Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dba4e1ea2d1955a4c6a201d/mitos-atau-fakta-berjalan-tanpa-alas-kaki-di-atas-kerikil-menyehatkan
Mitos dan fakta kesehatan #Berjalan tanpa alas kaki #Berjalan di atas batu kerikil Banyak orang khususnya yang berusia lanjut melakukan sebuah kebiasaan berjalan tanpa alas kaki di atas batu kerikil. Hal ini sering ane temui di kampung ane GanSis. Beberapa orang tua, bahkan ibu hamil sengaja melepaskan alas kakinya ketika berjalan di atas aspal yang banyak batu kerikil. Di kota-kota besar malah s
Lapor Hansip
31-10-2019 09:59

Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan

Mitos dan fakta kesehatan

Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan



#Berjalan tanpa alas kaki
#Berjalan di atas batu kerikil


Banyak orang khususnya yang berusia lanjut melakukan sebuah kebiasaan berjalan tanpa alas kaki di atas batu kerikil.

Hal ini sering ane temui di kampung ane GanSis. Beberapa orang tua, bahkan ibu hamil sengaja melepaskan alas kakinya ketika berjalan di atas aspal yang banyak batu kerikil.

Di kota-kota besar malah s sengaja membuat daerah berkerikil di taman-taman kotanya untuk para lansia berjalan.

Beberapa melakukan hal itu di siang hari. Mereka beralasan bahwa berjalan tanpa menggunakan alas kaki di atas batu kerikil bisa membuat peredaran darah lancar. Apalagi jika di siang hari. Saat aspal panas maka peredaran darah semakin lancar.

Makanya, ga heran banyak orang tua yang melakukannya. menurut pengakuan orang tua ane yang melakukan itu, ia merasakan perubahan setelah jalan di atas kerikil. Katanya jadi lebih enteng badannya khususnya pinggang.

Lalu, Bagaimanakah pendapat dari dokter tentang kesehatan berjalan tanpa alas kaki di atas batu kerikil ini?
Apakah fungsi kesehatan berjalan tanpa alas kaki di batu kerikil ini adalah mitos atau fakta?


Quote:
Untuk menemukan jawabannya, yuk kita simak pendapat dari dokter spesialis fisik dan rehabilitasi, dr Nilla Mayasari MKes SpKFR dari Dentamedica Care Center. (Tribun Timur)

Pertama

Orang-orang yang biasa melakukan kegiatan berjalan tanpa alas kaki di atas batu kerikil ini adalah orang tua yang usianya sekitar 40 tahun ke atas dengan keluhan kaki dan pinggang kram serta sering terasa pegal.

Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan


Pada penderita ini mereka sudah agak berkurang respon saraf atas apa yang terjadi pada kakinya. Sehingga ketika batu kerikil yang bentuknya kecil dan tidak beraturan, kadang ada yang runcing atau ada yang tajam bisa menimbulkan trauma pada penderita. Ketika trauma itu dan penderita tidak menyadari, bisa menimbulkan infeksi yang justru menambah parah penyakitnya.

Kedua

Anggapan di masyarakat bahwa dengan berjalan tanpa alas kaki di atas batu kerikil ini adalah sebagai cara terapi pressure akupuntur. Akupuntur yang biasa sering dilakukan oleh masyarakat.

Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan


Akupuntur ini sebenarnya boleh dilakukan ketika proses penekanan titik-titik akupuntur itu dilakukan secara tidak berlebihan dan sesuai dengan titik dari penyakitnya. Jika kita hanya sekedar berjalan tanpa tahu titik-titik yang harus ditekan dan terlalu lama, maka bukan semakin baik peradangan itu tapi akan semakin memperparah.

Maka itu sebelum melakukan pressure atau akupuntur konsultasikanlah terlebih dahulu.

Ketiga

Cara terbaik untuk mengobati semua jenis penyakit adalah menghilangkan penyebab awal dari penyakit itu.

Salah satu caranya adalah melakukan general chek up. Kemudian berkonsultasi pada dokter.

Jadi bagaimana kesimpulannya Agan Sista?
Apakah fakta atau mitos bahwa berjalan diatas batu kerikil bisa mengobati penyakit?




Salam hangat,
Retno Qren (RetnoQr3n)

Referensi dan sumber gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Halaman 1 dari 2
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
31-10-2019 10:00
mitos atau fakta?
0 0
0
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
31-10-2019 10:00
mau sehat?
0 0
0
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
31-10-2019 10:01
kuy, hidup sehat
0 0
0
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
31-10-2019 10:43
kerikilnya dihaluskan lalu dilem di atas sendal biar lebih sehat emoticon-Cool
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
31-10-2019 10:45
Quote:Original Posted By masteryoda04
kerikilnya dihaluskan lalu dilem di atas sendal biar lebih sehat emoticon-Cool


Iya kl cuma satu, kalo banyak berat atuh kaaa
0 0
0
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
31-10-2019 19:52
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
kuy, hidup sehat


Nice info, Sist. Sangat bermanfaat ini
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
31-10-2019 20:45
hmm sakit gak cuy
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
31-10-2019 20:45
Quote:Original Posted By darmawati040
Nice info, Sist. Sangat bermanfaat ini


Benul banget gan emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan RetnoQr3n memberi reputasi
2 0
2
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
01-11-2019 05:36
adeuh bukan nya 40 thn harus waspada ya?
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
01-11-2019 07:30
Quote:Original Posted By darmawati040
Nice info, Sist. Sangat bermanfaat ini


Makasih banyak ka
Quote:Original Posted By pabloo
hmm sakit gak cuy


Ane sih nyobaik sakit ka
Quote:Original Posted By abellacitra
adeuh bukan nya 40 thn harus waspada ya?


Iya karna itu waspadalah
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
01-11-2019 16:16
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
Makasih banyak ka


Ane sih nyobaik sakit ka


Iya karna itu waspadalah


Sama sama sist
0 0
0
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
01-11-2019 16:39
Quote:Original Posted By pabloo
Benul banget gan emoticon-Recommended Seller


Si om ada di mana mana emoticon-Jempol
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
01-11-2019 17:18
nais inpoh emoticon-Toast
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
01-11-2019 18:00
Quote:Original Posted By brownzo
nais inpoh emoticon-Toast


Makasih banyak ka...

Suka jalan di atas krikil?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
02-11-2019 22:43
Mungkin secara ilmiah itu fakta.. soalnya di alun" dkt rmh ku ada jalan kerikilnya, nah itu sering dipakai para lansia (mayoritasnya) buat olahraga tanpa sandal.. jdi kebiasaan jga sih
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
04-11-2019 07:05
bukannya malah sakit 🤔
ane pernah coba, dan ...
Diubah oleh noenlim
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
Lapor Hansip
04-11-2019 09:38
Balasan post RetnoQr3n
Quote:Original Posted By RetnoQr3n


Makasih banyak ka...

Suka jalan di atas krikil?


ga ah, enakan jalan di atas kenangan eh di atas sendal emoticon-Wakaka
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
04-11-2019 11:05
aku kok seneng ya, jalan di atas kerikil tanpa sandal
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
04-11-2019 22:42
ane percays yang bagian akupuntur......
kemudian untuk bagian "menghilangkan penyakit" benar kata TS.... konsultasi dulu ke dokter dan hindari penyebabnya....
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Mitos atau Fakta? Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Kerikil Menyehatkan
05-11-2019 09:28
Quote:Original Posted By ginanisa7
Mungkin secara ilmiah itu fakta.. soalnya di alun" dkt rmh ku ada jalan kerikilnya, nah itu sering dipakai para lansia (mayoritasnya) buat olahraga tanpa sandal.. jdi kebiasaan jga sih


Nah iya, banyak di taman2. Kayanya emang sengaja ya dibuat. Cuma jgn trllu lama kali ya ka
Quote:Original Posted By noenlim
bukannya malah sakit 🤔
ane pernah coba, dan ...


Daaaaan ... ? ane penasaraaan
Quote:Original Posted By brownzo
ga ah, enakan jalan di atas kenangan eh di atas sendal emoticon-Wakaka


Jiaaah..

Sepanjang jalan kenangan, kita slalu ber....

Quote:Original Posted By betiatina
aku kok seneng ya, jalan di atas kerikil tanpa sandal


Aku sakiiit jalan ga pake sendal ka. Apa lagi jalannya hanya dalam angan.
Sakit tak berdarah
Quote:Original Posted By blunar
ane percays yang bagian akupuntur......
kemudian untuk bagian "menghilangkan penyakit" benar kata TS.... konsultasi dulu ke dokter dan hindari penyebabnya....

Kaka dokter ya? Aku mau konsul dong, tentang hatiku eh kakiku...

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
brownzo dan betiatina memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia