alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
100
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dba9a08018e0d39a1686591/pembangunan-pura-ditentang-hingga-kini-tak-ada-satu-pun-pura-di-bekasi
Sekitar 7 ribu umat Hindu di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tidak memiliki tempat ibadah atau pura di wilayahnya. BEKASI, JAWA BARAT (VOA) — Suyono, warga Desa Sukahurip, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat harus menempuh perjalanan hingga 2 jam untuk beribadah di Pura Agung Tirta Bhuana yang berada di kawasan Jakasampura, Kota Bekasi. Menurutnya, perjalanan tersebut bisa menjadi lebih lama yakni hingga
Lapor Hansip
31-10-2019 15:23

Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi

Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi

Sekitar 7 ribu umat Hindu di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tidak memiliki tempat ibadah atau pura di wilayahnya.


BEKASI, JAWA BARAT (VOA) —
Suyono, warga Desa Sukahurip, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat harus menempuh perjalanan hingga 2 jam untuk beribadah di Pura Agung Tirta Bhuana yang berada di kawasan Jakasampura, Kota Bekasi. Menurutnya, perjalanan tersebut bisa menjadi lebih lama yakni hingga 5 jam jika jalan raya dalam keadaan macet. Suyono terpaksa melakukan hal tersebut karena tidak ada satupun rumah ibadah bagi umat Hindu atau pura di di Kabupaten Bekasi.

Atas dasar itulah, Suyono bersama pemeluk Hindu lainnya di Kabupaten Bekasi berencana membangun pura di Desa Sukahurip di lahan seluas 1 hektar.

"Ya mudah-mudahan warga memahami kebutuhan umat kami yang sedikit di sini. Kalau dikumpulkan ya banyak. Kita tidak bakalan mengajak umat agama lain bergabung ke agama kami, tidak ada," tutur Suyono kepada VOA sepulang bekerja dari sawah di Bekasi, Rabu (15/5).

Lelaki kelahiran Gunung Kidul, Yogyakarta yang sudah 21 tahun tinggal di Desa Sukahurip menambahkan ada 2 keluarga yang beragama Hindu di desanya. Namun, jumlah umat Hindu secara keseluruhan di Kabupaten Bekasi, menurut Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), berjumlah sekitar 7 ribu orang.

Karena itu, kata Suyono, keberadaan pura di Desa Sukahurip nantinya juga dapat menambah penghasilan bagi masyarakat sekitar seperti dari parkir dan sebagainya.

Petani Wahidin saat bekerja di lahan yang akan dibangun pura, Rabu (15/5/2019). Foto: Sasmito
Petani Wahidin saat bekerja di lahan yang akan dibangun pura, Rabu (15/5/2019). Foto: Sasmito
Ketua PHDI Kabupaten Bekasi, I Made Pande Cakra menambahkan, ketiadaan pura di wilayahnya juga membuat siswa-siswi sekolah dasar hingga menengah atas harus menempuh puluhan kilometer ke Kota Bekasi untuk belajar ke Pura Agung Tirta Bhuana.

"Jadi desakan dari warga (umat) kita, karena mereka setiap Minggu pagi harus mengantar anak yang tidak mendapat pelajaran agama di sekolah ke pura Kalimalang itu. Sementara itu ada yang dari Setu, Cibarusa, Tambelang itu cukup jauh. Kalau yang punya mobil mungkin bisa. Kalau yang tidak bisa naik angkot 3-4 kali itu," jelasnya kepada VOA.

Made menambahkan panitia pembangunan pura di Desa Sukahurip telah dibentuk sejak 1 April 2017. Panitia tersebut telah mengirim surat audiensi ke pemerintah kabupaten Bekasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait tentang rencana pendirian pura.

Panitia juga telah mendapatkan dukungan dari 60 warga sekitar dan memiliki daftar nama 90 umat yang akan menggunakan tempat ibadah sesuai amanat Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006. Menurutnya, kantor kementerian agama dan pemerintah setempat tidak keberatan dengan rencana pendirian pura. Hanya, saat ini mereka masih menunggu rekomendasi dari Forum Kerukunan Umat Beragama Bekasi.

Sekelompok Warga Tolak Pembangunan Pura

Pada awal Mei 2019, sekelompok orang menolak rencana pendirian pura dengan memasang spanduk. Namun, spanduk tersebut akhirnya diturunkan beberapa hari kemudian.

Dua warga yang ditemui VOA di lokasi yang akan dibangun pura yakni di sebuah lahan yang dikelilingi sawah mengatakan tidak keberatan dengan rencana pendirian pura. Salah satunya yaitu Wahidin yang bertani di lahan yang akan dibangun pura. Menurutnya, semua agama memiliki tujuan yang sama yaitu saling membantu dan bergotong royong.

"Kalau saya sebagai masyarakat, agama mau Hindu, Budha, Kristen sama tujuannya. Kalau saya tergantung ulama saja. Kalau ulama para kyai sudah menyetujui saya ikut-ikutan sebagai masyarakat. Mendukunglah, sama tujuannya," kata Wahidin.

Wahidin berharap makam yang dianggap keramat yang berada di samping lahan pura agar tidak digusur jika pura nantinya dibangun. Jika merujuk informasi dari Suyono, makam tersebut nantinya memang tidak akan digusur, sebaliknya akan diperbaiki menjadi lebih bagus.

Di lain tempat, salah satu warga yang tidak mau disebut namanya mengaku ikut memberikan tanda tangan dukungan pendirian pura. Namun, ia diminta mencabut kembali tanda tangan tersebut oleh pemuka agama setempat. Ia juga mengaku mendapat ancaman jika tidak mencabut tanda tangan dukungan tersebut. Hanya, ia tidak menyebut jenis ancaman apa yang dilayangkan kepadanya.

Makam yang dianggap keramat, yang berada di sebelah lahan yang akan dibangun menjadi pura, tampak dari luar. (Foto: Sasmito)
Makam yang dianggap keramat, yang berada di sebelah lahan yang akan dibangun menjadi pura, tampak dari luar. (Foto: Sasmito)
Tokoh agama Desa Sukahurip, Ahmad Sarifudin juga menuturkan kekhawatiran jika pura tersebut berdiri di desanya. Salah satunya yaitu kekhawatiran akan ada pendirian umat agama Kristen di wilayahnya jika pendirian pura ini terwujud. Di samping itu, ia juga mengisyaratkan ada sedikit kekhawatiran agama Hindu semakin berkembang di wilayahnya.

Kendati demikian, Ahmad tetap mempersilakan pura dibangun di Desa Sukahurip selama mememuhi persyaratan yang ditentukan pemerintah atau peraturan bersama 2 menteri.

"Yang dari desa setempat kan harus 60 KK. Kalau dari sana (umat Hindu) harus 90 orang. Juga kalau memang itu umat berada di lokasi, karena di sana kan ada rumahnya sama sekali," tuturnya.

Ketua FKUB Kabupaten Bekasi Athoillah Mursjid mengatakan lembaganya akan terus mengupayakan dialog antara umat Hindu dengan masyarakat yang menolak. FKUB juga akan menangguhkan rekomendasi lembaganya selama masih ada penolakan dari warga. Sebab, kata dia, pembangunan pura tidak akan berjalan mulus selama ada penolakan dari warga, meski sudah mengantongi rekomendasi FKUB.


"Bukan kita tolak, kita tangguhkan dulu. Kita minta kepada panitia yang akan membangun rumah ibadah, supaya melakukan pendekatan kepada mereka yang menolak sehingga paham dan mengerti.

Mursjid menambahkan FKUB Bekasi saat ini masih memverifikasi surat dukungan dari 60 warga sekitar. Ia tidak dapat memastikan kapan verifikasi tersebut akan selesai dan rekomendasi lembaganya akan diberikan.

Namun, Mursjid tetap memahami keluhan dari umat Hindu yang belum memiliki rumah ibadah di Kabupaten Bekasi. Kata dia, kondisi tersebut tidak hanya dialami umat Hindu, namun juga dialami umat Katolik di Kabupaten Bekasi yang belum memiliki gereja hingga kini.

Pemerintah Sedianya Penuhi Hak Ibadah Umat Hindu

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid mendesak pemerintah untuk memastikan pemerintah kabupaten Bekasi untuk menjamin hak umat Hindu mendirikan pura. Termasuk memastikan pemerintah setempat tidak tunduk pada tekanan massa yang menolak pendirian pura tersebut agar tidak menjadi preseden buruk.

"Ingat juga bahwa masyarakat di Indonesia adalah masyarakat majemuk. Di Bekasi, Hindu menjadi minoritas, di Aceh Kristen menjadi minoritas, di Papua muslim menjadi minoritas. Jadi dalam masyarakat yang majemuk, kalau masalah ini tidak dibenahi maka kita akan terus memelihara benih-benih intoleransi," jelas Usman.

Usman menambahkan penolakan pendirian rumah ibadah tersebut bertentangan dengan nilai kebangsaan Indonesia dan nilai universal. Apalagi, kata dia, Islamophobia sedang berkembang di berbagai negara lain. Karena itu, semestinya masyarakat Indonesia dapat memberikan contoh yang baik dalam menghargai pemeluk agama lain.

"Kita harus mulai dari diri sendiri. Dari Bekasi, Bogor untuk memberikan penghormatan kepada umat beragama yang berbeda. Dan mengutamakan dialog apabila ada perselisihan, dan membawa ke proses hukum apabila ada pelanggaran hukum." (sm/em)

https://www.voaindonesia.com/a/pemba.../4919584.html?

==========================



Orang-orang pedofil dan gila seks tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. (AL-BAKARAARGGHH -120)

Diubah oleh eks.mouse.slim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rendykkuya dan 15 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 5
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
Lapor Hansip
31-10-2019 15:58
Balasan post tujuh.tahun
Quote:Original Posted By tujuh.tahun
Hidup di Indonesia harus patuh pada undang2, mau bikin tempat ibadah iti harus ngurus ijin, gak bisa seenaknya.
Gak ada ijin ya gak bisa bangun lah, goblok

emoticon-Blue Guy Bata (L)


kalo ada izin tapi ada rombongan baju putih kesetanan marah2 ngelarang bangun trua gmn?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:05
jangankan tempat ibadah..lha ada sekolah minoritas mau nancepin plang sekolah aja ga dapet ijin dr pejabat lingkungan pdhl tanda tangan sdh lengkap, dr disdik jg no problem.. emoticon-Big Grin yg sabar ya.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:06
Pasti pengantut agama paling duamaiiiiiiiiiii sekaliiiiiiiiii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:06
"ikut kami atau gorok leher" - agama tertentu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:07
Ini kan udah berita lama bambang

Rasanya endingnya damai kok , and bakal ttap d bangun

And warga yg menolak itu sbenanrya bukan warga asli sana
Diubah oleh djinggo88
0 0
0
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:09
Karena kafirun sejatinya tidak menyembah tuhan...hanya menyembah person yang dianggap tuhan dan itulah setan...maka sudah seharusnya mereka tidak boleh bikin tempat beribadah kepada setan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chef.dayat dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 3 balasan
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:09
Quote:Original Posted By djinggo88
Ini kan udah berita lama bambang

Rasanya endingnya damai kok , and bakal ttap d bangun

And warga yg menolak itu sbenanrya bukan warga asli sana


Mancing mania dulu biasa
0 0
0
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:10
Ketua FPI Bekasi Muharli Barda Jadi Tersangka
https://metro.tempo.co/read/278315/k...jadi-tersangka

Quote:Ketua Front Pembela Islam (FPI) Bekasi Muharli Barda ditetapkan sebagai tersangka kasus penyerangan terhadap jemaat gereja HKBP Pondok Timur Indah.


Ketua FPI Bekasi juga tersangka insiden HKBP
https://m.solopos.com/ketua-fpi-beka...hkbp-50832/amp

Quote:Polisi menetapkan Ketua DPW Front Pembela Islam (FPI) Bekasi, Murhali Barda, sebagai tersangka ke-10 kasus penusukan jemaatHKBP.

"Ketua DPW FPI Bekasi peningkatan statusnya menjadi tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Boy Rafli Amar, Rabu (15/9).

Boy mengatakan, Murhali diduga melakukan penghasutan dan provokasi. Murhali dijerat pasal 160, 170, 35, 335 jo pasal 59 KUHP dengan ancaman hukuman penjara di atas 5 tahun penjara.


Agama lain mana berani kalau sudah ada contoh pemuka agama yang ditusuk karena pembangunan tembat ibadah agama lain ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:11
Berita lama, tapi inti masalah berulang kali muncul. Tanya kenapa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:12
Quote:Original Posted By ubaru
pada lebay komentarnya


kalau islam toleransi dan membiarkan agama lain mendirikan rumah ibadah,
bagaimana nabi dan sahabatnya bisa mengeslamkan hampir seluruh jazirah arab hanya dalam belasan tahun ?
apa karena kelembutan nabi atau kebiadaban nabi ?


belanda yg menjajah negara ini 350 thn, untuk membuat 50% negara ini jadi nasrani saja ga bisa,
itu karena belanda tidak mencontoh kelembutan ala nabi emoticon-Takut (S)


Lebih tepatnya , mayoritas skrang harus thx to belanda karena mereka tetap mayoritas
, Belanda bukan tipe negara eropa yg 3G bgt
( Gold , glory , gospel )
Mereka cuma perduli ama gold emoticon-Ngakak
Bodo amat ama gospel emoticon-DP

Coba seandainya gak , sejarah bisa beda emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yify dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:12
bekasi bebas berpura pura emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:16
kasian yak
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:21
tukar aja 1 batalyon tentara dari bali ke bekasi. sediakan lahan untuk kantor & mess prajuritnya. pasti nanti akan ada pura di sana. gampang kan?
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:22
Miris!!!
padahal moto kab Bekasi: Swatantra Wibawa Mukti, (sankrit)
Bekasi dari kata Candrabaga or Bhagasasi (bahasa sanskrit)

Lupa akar sejarah atau overdosis phobia thd agama lain kali yak

emoticon-Big Grin emoticon-coffee




profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:23
7000 umat, banyak juga

Damai sekali agamanya
Diubah oleh MrJeffBezos
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
Lapor Hansip
31-10-2019 16:31
Balasan post ubaru
Jelas sekali caranya dengan kekejin, bayangkan ada pajak khusus buat non mus yg hidup dibawah naungan khilafah, belum lagi diskriminasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:32
Perasaan dulu ad yg bilang bekasi bukan indonesia ya? emoticon-Big Grin
0 0
0
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:34
Klo Ada umatnya yg mau ibadah & cukup kuota, ya harus dikasih tempat. Gw ga masalah liat pura, Hindu orangnya Kan bek tu netur, jadi pahamlah gak nyampah & ga rusuh.
profile-picture
profile-picture
karikai04 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:40
kalau analisa goblok dari g, sebenarnya pihak yang merasa dominan itu kurang pede dengan iman umatnya sendiri, makanya takut ada rumah ibadaj agama lain ada dikawasan pemukiman mereka.

Pengalaman nyata g, banyak sahabat gurun yang salah pemahaman atau memang sengaja di batasi informasinya tentang ajaran agama orang lain, misal : ajaran agama lain membebaskan seks bebas, miras, judi, dll padahal yang ada itu oknum.

Biasanya mereka pada akhirnya takut mendengarkan penjelasan tentang ajaran agama lain karena takut tergugah imannya, membandingkan ajaran agama asal, mengingkari pilihan hatinya dan menjadi murtadin yang terbebas dari ajaran angkara murka.

Selain itu, dengan membuat para kafirun susah beribadah, mereka berharap akan terjadi degradasi iman dan salah pemahaman terhadap ajaran kafirun sehingga mudah di muallafkan.

Para muallaf itu rata2 tingkat pendidikan dan pemahaman agama mereka sangat rendah ( maaf) dan selalu beralasan muallaf tanpa paksaan padahal tujuannya kalau bukan karena mau nikah ya karena takut dikucilkan dari pergaulan masyarakat setempat.

So, wajar mereka mati2an memblokir pembangunan rumah ibadah agama lain. Itu sangat manusiawi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pembangunan Pura Ditentang, Hingga Kini Tak Ada Satu Pun Pura di Bekasi
31-10-2019 16:56
di zaman menag yang baru, tempat ibadah semua agama harus ada di semua kota/kabupaten
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.