alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
217
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db8b3ed09b5ca5bbf5fc9ae/jokowi-resmi-naikkan-iuran-bpjs-kesehatan-100-persen
Dalam Pasal 34 Perpres 75/2019, tarif iuran kelas Mandiri III dengan manfaat pelayanan di ruang kelas perawatan kelas III naik Rp16.500 dari Rp25.500 menjadi Rp42 ribu per peserta per bulan. Lalu, iuran kelas mandiri II dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas II naik dari Rp51 ribu menjadi Rp110 ribu per peserta per bulan.
Lapor Hansip
30-10-2019 04:49

Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen

Past Hot Thread

Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen

Presiden Joko Widodo resmi mengerek iuran BPJS Kesehatan untuk Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja sebesar dua kali lipat dari sekarang. Kenaikan iuran berlaku awal 2020 mendatang.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang diteken Jokowi pada 24 Oktober 2019.

"Bahwa untuk meningkatkan kualitas dan kesinambungan program jaminan kesehatan perlu dilakukan penyesuaian beberapa ketentuan dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan," kata Jokowi dalam pertimbangan Perpres 75/2019, dikutip Selasa (29/10).


Dalam Pasal 34 Perpres 75/2019, tarif iuran kelas Mandiri III dengan manfaat pelayanan di ruang kelas perawatan kelas III naik Rp16.500 dari Rp25.500 menjadi Rp42 ribu per peserta per bulan.

Lalu, iuran kelas mandiri II dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas II naik dari Rp51 ribu menjadi Rp110 ribu per peserta per bulan.


Terakhir, iuran kepesertaan BPJS Kesehatan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas I melonjak dari Rp80 ribu menjadi Rp160 ribu per peserta per bulan.



Kenaikan iuran tersebut diterapkan mulai 1 Januari 2020 mendatang.


Menteri Koordinator PMK Kabinet Kerja Puan Maharani sebelumnya berharap dengan kenaikan iuran yang dibarengi oleh perbaikan manajemen, persoalan defisit BPJS Kesehatan bisa diatasi.



Dengan demikian, perusahaan tak lagi bergantung kepada suntikan dana dari pemerintah.


Lebih lanjut, Puan memastikan kenaikan iuran tidak akan membebani peserta PBI. Pasalnya, iuran tetap akan ditanggung oleh pemerintah.


"Yang bisa saya pastikan untuk PBI tetap ditanggung oleh negara sehingga memang masyarakat yang namanya terdaftar dalam PBI tidak akan kemudian kesulitan," tuturnya.



Sumur

Kenaikan untuk Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja.
dan mulai naik di Januari 2020.
Inget Cukai Rokok juga naik di 2020, harga rokok juga naik pastinya.
Solusi mengatasi Harga Rokok Naik : Ngunyah permen karet aja emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dennisCS1 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 11
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:16
emoticon-Cape deeehh buat lu lu sakit baru buat bpjs, setelah itu sembuh dan berenti bayar iuran. bikin susah negara aje kh0nt0L
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan sakataginpachi memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:19
terima kasi Lord joko emoticon-Ultah

Wooow terbukti rakyat indon sdh pada makmur
Sukses oktober meroket
Diubah oleh anuku20cm
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:20
melipir dulu bre,,,
emoticon-Ngacir2
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:21
harusnya yang kaya2 jangan bole bpjs dong
setaon bisa 3 kali jalan2 keluar negeri
pas operasi puluhan juta pake bpjs
masa yang tinggal di gang ama yang di pondok indah sama jumlah iuran nya
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:26


Quote:Original Posted By bunbun123456
harusnya yang kaya2 jangan bole bpjs dong
setaon bisa 3 kali jalan2 keluar negeri
pas operasi puluhan juta pake bpjs
masa yang tinggal di gang ama yang di pondok indah sama jumlah iuran nya


Lho klu sama2 kelas tiga ya pelayanan sama lah, gmn pola pikir anda? Masa kelas 3 mau dilayani kelas 1?

BPJS ga melihat harta u selama u rutin bayar

Klu ga mampu bayar iuran ya ke rt/rw bikin surat keterangan miskin dan buat KIS
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:32
Quote:Original Posted By akamamichi
Lho klu sama2 kelas tiga ya pelayanan sama lah, gmn pola pikir anda? Masa kelas 3 mau dilayani kelas 1?

BPJS ga melihat harta u selama u rutin bayar

Klu ga mampu bayar iuran ya ke rt/rw bikin surat keterangan miskin dan buat KIS


Kurang etis aja menurut gw
Analogi sama lu punya alphard tapi isi premium
Gmana mau bayar kis kalo dianggap mampu
Gaji gw cmn 8jt buat bayar bpjs jadi 640k sebln
Orang kaya harta miliaran bayar juga 640k
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:35
Apalah daya kita hanya orang kecil, cuma bisa menerima kebijakan dengan lapang dada emoticon-norose
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:40
Sekarang sudah jarang lihat kata - kata pertamax diamankan emoticon-Hammer2
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:46
Sudah seharusnya.. karena masih byk masyarakat yang bayar klo pas sakit aja..

Dan masih ada "BPJS" untuk sebagian masyarakat yang full gratis tanpa bayar.. saya pribadi agak kurang setuju.. menurut saya tetap harus bayar meskipun kecil jumlahnya..

Klo semua masyarakat indonesia bayar gak mungkin BPJS defisit.. akhirnya begini.. yg bayar sekarang kena imbasnya naik 100%
Klo saya ya itung2 amal.. mudah2an bisa jadi modal buat ke akhirat 😁 amiinn
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 15:58
Pres... Pres.... mikir dulu donk.....emoticon-Traveller
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 16:15
Semoga dengan adanya keputusan kni seluruh aspek bisa terus meningkatkan taraf hidup dan kualitas hidup supaya program2 yang ada bisa dinikmati dan terselenggara dgn baik
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 16:17
Indo kebanyakan apa-apa maunya pake BPJS (flu ke RS pake BPJS) dan maunya gratis .....

Usaha kek, situ yang sakit bayar sendiri ...... gue aja ngak ikut BPJS :P, karena sudah tau nasibnya bakal spt ini ..... defisit .....

Disuruh daptar BPJS dan wajib = Big NO ...
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 16:25
Hip hip Horeee emoticon-Leh Uga
ke rs pake bpjs diliatin sama suster kek orang susah
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 16:31
hmmm yaudahlah ya bisa apa lagi kalo udah ditetapkan peraturannya. semoga aja kedepannya makin bagus deh pelayanan kesehatan di indonesia ini
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 16:44
Terima kasih Pak Jokowi...





emoticon-No Hope
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 16:44
yg gw heran masak cek golongan darah aja pake bpjs? ribet banget assu
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 16:57
Quote:Original Posted By jewelinside
Jadi intinya yg ente bahas bayar bpjs buat lahirannya ??

Apa

Bahas kepadatan penduduknya ??


Buat BPJS buat nalangin biaya rumah sakit apabila sakit.

Dan mengkritik orang orang yg nunggak iuran bpjs karna biaya lahiran.
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 17:00
pada turun kelas yang PBPU ke kelas 3 nih kayaknya. tapi nggak masalah karena namanya juga sakit siapa yang mau? yang penting pas sakit ada jaminan.
0 0
0
Jokowi Resmi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen
30-10-2019 17:03
Berarti ga bs nego lg
0 0
0
Halaman 8 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.