syududududuu
TS
syududududuu
SABAR!! Lebih Baik Beri Jarak Antara Anak Pertama dan Keduamu, Demi Kesehatan Anakmu!


Agan dan Sista!

Sebagai oranngtua, kalian ingin punya anak berapa?

Satu?
Dua?
Tiga?
Empat?

Ingin punya anak dengan jarak umur yang dekat atau lebih ingin anak dengan jarak umur yang jauh?

Banyak orangtua yang ingin langsung memiliki anak kedua setelah kelahiran anak pertama tanpa adanya jarak antara anak pertama dan kedua. Biasanya sih alasan orangtua memutuskan hal ini adalah supaya sekalian ngurusnya, sekalian capeknya.

Tapi sebenarnya, alangkah lebih baiknya jika GanSis sebagai orangtua jangan langsung memutuskan untuk memiliki anak kedua. Lebih baik berilah jarak antara kelahiran anak pertama dan kehamilan anak kedua. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mengurangi resiko yang menimpa anak dan sang ibu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyarankan bahwa jarak minimal antara kelahiran dan kehamilan anak berikutnya adalah 33 bulan. Alasan orangtua disarankan untuk memberi jarak 2-3 tahun adalah untuk meningkatkan kondisi kesehatan sang ibu dan juga untuk mengurangi resiko kematian yang terjadi pada sang ibu dan anak.



Oh iya, ternyata tak hanya BKKBN dan WHO yang memberikan saran jarak ideal antara kakak dan adik, sebuah penelitian yang dilakukan United States Agency for International Development (USAID) menyebutkan bahwa jarak ideal antara kakak dan adik adalah 3-5 tahun. Karena menurutnya, selain menguntungkan dari sisi kesehatan, jarak tersebut juga memberikan keuntungan dari sisi perekonomian keluarga.

Mungkin banyak Agan dan Sista yang bertanya-tanya Sebenarnya risiko kesehatan apa sih yang akan menimpa sang anak jika orangtua tak memberi jarak yang tepat? Ternyata sebuah studi menunjukan bahwa anak yang lahir dengan jarak yang kurang dari dua tahun memiliki resiko mengalami autisme. Selain itu, resiko lainnya yang akan dialami sang anak adalah kurang gizi dan stunting.

Nah, daripada kalian tega membiarkan resiko-resiko tersebut menyerang anakmu, lebih baik sabar dan pertimbangkan ulang segala kebaikan yang akan kamu dapatkan jika kamu memberikan jangka waktu sebelum hamil anak keduamu.



SUMBER
kudanil.lacheria021
cheria021 dan kudanil.la memberi reputasi
2
3.4K
30
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.