News
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbd5c4928c9911f82211bed/kisruh-aibon-kpk-dukung-rencana-anies-baswedan-perbaiki-e-budgeting
Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif berharap Pemprov DKI Jakarta tidak meninggalkan sistem e-budgeting usai rencana anggaran ganjil jadi polemik(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono) Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif turut angkat suara terkait RAPBD DKI Jakarta tahun 2020 yang kini menjadi polemik. Dia menyoroti soal sistem e-budgeting yang digunakan
Lapor Hansip
02-11-2019 17:36

Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting



Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif turut angkat suara terkait RAPBD DKI Jakarta tahun 2020 yang kini menjadi polemik. Dia menyoroti soal sistem e-budgeting yang digunakan Pemprov DKI Jakarta.

Laode berharap Pemprov DKI Jakarta tidak meninggalkan sistem e-budgeting dan kembali ke manual dalam pembuatan rencana anggaran. Dia mengutarakan itu melalui akun Twitter @LaodeMSyarif, Sabtu (2/11)

"Jika e-budgeting @DKIJakarta yang sekarang ingin DISEMPURNAKAN, Silahkan...tapi JANGAN kembali ke cara lama yang tidak dapat dipantau masyarakat. Ingat: e-budgeting adalah alat Pencegahan korupsi yang bagus, karena meningkatkan TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS," tuturnya.

E-budgeting, kata Laode, membuat perencanaan dan penganggaran jadi transparan dan akuntabel. Masyarakat bisa turut mengawasi jika ada mata-mata anggaran yang ganjil dan tak masuk akal.

Dengan begitu, ketika terpantau, anggaran ganjil tersebut batal dimasukkan dalam APBD yang disahkan.

Laode yakin e-budgeting patut dipertahankan. Terlebih, selama ini DKI Jakarta juga identik sebagai pemerintah daerah yang menerapkan itu. Bahkan termasuk yang terbaik di Indonesia bersama dengan Pemkot Surabaya, Jawa Timur.

"KPK_RI sering mencontohkan e-budgeting @DKIJakarta dan Kota Surabaya sebagai e-budgeting terbaik di Indonesia," kata Laode.

"Contoh BAGUS di Indonesia adalah Kota Surabaya & DKI Jakarta. LANJUTKAN," lanjutnya

Rancangan anggaran Pemprov DKI Jakarta yang ganjil jadi polemik dalam beberapa hari belakangan. Terutama ketika ada sejumlah rencana anggaran yang dianggap tak wajar. Salah satunya, pengadaan lem aibon sebesar Rp82 miliar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah mengklarifikasi. Menurutnya, ada dua penyebab mata anggaran ganjil itu muncul.

Pertama, sistem e-budgeting yang tidak mampu memverifikasi angka-angka tak masuk akal ketika di-input. Kedua, petugas yang tidak tertib dalam memasukkan data rencana anggaran.

Anies mengatakan pihaknya memang tengah memodifikasi atau upgrade sistem e-budgeting. Dia tidak berencana meniadakan sistem tersebut dan kembali melakukan secara manual.

Dia menambahkan dalam sistem yang telah perbarui nanti bahkan terdapat fitur komentar bagi warga. Proses pembaruan masih dilakukan saat ini dan diprediksi sudah bisa digunakan pada tahun depan.

"Intinya adalah kita memiliki aplikasi yang terus ada perkembangan, bukan error, dan harus di-upgrade. Bukan mengganti atau meniadakan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (1/11).
Sumber

emoticon-Malu ane kira Si Wan Aibon yg didukung..
Trnyata sistemnya emoticon-2 Jempol

Bagi Youtuber Pemula yang ingin Menuju 1000 Subscriber Bersama

(FORUM KASKUS) ini yee Gan & List Youtuber yg siap saling Subscribe
YOUTUBER PEMULA Masooook !!! Qta Bersatu Kuy Meraih 1000 Subscriber
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
Diubah oleh informan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 18:44
Quote:Original Posted By informan.


Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif turut angkat suara terkait RAPBD DKI Jakarta tahun 2020 yang kini menjadi polemik. Dia menyoroti soal sistem e-budgeting yang digunakan Pemprov DKI Jakarta.

Laode berharap Pemprov DKI Jakarta tidak meninggalkan sistem e-budgeting dan kembali ke manual dalam pembuatan rencana anggaran. Dia mengutarakan itu melalui akun Twitter @LaodeMSyarif, Sabtu (2/11)

"Jika e-budgeting @DKIJakarta yang sekarang ingin DISEMPURNAKAN, Silahkan...tapi JANGAN kembali ke cara lama yang tidak dapat dipantau masyarakat. Ingat: e-budgeting adalah alat Pencegahan korupsi yang bagus, karena meningkatkan TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS," tuturnya.

E-budgeting, kata Laode, membuat perencanaan dan penganggaran jadi transparan dan akuntabel. Masyarakat bisa turut mengawasi jika ada mata-mata anggaran yang ganjil dan tak masuk akal.

Dengan begitu, ketika terpantau, anggaran ganjil tersebut batal dimasukkan dalam APBD yang disahkan.

Laode yakin e-budgeting patut dipertahankan. Terlebih, selama ini DKI Jakarta juga identik sebagai pemerintah daerah yang menerapkan itu. Bahkan termasuk yang terbaik di Indonesia bersama dengan Pemkot Surabaya, Jawa Timur.

"KPK_RI sering mencontohkan e-budgeting @DKIJakarta dan Kota Surabaya sebagai e-budgeting terbaik di Indonesia," kata Laode.

"Contoh BAGUS di Indonesia adalah Kota Surabaya & DKI Jakarta. LANJUTKAN," lanjutnya

Rancangan anggaran Pemprov DKI Jakarta yang ganjil jadi polemik dalam beberapa hari belakangan. Terutama ketika ada sejumlah rencana anggaran yang dianggap tak wajar. Salah satunya, pengadaan lem aibon sebesar Rp82 miliar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah mengklarifikasi. Menurutnya, ada dua penyebab mata anggaran ganjil itu muncul.

Pertama, sistem e-budgeting yang tidak mampu memverifikasi angka-angka tak masuk akal ketika di-input. Kedua, petugas yang tidak tertib dalam memasukkan data rencana anggaran.

Anies mengatakan pihaknya memang tengah memodifikasi atau upgrade sistem e-budgeting. Dia tidak berencana meniadakan sistem tersebut dan kembali melakukan secara manual.

Dia menambahkan dalam sistem yang telah perbarui nanti bahkan terdapat fitur komentar bagi warga. Proses pembaruan masih dilakukan saat ini dan diprediksi sudah bisa digunakan pada tahun depan.

"Intinya adalah kita memiliki aplikasi yang terus ada perkembangan, bukan error, dan harus di-upgrade. Bukan mengganti atau meniadakan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (1/11).
Sumber

emoticon-Malu ane kira Si Wan Aibon yg didukung..
Trnyata sistemnya emoticon-2 Jempol

Bagi Youtuber Pemula yang ingin Menuju 1000 Subscriber Bersama

(FORUM KASKUS) ini yee Gan & List Youtuber yg siap saling Subscribe
YOUTUBER PEMULA Masooook !!! Qta Bersatu Kuy Meraih 1000 Subscriber
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting


kicep lah.. udah teken uu kpk..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 18:45
Quote:Original Posted By mibmobz
nantik anak buwah kpk akan gw schedule ke pemprov, agar dibantu pegimane cara nya menyusun anggaran papanza yg baek dan benar, bukan dgn dalil aibon, bolpen dan atk laen nya. tapi cukup papanza sajah emoticon-Ngakak


papanza itu apaan ganemoticon-Ngakak
profile-picture
informan. memberi reputasi
1 0
1
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 18:46
Se smart apapun itu aplikasi nggak ada gunanya kalau APBD baru bisa di akses masyarakat kalau sdh disahkan DPRD.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan arashibirru memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 18:47
terlalu terbuka itu tidak baik, aurat
makanya perlu perbaikan biar lbh tertutup
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan informan. memberi reputasi
2 0
2
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 19:07
Perbaikannya cuma dikasih kolom komentar, dan ini dianggap anies smart system

Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan informan. memberi reputasi
2 0
2
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
Lapor Hansip
02-11-2019 19:07
Balasan post kadalgurun19
Quote:Original Posted By kadalgurun19
"Kita PATUT BERSYUKUR, gara-gara adanya e-planning/e-budgeting @DKIJakarta, anggaran-anggaran aneh dapat dipantau masyarakat, sehingga tidak jadi masuk dalam APBD. @KPK_RI sering mencontohkan e-budgeting @DKIJakarta dan Kota Surabaya sebagai e-budgeting terbaik di Indonesia," kata Syarif melalui Twitter-nya, @LaodeMSyarif, seperti dilihat detikcom, Sabtu (2/11/2019).


ebudgetting dki itu niru punya surabaya.

sayang tidak ada wartawan yang nanya risma .


apa salah meniru yang baik?

profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan informan. memberi reputasi
2 0
2
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 19:15
yoi, dukung terus KPK kan masih sodara sama wedan wkwk
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan informan. memberi reputasi
2 0
2
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 19:18
sebelum bacot, tolong KPK perbaiki diri dulu.
akuntabilitas dan transparansi nya sendiri dapet predikat rendah dari BPK.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 19:42
Quote:Original Posted By chef.dayat
sebelum bacot, tolong KPK perbaiki diri dulu.
akuntabilitas dan transparansi nya sendiri dapet predikat rendah dari BPK.


Hmmm,ketahuan gk baca isi threadnya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 19:52
TS bikin buzzer gagal crot
emoticon-Ngakak
0 0
0
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 19:53
Hanya perlu satu perbaikan dan masalah selesai yaitu:

Saat user input data, maka data tdk lsg muncul ke publik melainkan masuk ke draft (terkunci) selanjutnya tinggal anies dan tim khususnya yg tentukan apakah approve atau reject. Ketika di approved, maka baru muncul ke publik (bisa dilihat semua org).

Jd, ketika itu sdh muncul ke publik maka menjadi tanggung jawab gubenurnya. Dgn kata lain gubenur sdh liat, sdh setujui.

Itu yg dilakukan ahok waktu itu kan? Yg ada tulisan nenek lu.

Nah beranikah anues si edan.
0 0
0
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
Lapor Hansip
02-11-2019 19:58
Balasan post yeesalah
bener banget. Sekiranya ud bisa diliat publik, pad ngeliat lem aibon 1 kaleng 10 juta, udah gk bisa diapa2in karena udah sepakat dprd n pemprov. Mrka tinggal ngeles2 aja dgn brbagai istilah yg intinya anggaran ud disepakati bersama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 20:00
60 milyar - biaya CR sistem e-budgeting
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 20:19
e-Budgeting dan transparansi ga cocok buat orang d*ng* yang niat k*r*ps* .. ane setuju untuk di tiadakan di periode dki sekarang, biar pemerintahan dki berjalan normal ...
Diubah oleh mandatini
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 20:28
Salah input tuh, salah ketik, salah Allah ciptakan org goblock. Semua salah Allah.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 20:48
bukan sistemnya bro yang di perbaiki tapi KPK yang harus diperbaiki takut ya sama novel
0 0
0
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 21:02
Yang bela wan abud pada kemana nehhh???

emoticon-Big Grin
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 21:22
Si anies kan mau bikin sistem yg lebih smart. Saking smartnya sampai bisa bikin sendiri anggaran lem aibon 80M.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 21:38
baik
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Kisruh Aibon, KPK DUKUNG Rencana Anies Baswedan Perbaiki e-Budgeting
02-11-2019 21:38
baik
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia