PPL Diary
Diubah oleh mbakendut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 53 lainnya memberi reputasi
54
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 16
KKN-PPL Diary
29-10-2019 12:45
Quote:Original Posted By mbakendut
Makasih yaemoticon-Angel


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0 0
0
KKN-PPL Diary
31-10-2019 15:17
duuh jadi keingat aku dulu PPL ngajar TK
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan mbakendut memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
03-11-2019 20:07

Part 4 : Ngajak Anak Melek Literasi di Sekolah Ini? Berat!

Curatan Hati Mahasiswa KKN

KKN-PPL Diary

Ngomong-ngomong soal literasi, aku emang punya program kerja bimbel literasi taraf kecil di sekolah tempatku magang sekarang. So, melihat situasi dan kondisi, harapanku bikin mereka melek literasi nggak muluk-muluk.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) emang telah dicanangkan pemerintah untuk sekolah di setiap jenjang, tapi nyatanya di sekolah ini tidak diterapkan. Boro-boro suka baca, lihat tulisan satu halaman aja keburu ngantuk.

Entah apa yang salah, yang jelas mereka kayak gitu karena tidak adanya kebiasaan membaca yang terbawa sejak sekolah dasar atau taman kanak-kanak. Lagi-lagi kebiasaan, dan mencoba membiasakan itulah yang berat.

Gimana mau suka membaca? Kalo fasilitas perpustakaan aja nggak memadai? Dan sepertinya pihak sekolah emang acuh tak acuh soal itu. So, sebagai mahasiswa magang yang nggak punya banyak modal, harapan saya untuk siswa itu nggak terlalu banyak.

Mereka mesti membaca, setidaknya 15 menit setiap hari. Just like that, nggak muluk-muluk.

Saya juga ada harapan agar mereka bisa menghasilkan karya di akhir masa magang saya nanti, tapi nggak terlalu ngarep. Penguasaan kosakata mereka masih sangat minim. Sering sekali karena penguasaan kosakata bahasa Indonesia yang dikit itu, mereka lebih banyak pakai bahasa daerah di sekolah daripada bahasa Indonesia😅.

Memaksakan mereka untuk harus sama dengan siswa di kota-kota besar adalah salah😆. Mereka pintar main hape, tapi tidak menggunakan hapenya untuk hal yang lebih bermanfaat. Malah lebih suka main tiktok😅.

But, ya sudahlah. Aku bakal berusaha semaksimal mungkin buat ngajak mereka lebih minat baca😌. Masih ada waktu sebulan😁. Semoga ada sedikit perubahan dan ada kenang-kenangan yang bisa ane kasih ke mereka sebelum kembali ke kampus🙂.


Sumber gambar : dokumentasi pribadi


Indeks Link
Diubah oleh mbakendut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Enisutri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KKN-PPL Diary
03-11-2019 20:08
Quote:Original Posted By agungdar2494
udah selesai blm kkn ppl nya?


Masih ada satu bulan, Kak.

Quote:Original Posted By noviepurwanti
duuh jadi keingat aku dulu PPL ngajar TK


Jadi Mbak Novie guru TK?😁
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1 0
1
KKN-PPL Diary
03-11-2019 20:16
Suruh main kaskus aja emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan mbakendut memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
03-11-2019 21:03
Quote:Original Posted By kucingkampung97
Suruh main kaskus aja emoticon-Cool



Cuma bisa main tiktokemoticon-Ngakak
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1 0
1
KKN-PPL Diary
08-11-2019 07:45
pengalaman yang menyenangkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KKN-PPL Diary
08-11-2019 07:47
curhatanmu selalu kutampung😆 siap menerima segala curhatan dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KKN-PPL Diary
08-11-2019 09:51
Semoga sukses terus, Ka.
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
08-11-2019 09:51
Quote:Original Posted By masnukho
curhatanmu selalu kutampung😆 siap menerima segala curhatan dah


Aseek. Boleh nihemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
08-11-2019 10:53
emang sih anak sekarang pada bandel dan susah diatur, makanya ane gak berniat lagi jadi guru hahaha butuh kesabaran ekstra soalnya. semoga mbakendut tabah dan kuat emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
08-11-2019 13:46
Semangat Cikgu. Sukses terus dalam mengejar cita-cita. Aamiin ....
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
08-11-2019 15:05
semoga tetap kuat sampai selesai, apapun yang terjadi. Semangat
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
10-11-2019 23:20
selamat berjuang

ha ha pada pinter bikin papan nama nih
keren

profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
11-11-2019 07:33
Ane mejeng di sini lagi dahhh😅
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
11-11-2019 17:18
jejak dulu ya...👣
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
12-11-2019 09:05
mampir lagi sis, semoga diberi kesehatan selalu.
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
13-11-2019 04:08
KKN tiga bulan sist? Lama banget ya?
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
13-11-2019 15:07
Kesabaran pasti akan berbuah baik...
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan bekticahyopurno memberi reputasi
2 0
2
KKN-PPL Diary
14-11-2019 05:09
Quote:
But, ya sudahlah. Aku bakal berusaha semaksimal mungkin buat ngajak mereka lebih minat baca😌. Masih ada waktu sebulan😁. Semoga ada sedikit perubahan dan ada kenang-kenangan yang bisa ane kasih ke mereka sebelum kembali ke kampus🙂.


Semangat aja, gak usah terlalu dibikin beban. Terkadang kita butuh sedikit akal untuk memamcing minat baca.
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
Halaman 13 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
illusi
Stories from the Heart
the-piece-of-life
Stories from the Heart
cinta-di-dinding-biru
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia