matthysse76Avatar border
TS
matthysse76
Kenapa Mobil Amerika "Tidak Awet" di Indonesia?


Surabaya - Akhir Maret 2020, General Motors yang membawahi merek Chevrolet memutuskan tidak lagi menjual mobilnya di Indonesia. Pabrikan tersebut mengikuti jejak merek Amerika sebelumnya seperti Ford lantaran tidak mampu bersaing mengikuti pasar Indonesia.

Pengamat Otomotif yang juga Dosen ITB Yannes Martinus Pasaribu menyebut kualitas serta desain mobil Amerika sebenarnya mampu berkompetisi di Indonesia. Namun ia menyoroti kualitas saja tidak cukup bersaing di pasar otomotif.

"Yang cenderung menjadi permasalahannya di pasar Indonesia adalah harganya yang tinggi," tutur Yannes seperti dikutip dari detikcom.

Faktor positioning harga menjadi salah satu penentu. Namun di sisi lain, Yannes menyebut pabrikan Amerika kurang mengerti pasar Indonesia, di mana untuk model Low MPV serta LCGC jadi mobil yang paling sering diburu.

Chevrolet sempat bermain di segmen MPV bahkan mulai memproduksi SPIN di tahun 2013, namun pada 2015 pabrik di tutup.

Sementara untuk LCGC, Chevrolet hanya bisa gigit jari sebab ia juga tidak memproduksinya, apalagi dituntut harus memiliki Total Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN) sebesar 80 persen.

"Varian modelnya (merek Amerika) untuk kendaraan ber-cc kecil kalah jumlah dibandingkan dengan produk Jepang, Korea, dan kini China," kata Yannes.

Ia juga menyebut hengkangnya merek Amerika dari Indonesia lantaran tidak mencuri ilmu dari kompetitor. Pabrikan Jepang dan China saat ini tak hanya sekadar menjual mobil, tetapi juga memproduksi komponen otomotif.

"Mahalnya harga mobil Amerika disebabkan kurang seriusnya mereka membangun industri otomotif dan industri komponennya di Indonesia, sehingga dapat comply dengan peraturan industri dan perdagangan di Indonesia," kata Yannes.


https://www.detik.com/oto/mobil/d-47...dak-awet-di-ri



jelas berat untuk amerika, ditambah china yang makin jago bikin apa aja belum lagi dengan Wulingnya.. kalo jepang sih udah jadi pemain lama

@tiyorahmat
Diubah oleh matthysse76 31-10-2019 09:42
swiitdebby
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 9 lainnya memberi reputasi
10
9.7K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.