n0404Avatar border
TS
n0404
Ini Akibatnya Kalau Sikat Gigi Cuma Sekali Sehari
Hayo ngaku, Agan setiap hari sikat gigi berapa kali nih?



Pasti udah tau kan, kalau para dokter gigi selalu menganjurkan untuk sikat gigi dua kali sehari yaitu pagi dan malam. Menyikat gigi dua kali sehari secara rutin nggak hanya berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut aja, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.  Yup, dilansir dari Webmd, berbagai penelitian kesehatan udah menemukan kalau kesehatan gigi dan mulut ternyata sangat erat kaitannya dengan kesehatan seluruh tubuh kita.

Orang-orang memang kebanyakan nggak melewatkan sesi sikat gigi di pagi hari karena mereka mau memulai hari dengan nafas yang segar tanpa bau mulut. Meski begitu, masih banyak orang yang melewatkan sesi menyikat gigi pada malam hari, dengan alasan malas, atau udah terlalu capek dan ngantuk sepulang kerja dan pingin segera tidur. Padahal, menyikat gigi pada waktu malam itu nggak kalah pentingnya, karena kotoran dari sisa makan pagi, makan siang, makan malam, dan cemilan bakal menumpuk di gigi dan gusi dan harus dibersihkan.

Menurut dokter gigi Keith Arbeitman, dari Arbeitman & Shein Dentistry di Manhattan, ini dia yang bakal terjadi kalau Agan nggak rutin menyikat gigi dua kali sehari:

1.Sakit gusi

Menurut Arbeitman, hal terburuk yang akan terjadi kalau kita melewatkan sikat gigi adalah kemungkinan sakit gusi. Kenapa terburuk? Karena, bakteri yang menyebabkan penyakit gusi bisa menimbulkan risiko penyakit lain yang lebih kronis, seperti diabetes, osteoporosis, bahkan sampai penyakit jantung. Arbeitman mengatakan kalau kita tetap melanjutkan kebiasaan menyikat gigi sekali sehari maka peluang terbebas dari penyakit gusi tersebut sangat tipis.



Penumpukan plak dan bakteri dari sisa makanan yang menyebabkan penyakit gusi akan membutuhkan waktu setidaknya 24 jam untuk berkembang. Nah, dengan menyikat gigi dua kali sehari, kita akan membasmi bakteri tersebut sebelum mereka punya kesempatan buat berkembang.

2. Gigi menjadi rapuh

Gigi yang merapuh memang sesuatu yang pasti terjadi, tapi prosesnya bakal dipercepat kalau Agan hanya menyikat gigi di pagi hari aja. “Jika kamu makan makanan manis, berarti kamu memberi hadiah yang disukai oleh bakteri di gigi," kata Arbeitman. "Lalu, kamu membiarkan bakteri itu sepanjang malam tinggal di dalam mulut”.



Jika ada lubang yang muncul di gigi, dokter gigi memang bakal menambalnya. Tapi, tambelan tersebut nggak bisa bertahan selamanya, apalagi dengan kebiasaan menyikat gigi yang buruk. Gigi tersebut harus ditambal ulang dan setiap kali itu terjadi, dokter harus mengebor lebih dalam, dan pada satu titik tentu kita bakal kehilangan gigi tersebut.
 
3. Memicu bau mulut



Selain merusak gigi dan gusi, malas menyikat gigi dua kali sehari juga bisa menyebabkan bau mulut. Tidak menyikat gigi memungkinkan bakteri berkembang dengan baik di dalam mulut, yang akhirnya mengarah ke penumpukan plak. Kemudian, plak ditambah dengan radang inilah yang akan menimbulkan bau busuk di mulut.
 
Nah, udah tau kan akibatnya kalo males sikat gigi, ayoo rajin-rajin sikat gigi, Gan!


adnanami
arya333
lina.wh
lina.wh dan 14 lainnya memberi reputasi
15
11.8K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.4KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.