AllKreatif
TS
AllKreatif
KAUM MUDA HARUS MELEK HUKUM GAN

sumber gambar : disini

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua


~WELCOME TO MY THREAD~


Selamat malam, pagi, siang, sore GanSis yang baik hatinya. Kali ini ane akan membuat satu tulisan atau lebih tepatnya menulis kegelisahan ane seputar generasi muda dan hukum di Republik kita.

Ane bukan pakar hukum, kuliah di bidang hukum, atau ahli hukum (kecuali menghukum kamu yang sudah mencampakkan diriku emoticon-Malu)

Tapi karena banyaknya beberapa kasus hukum yang terjadi baik di sekeliling ane ataupun di masyarakat, yang justru pelakunya ini adalah anak muda yang tanpa sadar atau tanpa tau sebelumnya bahwa tindakannya itu salah (melanggar hukum), membuat ane merasa miris. Kasihan karena pelaku telah melakukan sesuatu kesalahan yang dia sendiri tidak mengetahui bahwa tindakannya salah.

Oke tanpa basa basi kita akan bahas ini, dan jika nanti tulisan ane ada yang kurang tepat, mungkin para suhu disini ada yang bisa menambahkan.

CEKIDOT

*****

Kita harus sadari bahwa kita hidup di negara hukum, semua diatur dalam UUD 1945. Jadi dari kita mulai melek mata, sampe kita mau tidur semua ada aturannya sob.

Quote:



Ya silahkan aja bray, klo ente mau hidup dibalik jeruji besi. Gw mah ogah dah! Amit2 jabang bayi...

Dari sini jelas, mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita pasti bersinggungan dengan yang namanya hukum. Baik hukum negara, maupun hukum adat (tapi disini ane lebih mengedepankan soal hukum negara).

Ada salah satu kasus yang terjadi diwilayah ane belum lama. Ceritanya ada seorang pengusaha mesin fotocopy yang berniat membuka usaha di wilayah ane. Nah doi pindahan pas malem (mungkin karena dinilai jalan rada sepi, jadi ngangkut perabotannya lebih enak) dan kebetulan kiosnya berdekatan sama lokasi anak-anak muda disana yang pada nongkrong.

Ketika akan menurunkan perabotannya, salah seorang dari anak muda ini mendekati si pengusaha tadi, dan berniat meminta uang rokok. Namun kelihaatannya si pengusaha enggan untuk memberikan sedikit uangnnya untuk mereka. Akhirnya pemuda tadi kembali ke tongkrongannya.

Mobil yang mengangkut perobatan ternyata gak cukup dengan sekali balik, akhirnya mobil tersebut kembali lagi membawa beberapa prabotan untuk toko baru si pengusaha tersebut.

Melihat ada mobil lagi yang masuk melewati tongkrongan pemuda tadi, kini dia kembali membawa beberapa temannya untuk meminta uang rokok kepada si pendatang baru tadi.

Namun lagi-lagi si pengusaha tadi tidak mau memberikan uang rokok kepada pemuda tadi, dan adu mulutpun tak bisa dihindarkan. Lalu tiba-tiba salah satu dari pemuda tadi melayangkan sebuah tinju kearah wajah si pengusaha, dan perkelahianpun terjadi.

Karena kalah jumlah dan juga faktor usia, akhirnya si pengusaha tadi kalah, dan babak belur. Perkelahian akhirnya dipisahkan setelah beberapa warga melihat mereka tengah berkelahi.

Tidak terima atas perbuatan beberapa anak muda tadi, si pengusaha lalu melaporkan kejadian tadi ke kantor polisi. Keluarga dari anak muda tadi lalu mendatangi rumah si pengusaha dan berusaha meminta maaf dan menempuh jalur kekeluargaan.

Si pengusaha tadi menolak, dan kekeh akan melanjutkan laporannya sampai anak-anak mereka masuk dalam penjara. Akhirnya setelah melakukan mediasi agak lama, si pengusaha bersedia mencabut laporannya asalkan pihak keluarga bersedia mengeluarkan uang sejumlah Rp. 50jeti... emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Setelah berunding antar para keluarga pelaku, akhirnya terkumpullah sejumlah uang untuk si pengusaha, dan kemudian si pengusaha mencabut laporannya

Quote:


Intinya bukan itu bray,, yang mau ane sampein disini adalah akibat dari suatu tindakan yang salah akan berakibat ente bisa bersinggungan dengan hukum. Dan yang dirugikan bukan cuma ente doang, tapi orang-orang terdekat ente, termasuk keluarga.

Jadi yang mau ane sampaikan disini adalah :

1. Sekali lagi, gak ada salahnya berfikir dulu sebelum bertindak. Jangan sampai udah kejadian baru nyesel.

2. Sering-sering  browsing, pelajari aja hukum yang ringan-ringan. Misal soal pencemaran nama baik, pemukulan, hutang piutang, dsb.

3. Jangan merasa aman dengan kehidupan yang ente lagi jalani sekarang. Pelajari dunia ente, dan pelajari juga hukum-hukum yang bersinggungan dengan dunia ente. Misal, jika ente seorang karyawan swasta, ente harus tau hak dan kewajiban ente dimata UUD seperti apa.

4. Selalu update berita-berita terbaru soal hukum, siapa tau itu bakal terjadi di kehidupan ente.
Misal berita tentang penipuan, jadi ente sudah tau langkah-langkah yang bakal ente tempuh nantinya jika mengalami kasus tersebut.

Ane kira sekian dulu dari ane. Jika ada sepuh atau para pakar hukum yang mau menambahkan silahkan juragan...

THANKS

emoticon-Toast

Jangan lupa baca tulisan2 ane yang lain ya lurr.. semoga para pembaca semua sehat dan diberikan rezeki yang berlimpah...

Amiinnn




adityajaya95kyukyunananona212
nona212 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
6K
99
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.