Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
310
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbdac4e09b5ca7c3512b522/sekilas-perjalanan-literasiku-hingga-mengenal-kaskus
Awal mengenal literasi karena mengikuti salah satu grub kepenulisan di Facebook. Niatnya hanya untuk mencari bacaan gratis. Semua cerbung kuikuti kisahnya, tidak ada yang terlewat. Salut dengan mereka yang bisa menuangkan ide dalam aksara. Diam-diam mulai mempelajari teknik menulis. Dari mulai tanda baca, dialog tag, alur dan entah apalagi namanya. Mempelajari kesalahan dari hasil bantaian karya o
Lapor Hansip
02-11-2019 23:18

Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus

icon-verified-thread
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus

Awal mengenal literasi karena mengikuti salah satu grub kepenulisan di Facebook. Niatnya hanya untuk mencari bacaan gratis. Semua cerbung kuikuti kisahnya, tidak ada yang terlewat. Salut dengan mereka yang bisa menuangkan ide dalam aksara. Diam-diam mulai mempelajari teknik menulis. Dari mulai tanda baca, dialog tag, alur dan entah apalagi namanya. Mempelajari kesalahan dari hasil bantaian karya orang lain pastinya. Karena waktu itu, jangankan membuat tulisan, mau komen aja rasanya sudah tidak karuan, takut salah menulisnya. Norak, iya, memang norak sekali!

Seorang teman, sahabat lebih tepatnya, selalu memotivasi untuk mau mencoba, salah enggak papa, yang penting mulai dulu. Waktu itu aku masih bergeming. Masih takut, tepatnya. Maret 2019 mulai mengenal Fiksimini, salah satu keajaiban literasi. Sempat frustasi mempelajari Fiksimini, bagaimana tidak, dengan hanya beberapa kata, bisa menguraikan sebuah cerita utuh. Sempat hampir mengibarkan bendera putih, tapi lagi-lagi dukungan dari para sahabat dunia jamur, kami menyebutnya, bisa memberikan kekuatan untuk bertahan. Tetap aku mempelajarinya dalam senyap.

Tantangan kembali datang. Ada kompetisi menulis online yang diadakan salah satu sahabatku. Berbekal ilmu yang tidak seberapa, nekat ikutan, karena syaratnya tidak berat, cukup membuat cerita mini, tidak perlu banyak kalimat, kan. Tema yang diusung adalah perbedaan pilihan politik. Deg-degan, panas dingin ketika jemari mulai menyusun kalimat demi kalimat. Bangga sekali, ketika naskah beberapa kata sudah dikirim. Kemudian disusul event menulis Flash Fiction, di grup Fiksimini. Semuanya kalah, tapi aku merasa menang, karena aku telah keluar dari zona aman. Berani melangkah.

Awal Juni 2019, melalui perantara sahabatku aku mulai mengenal dunia perkaskusan. Jangan ditanya rasanya, bingung. Sebulan buat daftar kreator aja belum tau caranya. Diajaklah oleh sahabatku masuk ke dalam sebuah komunitas, BBB. Deg-degan pasti, takut, jelas. Aku yang bermodalkan tusuk gigi berani-beraninya maju ke arena. Pengenalan tanda baca aja, masih bingung. Satu yang pasti, tekadku sudah bulat, niat ingin belajar dan mengenal literasi lebih dalam.

Awal ngaskus salah masuk forum sampai 3 kali. Berasa bodoh, pasti, sampai sekarangpun aku tetap merasa bodoh. Tiap hari diberi motivasi untuk berani menulis, satu kata yang tertanam sampai detik ini adalah "Lupakan semua aturan, mulailah menulis." Mulai belajar dari awal lagi, tetap dalam senyap. Tiap mau posting panas dingin rasanya. Untuk meminimalisir kesalahan, selesai membuat thread aku sempatkan bertanya paling tidak 3 orang anggota grub BBB. Sambutan mereka luar biasa, hangat. Aku masih ingat dengan semua nama-nama orang yang pernah ku-japri. Mereka mentorku, guruku. Setelah diposting dan ada yang baca tulisan kita itu, rasanya sesuatu banget. Senang pastinya, akhirnya aku bisa menulis dan ada yang sudi membaca tulisanku.

Meskipun aku masih menjadi SR sejati. Tiap hari kuamati tiap obrolan mereka, seru, lucu, hangat. Pelan-pelan mulai berusaha mengakrabkan diri.
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus

Berjalannya waktu, aku mulai merasa nyaman dengan sahabat-sahabat baruku. Meskipun tidak pernah bertemu di dunia nyata, tapi terjalin ikatan yang amat kuat di antara kami. Obrolan penuh canda tawa, kadang saling meledek satu sama lain, belum lagi perang argumen, hangatnya.

Hari ini aku masih mampu menulis, meskipun masih tulisan gaje bin receh semua berkat kalian sahabatku. Orang yang selalu mendorong jika aku sudah terlalu lelah untuk melangkah, selalu memberi semangat di kala aku kehilangan harapan. Maafkan jika aku tanpa sengaja menyakiti kalian. Aku memang egois, keras kepala, dan tidak tau aturan. Mungkin di mataku sudah tepat apa yang kulakukan, tapi salah di mata kalian. Percayalah, hatiku sudah tertahan pada kalian. Satu pintaku, jangan pernah membenciku. Karena kalian semua adalah anugrah dalam hidupku. Sukses terus, pantang menyerah, dan terus melangkah.



Sumber gambar : Google
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yumna123 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 16
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 18:48
Quote:Original Posted By kucingkampung97
Sejak beberapa tahun lalu, tapi tulisannya masih semrawut emoticon-Leh Uga


Kereen gitu kok🤩🤩
0 0
0
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 18:50
Quote:Original Posted By indahmami
Aku nyemule error mulu.
Join selalu mandek tengah jalan.
Kesyel!!
emoticon-cihemoticon-cih


Lhaa kok isoemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 18:52
Quote:Original Posted By iissuwandi
Kereen gitu kok🤩🤩


Jangan memujikkuk laluk menjatuhkankuk emoticon-Leh Uga
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 18:53
Quote:Original Posted By iissuwandi
Cukup kau percaya padaku aja beibemoticon-Mewek


Always selalu percaya.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 18:53
Quote:Original Posted By iissuwandi
Oh gitu, baru tau. Cuma ngobrol2 aja yakemoticon-Goyang


Iyah, aturan minimal 8 kata dan multiquote.
G' boleh dopost dan tripos.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 18:54
Quote:Original Posted By iissuwandi
Wkwkwkwl becanda beibemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Biasa aja..
Aku sih udah tau.
emoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 18:56
Quote:Original Posted By iissuwandi
Lhaa kok isoemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Entah, sampe ngulang beberapa kali tetep aja gitu.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:00
Quote:Original Posted By iissuwandi
Belum pantes Om🙈🙈, masih bodoh sangat🙈🙈


Sedikit saja kakak emoticon-Frown
Wkwkwk om masa
Ane cewek loh sist emoticon-Frown
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:08
Owalah aku baru setahunan inii emoticon-Leh Uga Quote:Original Posted By kucingkampung97
Sejak beberapa tahun lalu, tapi tulisannya masih semrawut emoticon-Leh Uga


Enakan remukan rengginang sist... emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By iissuwandi
Wkwkwkw endes tu remukan gorengan, kriukk kriukk gurih🤭🤭🤭
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:23
Quote:Original Posted By kucingkampung97
Jangan memujikkuk laluk menjatuhkankuk emoticon-Leh Uga


Siappaaa omemoticon-Goyangemoticon-Goyang
0 0
0
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:24
Quote:Original Posted By feliia
Owalah aku baru setahunan inii emoticon-Leh Uga

Enakan remukan rengginang sist... emoticon-Leh Uga


Sama-sama enak Omemoticon-Leh Uga
0 0
0
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:25
Quote:Original Posted By hello.nattacyha
Sedikit saja kakak emoticon-Frown
Wkwkwk om masa
Ane cewek loh sist emoticon-Frown


Ya Tuhaan🙈🙈🙈 tuh kaan ane grogi ampe salah manggil, maafken🙈
0 0
0
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:26
Quote:Original Posted By indahmami
Entah, sampe ngulang beberapa kali tetep aja gitu.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Lahhh kok iso😆😆😆, lagi nganukahemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:26
Quote:Original Posted By indahmami
Biasa aja..
Aku sih udah tau.
emoticon-Goyangemoticon-Goyang


Kamu memang terbaikemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:27
Quote:Original Posted By indahmami
Always selalu percaya.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Terima kasiihh beibemoticon-Goyangemoticon-Goyang

Quote:Original Posted By indahmami
Iyah, aturan minimal 8 kata dan multiquote.
G' boleh dopost dan tripos.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Rulesnya yang bikin nganu, kudu beneran mikiremoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:35
Quote:Original Posted By iissuwandi
Ya Tuhaan🙈🙈🙈 tuh kaan ane grogi ampe salah manggil, maafken🙈


Jahat kakak mah emoticon-Frown
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 19:39
Quote:Original Posted By hello.nattacyha
Jahat kakak mah emoticon-Frown


Maafken akuu Kaakaaak, kakak tercantik sejagad kaskus, paling baik, paling kerenemoticon-Kangen
0 0
0
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 20:28
Quote:Original Posted By iissuwandi
Lahhh kok iso😆😆😆, lagi nganukahemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Lagi embuh koyo wonge.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 20:29
Quote:Original Posted By iissuwandi
Kamu memang terbaikemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Belajar terus menjadi baik.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Sekilas Perjalanan Literasiku hingga Mengenal Kaskus
03-11-2019 20:30
Quote:Original Posted By iissuwandi
Terima kasiihh beibemoticon-Goyangemoticon-Goyang



Rulesnya yang bikin nganu, kudu beneran mikiremoticon-Goyangemoticon-Goyang


Wkwkwk..
Gtu deh, harus bener2 mikir masuk sfth.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Halaman 11 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
melipat-rindu
Stories from the Heart
proposal-tunangan
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
Heart to Heart
Heart to Heart
kalut
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia