News
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbbd1ee65b24d3f5e39c4f4/ombudsman-soroti-politikus-psi-yang-kritik-anggaran-lem-aibon-rp-82-m
Foto Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala: Alfons/detikcom Jakarta - Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala menyoroti kritik kepada Anggota DPRD PSI William Aditya Sarana yang pertama kali membuka keanehan rencana anggaran DKI Jakarta di akun media sosialnya. Ia mengatakan seharusnya William sebagai salah satu anggota DPRD turut membereskan keanehan itu, bukan melemparkan masalah itu ke publik sehingg
Lapor Hansip
01-11-2019 13:34

Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M

Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M Foto Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala: Alfons/detikcom

Jakarta - Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala menyoroti kritik kepada Anggota DPRD PSI William Aditya Sarana yang pertama kali membuka keanehan rencana anggaran DKI Jakarta di akun media sosialnya. Ia mengatakan seharusnya William sebagai salah satu anggota DPRD turut membereskan keanehan itu, bukan melemparkan masalah itu ke publik sehingga timbul ketidakpercayaan masyarakat kepada rencana anggaran itu.

"Mereka (DPRD) lah yang kemudian ribet nih, teriak teriak. Jadi betul ketika suatu hal masih dalam situasi perbincangan kemudian dilepas ke publik memang secara etika itu juga salah sih menurut saya, kenapa? Karena masih dalam pembahasan, kemudian ada anggota (DPRD) melepasnya, padahal dia sendiri punya ranah untuk itu, bisa teriak teriak ya tanpa harus menceritakan ke publik," kata Adrianus kepada wartawan di Gedung Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (1/11/2019).

Selain itu, Adrianus juga menyebut wajar PSI mendapat teguran dari pimpinan komisi A DPRD DKI Jakarta saat rapat mengenaai anggaran itu. "Jadi, kalau dilhat pendekatan etika lembaga, saya kira wajar kalau Ketua DPRD nya menegur si PSI secara etika kelembagaan, kalau di lihat advokasi sosial ya wajar juga untuk itu," katanya.

Meski begitu, Adrianus juga mengapresiasi William, menurutnya kritik keras yang dilontarkan William ini bisa menjadi peringatan bagi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya dalam menyusun rencana anggaran, jika William tidak melempar kritik, lanjut Adrianus, kemungkinan anggaran itu akan lolos.

"Cara pikir ini kan mempersilakan satu hal, bahwa ada mitra tanding DPRD yang kritis, jeli, tahu anggaran, bahasa keungan, sehingga mampu melihat bahwa ini pada tahap asal masuk dulu, asal selesai dulu, gimana kalau tidak ada? ya lewat, itu jadi bersifat ajek (tidak berubah) dan lolos," tuturnya.

"Jadi, dalam pendekatan etik bersifat konvensional maka ya teman-teman PSI bekerja ramai mengkritisi dan jangan undang yang lain, karena kalau undang yang lain ujung-ujungnya ada demonstrasi lah, bully lah, jadi melebar," imbuhnya.

Sebelumnya, PSI menyoroti anggaran lem Aibon senilai Rp 82 miliar di Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Barat. Lalu anggaran ballpoint Rp 124 miliar jadi pertanyaan PSI.

"Selain anggaran lem Aibon tersebut, Fraksi PSI Jakarta juga menemukan adanya usulan anggaran pengadaan ballpoint sebesar Rp 124 miliar di Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur, 7.313 unit komputer dengan harga Rp 121 miliar di Dinas Pendidikan, dan beberapa unit server dan storage senilai Rp 66 miliar di Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik," kata anggota DPRD DKI Fraksi PSI, William Aditya Sarana, dalam keterangan pers tertulis, Rabu (30/10).

Dinas Pendidikan DKI Jakarta lalu menjelaskan bahwa anggaran itu merupakan anggaran sementara untuk kemudian diubah setelah mendapat rencana anggaran dari pihak sekolah. Anggaran yang tertulis dalam lem Aibon merupakan anggaran alat kelengkapan kantor Biaya Operasional Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Barat. Ada perubahan angka setelah dilakukan penyesuaian.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sudah menegaskan tak mungkin membeli lem Aibon senilai Rp 82 miliar. Dia mengatakan munculnya anggaran yang aneh tersebut dipicu oleh masalah sistem.

SUMBER


Sengaja gw gedein.. emoticon-Malu (S)

Orang kalo ketololannya udah maksimal ya statementnya kaya gini.. emoticon-Malu (S)
Prosentase kursi PSI d DPRD DKI emang berapa ??.. elo teriak2 sampe bego juga tetap bakalan lolos itu RAPBD.. tolol.. emoticon-Malu (S)

Udah jelas2 ketangkep basah mau maling aja masih ngeles salah ketik.. berubah jadi sengaja input.. eh ujung2nya malah nyalahin sistem.. tolol.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pretendalone dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 8
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
Lapor Hansip
02-11-2019 08:50
Balasan post jantakam
@jantakam persetan ama komunitas buzzer jasmev, emang yg jasmev siapa cuk? lu di kasi transparansi hasil kerja babu pemerintah malah gak sukaemoticon-Ngakak
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
Lapor Hansip
02-11-2019 08:58
Balasan post firaga
Halah counteran lu malah muter...gw tahu kok buzzer2 bayaran Jokowi Ahok sejak 2012
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
Lapor Hansip
02-11-2019 09:02
Balasan post jantakam
@jantakam kamu lucu deh.... emoticon-Ngakak


gua jadi buzzer.? .. dari 2012?... kaya dong gue? .. subhanalloh .. yihaaaaemoticon-Kaskus Bangetemoticon-Ngakak
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 09:41
hmmmmm
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 09:48
wan aibon banyak back up nya ternyatah
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 10:04
kata temen ane....

AICA AIBON = Advance Intelligence Computing Application for Anticipating Irrelevant Budgeting of Nation
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 10:28
ini gara gara system e budgeting di matiin sama si abud bahlul
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 10:33
jadi kalo ada stereotip bahwa arab itu gak bisa kerja loe tau sendirilah realitanya gimana emoticon-Big Grin

arab itu sejak jaman nabi terkenal sbg bangsa puitis...hobinya berpuisi bersyair alias ngoceh omdo. makanya pas nabi datang syair itu dilarang. krn itu bikin orang arab males kerja dan banyak bacod .... yaah mirip wan aibon ini lah salah satu spesies arabnya emoticon-Busa:
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 11:54
Maling mau nilep duit ketahuan...eh dibela sedemikian rupa pake bhs halus intelek babi2 penjilat wan aibon.
Muka asu banget lu anjing2 pemakan tai wan aibon :fuck you
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 12:44
Belum di beli
Tapi sudah banyak aja yg mabok lem

emoticon-Hammer2

Kira2 wan aibon ngeasa gak harga dirinya di injak2??

Sampek bawahan ngaku masukin data anggaran asal2an dan ngira gak akan ada masalah..

Dianggap apa tuh wan aibon sama bawahannya sampek berami ngelunjak begitu??
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 12:53
Quote:Original Posted By wbshock
Belum di beli
Tapi sudah banyak aja yg mabok lem

emoticon-Hammer2

Kira2 wan aibon ngeasa gak harga dirinya di injak2??

Sampek bawahan ngaku masukin data anggaran asal2an dan ngira gak akan ada masalah..

Dianggap apa tuh wan aibon sama bawahannya sampek berami ngelunjak begitu??


Nohini yg bikin heran, buat anggaran koq asal-asalan dan dianggap bkn masalah

Njiiir.... emangnya daun

emoticon-Hammer2
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 15:47
You can fool some people sometimes but you can't fool all the people all the times - Bob Marley
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 20:59
PSI itu partai apa sih? kontribusinya buat negara apa?
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
02-11-2019 21:00
PSI partai dajjal.
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
Lapor Hansip
03-11-2019 13:53
Balasan post nubihart
Quote:Original Posted By nubihart


suka2 psi...dia di pilih rakyat...tanggung jawab nya ke rakyat....
dia wakil gue....kl nemu yg janggal ya jelas gue lebih seneng kl dia lapor ke gue...
mau ape lo? ape lo?....

maka nya jangan bikin anggaran yg ngawur......
psi anjing penjaga yg baik...lihat hal mencurigakan menyalak....

drpd anjing penjaga bisu....maling nya udah gelar nggarong masih mingkem juga.....jadikan rica2 aja anjing penjaga bisu....gak guna...


Ente yg ngawur gan, doi dipilih rakyat DKI Jakarta ya jelas.
Tapi doi gg bisa manfaatinnya berarti musti belajar kelembagaan negara lagi mereka.
Keiistimewaan hak anggota dprd kan di lembagakan. Dalam kelembagaan mengenal hak mendengarkan pendapat eksekutif, ruang konsultasi, ruang paripurna banggar, dan mekanisme menolak anggaran di sidang paripurna.

Kalau ente yang koar2 di sosmed, gg masalah bre ane dukung, kalau anggota PSI yg notabene bisa masuk kedalam koar2 di sosmed, tanda tanya lah? Kenapa gg digunain mekanismenya kelembagaannya? Wajar dong ada publik / pengamat tata negara berasumsi aneh2. Dan tritnya dibaca lg yaa gan.
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
04-11-2019 08:21
Quote:Original Posted By risman88


Ente yg ngawur gan, doi dipilih rakyat DKI Jakarta ya jelas.
Tapi doi gg bisa manfaatinnya berarti musti belajar kelembagaan negara lagi mereka.
Keiistimewaan hak anggota dprd kan di lembagakan. Dalam kelembagaan mengenal hak mendengarkan pendapat eksekutif, ruang konsultasi, ruang paripurna banggar, dan mekanisme menolak anggaran di sidang paripurna.

Kalau ente yang koar2 di sosmed, gg masalah bre ane dukung, kalau anggota PSI yg notabene bisa masuk kedalam koar2 di sosmed, tanda tanya lah? Kenapa gg digunain mekanismenya kelembagaannya? Wajar dong ada publik / pengamat tata negara berasumsi aneh2. Dan tritnya dibaca lg yaa gan.


lha suka2 dia....kl dia mau koar2 di media bongkar anggaran yg gak masuk akal...hak dia....
dia bisa juga ntar ribut di rapat dprd....

sebagai warga negara yg baik...dan sbg dprd yg di pilih rakyat...wajar bikin laporan ke rakyat...atau mengabar kan ke rakyat....wkwkkwkw

kenapa ente kebakaran jembud? wkkkw
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
Lapor Hansip
04-11-2019 09:18
Balasan post Storm Shadow
Quote:Original Posted By Storm Shadow

Kan bisa dicek di data kepolisian, status, bacground atau rekam jejak orang yang dicurigai, gan.


Kalo rekam jejaknya ada, so pasti.


Kalo masuk KPK, jika berpotensi merugikan negara, bisa disidik dan diselidiki, gan.


[mention]Storm Shadow[/mention]

Kalo emang dia DPO ato residivis ya bisa ditangkap, tapi klo bukan, polisi ya ga bisa apa2.

KPK bukan menangkap orang yang berpotensi merugikan negara, tapi memanfaatkan jabatan atau posisi di pemerintahan untuk kekayaan sendiri atau orang yang memiliki hubungan dengannya

Kalopun ada tindakan yang merugikan negara, tidak semua itu adalah kriminal.
Misal: gw pejabat negara, gw mau pergi keluar negeri, karena gw beli tiketnya di website garuda, gw kemahalan 500rb soalnya di traveloka lagi diskon, negara rugi donk. Jadi gw bisa kena pasal gitu..?
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
Lapor Hansip
04-11-2019 22:08
Balasan post nubihart
Quote:Original Posted By nubihart


lha suka2 dia....kl dia mau koar2 di media bongkar anggaran yg gak masuk akal...hak dia....
dia bisa juga ntar ribut di rapat dprd....

sebagai warga negara yg baik...dan sbg dprd yg di pilih rakyat...wajar bikin laporan ke rakyat...atau mengabar kan ke rakyat....wkwkkwkw

kenapa ente kebakaran jembud? wkkkw


Kalau suka2 psi, kalau doi juga ngambil uang rakyat terserah dia dong?

Ente ngerti gg aturan kelembagaan? Baca dulu sana. Partai yg baik selain laporan ke rakyatnya, juga terlembaga yang baik dong sesuai mekanisme aturan hukum perundang2an. Banyak baca dulu sana...
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
06-11-2019 06:08
Quote:Original Posted By risman88


Kalau suka2 psi, kalau doi juga ngambil uang rakyat terserah dia dong?

Ente ngerti gg aturan kelembagaan? Baca dulu sana. Partai yg baik selain laporan ke rakyatnya, juga terlembaga yang baik dong sesuai mekanisme aturan hukum perundang2an. Banyak baca dulu sana...


aturan kelembagaan? wtf.....wkwkwkkw....

wakil rakyat ngomong atau bongkar soal apbd suka2 dia....dan apbd juga harus di publish...elu bego ya? sejak era e budgetting pemprov dki wajib menaruh dan membuat e budgetting bisa di lihat dan di akses semua orang.....kl psi cuma highlight lem aibon ..

psi mau korupsi ya suka2 dia,,.cuma kl ketangkep kpk jangan mewek..gitu aja.....

wan abud aja suka2 dia....pasang bambu mesum 330 juta dan waring suka2 dia...

marka jalan di cat warna warni kayak taman kanak2 juga suka2 dia...pdhl ngabisin duit dan melanggar aturan pula.....wtf..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
Lapor Hansip
06-11-2019 13:27
Balasan post nubihart
Quote:Original Posted By nubihart


aturan kelembagaan? wtf.....wkwkwkkw....

wakil rakyat ngomong atau bongkar soal apbd suka2 dia....dan apbd juga harus di publish...elu bego ya? sejak era e budgetting pemprov dki wajib menaruh dan membuat e budgetting bisa di lihat dan di akses semua orang.....kl psi cuma highlight lem aibon ..

psi mau korupsi ya suka2 dia,,.cuma kl ketangkep kpk jangan mewek..gitu aja.....

wan abud aja suka2 dia....pasang bambu mesum 330 juta dan waring suka2 dia...

marka jalan di cat warna warni kayak taman kanak2 juga suka2 dia...pdhl ngabisin duit dan melanggar aturan pula.....wtf..


Yaiyalah bos ikut aturan kelembagaan, ibarat lo kerja di sebuah perusahaan, ada ketentuan SOP yg diikuti karyawan, kalau gg diikutin pasti ada sanksi, dari teguran ringan hingga dipecat kan?

Mosok belum sidang paripurna, udah koar2 di sosmed, kalau jurnalis atau raja koar2 kayak ente yg unduh itu draf apbd terus koar2 di twitter it's not problem kan ranah publik, sekali lagi nih ane bilang Partai udah diatur pedomannya dalam UU sama kayak ente kalau gg pake seat belt di mobil ditilang polisi ngelanggar kan?

Makanya ente baca dulu uu 32 tahun 2004 tentang otonomi daerah, dan uu tentang dprd dan tentang kelembagaan negara. Hidup dinegara mau seenaknya gg pake aturan. Mending pergi ke wakanda aje sekalian emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia