News
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbbd1ee65b24d3f5e39c4f4/ombudsman-soroti-politikus-psi-yang-kritik-anggaran-lem-aibon-rp-82-m
Foto Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala: Alfons/detikcom Jakarta - Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala menyoroti kritik kepada Anggota DPRD PSI William Aditya Sarana yang pertama kali membuka keanehan rencana anggaran DKI Jakarta di akun media sosialnya. Ia mengatakan seharusnya William sebagai salah satu anggota DPRD turut membereskan keanehan itu, bukan melemparkan masalah itu ke publik sehingg
Lapor Hansip
01-11-2019 13:34

Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M

Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M Foto Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala: Alfons/detikcom

Jakarta - Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala menyoroti kritik kepada Anggota DPRD PSI William Aditya Sarana yang pertama kali membuka keanehan rencana anggaran DKI Jakarta di akun media sosialnya. Ia mengatakan seharusnya William sebagai salah satu anggota DPRD turut membereskan keanehan itu, bukan melemparkan masalah itu ke publik sehingga timbul ketidakpercayaan masyarakat kepada rencana anggaran itu.

"Mereka (DPRD) lah yang kemudian ribet nih, teriak teriak. Jadi betul ketika suatu hal masih dalam situasi perbincangan kemudian dilepas ke publik memang secara etika itu juga salah sih menurut saya, kenapa? Karena masih dalam pembahasan, kemudian ada anggota (DPRD) melepasnya, padahal dia sendiri punya ranah untuk itu, bisa teriak teriak ya tanpa harus menceritakan ke publik," kata Adrianus kepada wartawan di Gedung Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (1/11/2019).

Selain itu, Adrianus juga menyebut wajar PSI mendapat teguran dari pimpinan komisi A DPRD DKI Jakarta saat rapat mengenaai anggaran itu. "Jadi, kalau dilhat pendekatan etika lembaga, saya kira wajar kalau Ketua DPRD nya menegur si PSI secara etika kelembagaan, kalau di lihat advokasi sosial ya wajar juga untuk itu," katanya.

Meski begitu, Adrianus juga mengapresiasi William, menurutnya kritik keras yang dilontarkan William ini bisa menjadi peringatan bagi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya dalam menyusun rencana anggaran, jika William tidak melempar kritik, lanjut Adrianus, kemungkinan anggaran itu akan lolos.

"Cara pikir ini kan mempersilakan satu hal, bahwa ada mitra tanding DPRD yang kritis, jeli, tahu anggaran, bahasa keungan, sehingga mampu melihat bahwa ini pada tahap asal masuk dulu, asal selesai dulu, gimana kalau tidak ada? ya lewat, itu jadi bersifat ajek (tidak berubah) dan lolos," tuturnya.

"Jadi, dalam pendekatan etik bersifat konvensional maka ya teman-teman PSI bekerja ramai mengkritisi dan jangan undang yang lain, karena kalau undang yang lain ujung-ujungnya ada demonstrasi lah, bully lah, jadi melebar," imbuhnya.

Sebelumnya, PSI menyoroti anggaran lem Aibon senilai Rp 82 miliar di Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Barat. Lalu anggaran ballpoint Rp 124 miliar jadi pertanyaan PSI.

"Selain anggaran lem Aibon tersebut, Fraksi PSI Jakarta juga menemukan adanya usulan anggaran pengadaan ballpoint sebesar Rp 124 miliar di Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur, 7.313 unit komputer dengan harga Rp 121 miliar di Dinas Pendidikan, dan beberapa unit server dan storage senilai Rp 66 miliar di Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik," kata anggota DPRD DKI Fraksi PSI, William Aditya Sarana, dalam keterangan pers tertulis, Rabu (30/10).

Dinas Pendidikan DKI Jakarta lalu menjelaskan bahwa anggaran itu merupakan anggaran sementara untuk kemudian diubah setelah mendapat rencana anggaran dari pihak sekolah. Anggaran yang tertulis dalam lem Aibon merupakan anggaran alat kelengkapan kantor Biaya Operasional Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Barat. Ada perubahan angka setelah dilakukan penyesuaian.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sudah menegaskan tak mungkin membeli lem Aibon senilai Rp 82 miliar. Dia mengatakan munculnya anggaran yang aneh tersebut dipicu oleh masalah sistem.

SUMBER


Sengaja gw gedein.. emoticon-Malu (S)

Orang kalo ketololannya udah maksimal ya statementnya kaya gini.. emoticon-Malu (S)
Prosentase kursi PSI d DPRD DKI emang berapa ??.. elo teriak2 sampe bego juga tetap bakalan lolos itu RAPBD.. tolol.. emoticon-Malu (S)

Udah jelas2 ketangkep basah mau maling aja masih ngeles salah ketik.. berubah jadi sengaja input.. eh ujung2nya malah nyalahin sistem.. tolol.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pretendalone dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Halaman 1 dari 8
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:43
Quote:Orang kalo ketololannya udah maksimal ya statementnya kaya gini..
Prosentase kursi PSI d DPRD DKI emang berapa ??.. elo teriak2 sampe bego juga tetap bakalan lolos itu RAPBD.. tolol..

Sengaja gw gedein komeng TS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pretendalone dan 26 lainnya memberi reputasi
26 1
25
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:43
2 taun sebelum nya dibuka ke publik kok emoticon-Blue Guy Bata (L) jd ada hak ape lu marah marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:45
Belum matang
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan gabener.edan memberi reputasi
1 1
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:46
semua skrg berusaha menceboki wan aibon yah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:46
jadi gini......
sesama xxxx boroknya harus saling ditutupi......
Diubah oleh shu_suiko
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saltnic dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:46
Quote:Original Posted By cidell
semua skrg berusaha menceboki wan aibon yah emoticon-Leh Uga


Berarti kalo kebongkar anggota hewan pada pensiun semua emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:47
Dia bongkar ke publik kan sebagai reaksi karena tidak ada transparansi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saltnic dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:49
Sekelas ombusdman kok kyak gitu omongannya

Cocot asu ada org yg mau garong malah dibelaemoticon-Najis

Pdhal dah lama tuh psi minta draf rapbd buat di kroscek,malah pemrovnya ga ngasihemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buthair dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 2 balasan
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:50
ya klo ada salah kan DPRD termasuk PSI kan bisa memberikan perbaikan, bukan malah carmuk konthol nih PSI

kan masih KUA-PPAS setelah dilakukan pembahasan dan perbaikan dgn DPRD baru jd RAPBD
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariflukmannrd dan 14 lainnya memberi reputasi
1 14
-13
Lihat 3 balasan
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
Lapor Hansip
01-11-2019 13:51
Balasan post albetbengal
udah diupload tuh KUA-PPAS nya...RAPBD memang blm ada
profile-picture
i1indramana memberi reputasi
1 0
1
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
Lapor Hansip
01-11-2019 13:52
Balasan post jantakam
Quote:Original Posted By jantakam
ya klo ada salah kan DPRD termasuk PSI kan bisa memberikan perbaikan, bukan malah carmuk konthol nih PSI

kan masih KUA-PPAS setelah dilakukan pembahasan dan perbaikan dgn DPRD baru jd RAPBD


Perbaikan ??.. emoticon-Malu (S)

si anies konthol udah ketangkep basah aja bukannya instropeksi dan perbaiki diri malah nyalahin orang.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tonilinch dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:54
Quote:Original Posted By albetbengal
Sekelas ombusdman kok kyak gitu omongannya

Cocot asu ada org yg mau garong malah dibelaemoticon-Najis

Pdhal dah lama tuh psi minta draf rapbd buat di kroscek,malah pemrovnya ga ngasihemoticon-Malu


Ganti nama aja jd omnyaanies
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:55
Quote:Original Posted By cidell
semua skrg berusaha menceboki wan aibon yah emoticon-Leh Uga


emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
profile-picture
h.ariel memberi reputasi
1 0
1
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:56
Ini adalah cocokmologi lem aibon itu berguna untuk merekat mulut mereka supaya terdiam ndak nanya yg aneh2 klo lagi rapat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:57
jika William tidak melempar kritik, lanjut Adrianus, kemungkinan anggaran itu akan lolos.


OMBUDSMAN aje tau.....apalagi TANTEBUDSMAN..
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nievmizzet dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 13:58
biar kekinian, biar viral
0 0
0
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 14:00
yasih kan emang msh revisi.

sama kaya buat uu, misal yg ngajuin pemerintah ya naskah akademik + ruu ny sebelum jadi gaperlu dibuka ke publik dan dpr.

kaya kasus ruu musik ny anang, nah kaya gini emoticon-Big Grin

ngelesnya blm naskah akademik cuma draft NA.

emoticon-Traveller

meskipun tuduhan indikasi penyelewengan anggaran bs ditangkis, soal ketidakprofesionalan asn pemprov dki kaga bisa emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak


"Kita lihat saja nanti. Kan masih ada mekanisme internal di sana. Ada inspektoratnya, ada kajian di DPRD-nya. Kita belum mengintervensi sampai ke sana dulu," kata Tito.

btw emang psi itu pansos, mendagriny aja nggu mekanisme internal, psi sudah menjudge dan menuduh via medsos, dan lucunya bukan bapeda tapi lgsg gubernurnya.

harusnya bapeda dulu yg dibacotin, br anies selaku kepala daerah.

emoticon-Ngakak
Diubah oleh KuwuRT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i1indramana dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 14:00
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
gegara kebanyakan aibon, serasa jd juara piala dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
achmad526 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 14:10
enjoy jekardah emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Ombudsman Soroti Politikus PSI yang Kritik Anggaran Lem Aibon Rp 82 M
01-11-2019 14:12
Kalo ada nama Adrianus meliala pasti ingat klan baswedan
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia