alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
71
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbe3255c9518b1acf5d384f/ahok-btp-amp-antasari-azhar-menguat-dewan-pengawas-kpk-pakar-hukum-ungkap-prediksi
TRIBUNKALTIM.CO - Nama Ahok BTP dan Antasari Azhar menguat menjadi Dewan Pengawas KPK, pengamat sebut pilihan Jokowi mulai terdeteksi. Susunan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) periode 2019-2023 diprediksi diisi orang-orang kepercayaan Presiden Joko Widodo. Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Andalas Feri Amsari menilai, Jokowi perlu menempatkan orang-orang dekatnya di jajara
Lapor Hansip
03-11-2019 08:50

Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi

Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi

Quote:TRIBUNKALTIM.CO - Nama Ahok BTP dan Antasari Azhar menguat menjadi Dewan Pengawas KPK, pengamat sebut pilihan Jokowi mulai terdeteksi.

Susunan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) periode 2019-2023 diprediksi diisi orang-orang kepercayaan Presiden Joko Widodo.

Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Andalas Feri Amsari menilai, Jokowi perlu menempatkan orang-orang dekatnya di jajaran Dewan Pengawas untuk memuluskan agendanya di KPK.

"Siapapun dewan pengawasnya pastilah orang-orang jokowi yang tentu saja punya kepentingan di KPK untuk kemudian menjalanlan kepentingan Jokowi," kata Feri kepada Kompas.com, Jumat (1/11/2019).

Feri menuturkan, peluang Jokowi menempatkan orang-orang dekatnya di jajaran Dewan Pengawas KPK terbuka lebar.

Sebab, proses pemilihan Dewan Pengawas KPK pada periode terakhir Jokowi tidak melalui mekanisme panitia seleksio dan tidak memerlukan persetujuan DPR.

"Ini membuktikan Jokowi akan sangat dominan meletakkan orang-orangnya yang memiliki kewenangan bisa menentukan ke arah mana KPK di masa depan," ujar Feri.

Sedangkan, proses pemilihan Dewan Pengawas KPK pada periode berikutnya baru melibatkan panitia seleksi dan DPR sebagaimana proses pemilihan pimpinan KPK.

"Nah ini kan smakin nyata bahwa tidak mungkin orang yang akan ditunjuk Jokowi tidaklah orang Jokowi," kata Feri.

Diberitakan, Presiden Joko Widodo akan menunjuk langsung orang yang akan mengisi jabatan dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi.

Jokowi tak akan membentuk panitia seleksi.

"Untuk pertama kalinya tidak lewat pansel," kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11/2019) sore.

UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK mengatur ketua dan anggota dewan pengawas dipilih oleh Presiden melalui panitia seleksi.

Namun, ada pasal Pasal 69 A ayat (1) yang mengatur bahwa ketua dan anggota dewan pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden Republik.

"Tapi percayalah yang terpilih nanti adalah beliau-beliau yang memiliki kredibilitas yang baik," kata Jokowi.

Jokowi mengaku saat ini ia sudah mendapat masukan-masukan terkait sosok yang akan ia pilih untuk duduk sebagai dewan pengawas KPK.

Pelantikan dewan pengawas nantinya akan berbarengan dengan pelantikan pimpinan KPK periode 2019-2023 yang sudah terpilih.

Isu Ahok BTP dan Antasari Azhar Masuk

Beredar informasi bahwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, bersama Antasari Azhar menjadi Dewan Pengawas KPK.

Diketahui, revisi UU KPK membuat lembaga antirasuah itu bakal memiliki Dewan Pengawas KPK.

Dilansir dari Kompas.com, di media sosial dan pesan aplikasi WhatsApp beredar sebuah unggahan konten yang memuat foto mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Antasari Azhar.

Keduanya disebut telah dipilih sebagai Dewan Pengawas KPK.

Foto itu disertai tulisan, "Selamat dan Sukses Kami Ucapkan atas Terpilihnya Basuki Tjahaja Purnama dan Antasari Azhar Sebagai Dewan Pengawas KPK.

Musnahkan Kelompok Taliban di tubuh KPK Agar tidak dijadikan untuk kepentingan politik".

Peneliti Indonesia Corruption Watch atau ICW Kurnia Ramadhana menilai konten semacam itu merupakan informasi palsu atau hoaks.

Kurnia pun mengungkap sejumlah alasan kenapa informasi semacam itu patut disebut sebagai hoaks.

"Banyak sekali hoaks yang beredar ya, di media sosial.

Padahal UU KPK yang baru (hasil revisi) kan belum disahkan, dan belum bisa diterapkan," kata Kurnia saat ditemui di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Jakarta, Minggu (6/10/2019).

Ketentuan Dewan Pengawas KPK memang baru dicantumkan setelah DPR dan pemerintah melakukan revisi terhadap Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

Pengesahan baru dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR pada 17 September 2019.

Saat ini, UU KPK hasil revisi baru saja dikembalikan Istana Kepresidenan ke DPR karena ada salah ketik.

Dengan demikian, informasi bahwa Ahok dan Antasari Azhar telah dipilih sebagai Dewan Pengawas KPK jelas hoaks.

"Maka dari itu harusnya tidak ada berita-berita yang mengatakan tentang adanya anggota dewan pengawas yang baru atau yang sudah dipilih," ujar Kurnia.

Kurnia juga mempertanyakan muatan konten tersebut bahwa ada kelompok Taliban di KPK.

Selama ini, Taliban dikenal sebagai kelompok berkuasa di Afghanistan yang memperlakukan ajaran radikal.

"Pihak yang menuding isu Taliban dan lain-lain itu harusnya yang bersangkutan bisa menjelaskan Taliban seperti apa?

Buktinya apa?

Tudingan itu apakah ada pembuktian yang dilakukan?" kata Kurnia.

Selembar kain hitam yang menutupi logo KPK tersibak saat berlangsungnya aksi dukungan untuk komisi anti rasuah itu di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Ia menilai, isu-isu semacam itu dihembuskan pihak tertentu yang tidak suka dengan perkembangan kinerja KPK dalam pemberantasan korupsi.

Kurnia juga memandang, isu itu tidak sehat karena menggeser perdebatan dari persoalan penyelamatan KPK yang lebih penting ke persoalan yang tidak substansial.

"Ini kan tidak baik ya untuk pencerdasan masyarakat.

Kami berharap masyarakat selalu cek beberapa pemberitaan terkait tudingan kepada KPK.

Banyak sekali media kredibel yang dijadikan rujukan untuk menilai apakah informasi narasi itu benar atau salah," kata dia.

"Jangan sampai terjebak pada narasi pihak tertentu yang memang tidak senang dengan KPK yang mengeluarkan pendapat yang tidak ada obyektivitasnya.

Hanya pendapat yang subyektif sehingga masyarakat justru dikaburkan pandangannya," ujar Kurnia.

Ia meminta masyarakat tak terlibat dalam perdebatan isu yang tidak substansial dan validasinya diragukan.


https://kaltim.tribunnews.com/2019/1...ilihan-jokowi?

duo maut kalau benar terjadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
combustor dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 12:38
Quote:Original Posted By nofairytale
Ahok anggota partai, ga memenuhi syarat.
Antasari pernah dipenjara lebih 5 tahun, ga memenuhi syarat.
BuzzeRp cuma niup2 angin surga aja.
Ada 1 syarat peralihan pasal 69A kalo yg diangkat bakal termasuk orang yang berpengalaman sebagai penegak hukum selama 15 tahun. Nah, kita lihat saja nanti siapa dipilih Jokowi.
Taufiqurahman Ruki lagi kah? Oegroseno? Suhardi Alius? Basaria Panjaitan? Atau malah Budi Gunawan?


Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi

Jangan ganggu warga glodok sedang berkhayal ya akhoe ya bussie.
emoticon-Marah
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 12:44
Hoax ah
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 12:46
wadaw klo bener kejadian mulai was2 wanjem bud emoticon-Leh Uga bisa2 bekingannya di KPK ilang hilang sudah kesempatan buat maju di 2022 atau 2024 emoticon-Leh Uga mudah2an bener bakal rame nih dunia koruptor biasanya mentok cuma OTT kepala daerah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 12:50
Quote:Original Posted By gusmi21
wadaw klo bener kejadian mulai was2 wanjem bud emoticon-Leh Uga bisa2 bekingannya di KPK ilang hilang sudah kesempatan buat maju di 2022 atau 2024 emoticon-Leh Uga mudah2an bener bakal rame nih dunia koruptor biasanya mentok cuma OTT kepala daerah emoticon-Leh Uga


Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 13:20
SETUJU...
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 13:34
Quote:Original Posted By Jerry Maguire
Keduanya sudah cacat secara hukum. Kalau misalnya dipilih dan menyandang gelar mantan napi, gimana kredibilitas Pemerintah?
Jadi membuka kotak pandora utk mantan2 napi lainnya, terutama mantan napi koruptor untuk mempunyai legitimasi untuk duduk di pemerintahan dan DPR/DPRD.


Yak setuju
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 13:48
bisa aja si sbnernya pada bagus, tp klo bisa yg bersih tanpa ada cela jerujijerujian emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 13:51
Sejumlah syarat untuk menjadi dewan pengawas diatur pada Pasal 37D, antara lain berstatus WNI, tidak pernah dipidana penjara karena tindak kejahatan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 5 tahun, usia minimal 55 tahun dan lainnya.

emoticon-Big Grin
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 14:13
Quote:Original Posted By djoekondelongop
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi

Hubungan sama antek arab apaan bong.
Dan yang ente maksud antek arab itu siapa?
Kalau ada antek arab, ada antek yang laen kagak bong? Antek aseng komunis atau apa gitu?
Sebegitu anti patinya dengan semua yang berbau arab.
Padahal yang sering nyolong duit negara dari kaum cipit dibawa mabur balik ke tanah leluhur mengleng.
Komenan cebong yang menyudutkan ras atau agama tertentu itulah yang membuat banyak orang diluar sana benci setengah mati sama namanya binatang laknat kecebong.


Ada yang salah?
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 14:24
Seram jg kursi di KPK tuh, harus punya nyawa dobel emoticon-Takut

profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 14:30
Quote:Original Posted By tanah.liat
Ada yang salah?


Gak ada. emoticon-Big Grin
Cebong dan para junjungan maha benar. emoticon-Big Grin
Berani bilang salah sesuatu yang fatal, bisa dituduh teroris mau makar, berakhir dibui. emoticon-Big Grin
Hidup di zaman yang penuh fitnah seperti ini memang harus pintar2 jaga ucapan. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Diubah oleh djoekondelongop
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan areszzjay memberi reputasi
1 1
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
Lapor Hansip
03-11-2019 14:31
Balasan post tanah.liat
Quote:Original Posted By tanah.liat
kalau beneran mereka yg jadi dewan pengawas....
bakal terkaing kaing antek arab emoticon-Ngakak


ga cuma antek arab doank yg kaing2 emoticon-Mad

dari ujung ke ujung pasti kaing2 emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 14:35
Quote:Original Posted By djoekondelongop
Gak ada. emoticon-Big Grin
Cebong dan para junjungan maha benar. emoticon-Big Grin
Berani bilang salah sesuatu yang fatal, bisa dituduh teroris mau makar, berakhir dibui. emoticon-Big Grin
Hidup di zaman yang penuh fitnah seperti ini memang harus pintar2 jaga ucapan. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Nahh gitu komengnya adem emoticon-2 Jempol


Ceklah post ane 1 persatu... mana pernah ane bawa2 agama....
Mau ente nyembah kambing,onta bodoh amat...

Kalau ane bilang antek arab...
emang bener kan?kalean2 arabwannabe....
Dasar kadrun emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By d3kozy
ga cuma antek arab doank yg kaing2 emoticon-Mad

dari ujung ke ujung pasti kaing2 emoticon-Leh Uga


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 14:46
Quote:Original Posted By ulatbulu2
naro btp jd dewan pengawas kpk sama kyk naro ronaldo jd keeper

sia2 ga bs berkembang jg


Ibaratnya Ronaldo jd kiper, tp nge gol in lari solo run dr gawang

Alias terlalu ganas, di luar posisinyaemoticon-Wakaka
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 15:40
Quote:Original Posted By truebluezz
Itu ahmad dhani napi mau nyalon pilwakot malah ..masih napi hlo


Setau gua waktu dy nyalonin jd bupati bekasi status nya blm mantan napi bray

Dan kta prof mahfud mantan napi yg d pidana 2thn gk bsa jd pejabat sekelas mentri gk tau dh klo dewan pengawas pejabat sekelas mentri/bukan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 15:43
Quote:Original Posted By bozat
Noh si penyuka lobster bisa jd wakil DPRD Jkt, napi koruptor padahal emoticon-Big Grin


Wktu klo gk salah ad yg ngajuin gugatan k MK/MA klo dpr/dprd walau mantan napi bisa nyalon lg supaya jd anggota dpr/dprd.



kta prof mahfud mantan napi yg d pidana 2thn gk bs jd pejabat skelas mentri

Nah dewan pengawas jabatan setingkat mentri atau bukan gw gak paham bray

Makan nya gw nanya
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
Lapor Hansip
03-11-2019 16:39
Balasan post Vikutorika
Quote:Original Posted By Vikutorika
Sejumlah syarat untuk menjadi dewan pengawas diatur pada Pasal 37D, antara lain berstatus WNI, tidak pernah dipidana penjara karena tindak kejahatan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 5 tahun, usia minimal 55 tahun dan lainnya.

emoticon-Big Grin

Dan Ahok umurnya belum 55. emoticon-Ngacir
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 17:02
yang terbaik saja
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 17:25
ahok, susi, jonan, antasari, ruhut/adian
0 0
0
Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi
03-11-2019 18:14
Quote:Original Posted By billyns
ahok, susi, jonan, antasari, ruhut/adian


Ahok BTP & Antasari Azhar Menguat Dewan Pengawas KPK, Pakar Hukum Ungkap Prediksi

Babisuki kebanggaan warga glodok bacod jamban penista agama lebih cocok jadi kaka pembina bajer cebong, ngawasin para cebong tebar fintah dan kebencian, kalau ada yang kerja gak bener2 biar dimaki2 sampai ayan. emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.