hardlenAvatar border
TS
hardlen
Tips Cuci Muka Setelah Terpapar Cuaca Panas

Ilustrasi. (Bustle)




Mencuci muka setelah melakukan kegiatan di luar memang selalu memberikan efek segar dan nyaman pada bagian wajah. Apalagi jika cuaca panas menyerang, efek segarnya tentu akan lebih terasa. Tak hanya mengembalikan kesegaran, namun kotoran serta partikel lain yang menempel di wajah juga akan hilang dan tidak menyebar ke area rumah.

Hanya saja, tak sedikit orang yang mengira bahwa mencuci muka setelah terpapar cuaca panas bisa membuat kulit menjadi belang. Mengutip CNNIndonesia.com, sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat membakar kulit secara langsung dan bisa merusak sel dan membuat kulit menjadi belang. Dengan ini, air bukanlah penyebab kulit belang melainkan sinar UV.

Namun menerapkan langkah yang tepat untuk mencuci muka usai terpapar sinar matahari merupakan hal penting. Berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan agar kulit tetap sehat saat mencuci muka dari paparan cuaca panas.

1.      Tunggu hingga keringat di wajah tidak muncul lagi. Suhu tubuh yang normal harus dibutuhkan jika ingin mencuci muka.
 
2.      Pakai sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Sabun muka yang lembut bisa dengan efektif membersihkan minyak, kulit mati, serta berbagai kotoran di wajah.
 
3.      Untuk membersihkan, gerakkan jari secara melingkar ke arah luar. Cara tersebut mampu mengurangi risiko tersumbatnya pori-pori yang bisa menimbulkan jerawat. Hindari gerakan menggosok terlalu keras.
 
4.      Pastikan untuk tidak mencuci muka hanya dengan air. Pasalnya, lapisan kotoran serta minyak masih akan menempel jika tidak dibantu dengan sabun muka. Hal ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat akan lebih banyak.
 
5.      Perawatan kulit lain seperti lotion dengan kandungan lidah buaya (aloe vera) juga sangat dianjurkan. Produk ini dapat membuat kulit wajah terhidrasi secara langsung. Selain itu, lidah buaya juga memiliki efek mendinginkan serta menenangkan yang sangat cocok untuk kesegaran wajah.

kikin24
afifa26
lina.wh
lina.wh dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.1K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.