• Beranda
  • ...
  • Buku
  • Kisah Nyata : Kejadian Horor Saat Menulis Buku Antologi Kisah Cinta Jagat Lelembut

noviepurwantiAvatar border
TS
noviepurwanti
Kisah Nyata : Kejadian Horor Saat Menulis Buku Antologi Kisah Cinta Jagat Lelembut
Kisah Nyata Seram


Dokpri


Assalamualaikum Agan Sista Semuanya emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Ketemu lagi dengan Mak Novie yang akan menemani waktu kalian beberapa saat kedepan. Kali ini, ane mau berbagi kisah yang membuat bulu kuduk jegrak-jegrak, Gan!

Suatu hari, tepatnya pada pertengahan Oktober 2019, tiba-tiba terbetik sebuah ide setelah menulis threat di Kaskus tentang cerita Horror KKN di Desa Penari. Saat itu ane berpikir kalau membuat antologi nuansa horor kayaknya seru juga. Sudah lama ane nggak buat antologi, jadi pingin keseruan dan keribetannya 🤣🤣🤣.

Nah, ane langsung post status di Facebook, dong. Nggak nyangka banyak banget yang mau ikutan. Ane pilih 30 pendaftar pertama yang mau ikut join. Nggak peduli itu penulis pemula atau senior. Pokoknya 30 komentar pertama yang mau ane catet.

Dead Line juga ngebut, cuma ane kasi waktu tujuh hari doang buat cerita. Ada pakem-pakem yang harus ditaati.

1. Tokoh Utama adalah Jin

Waktu itu ane pikir, kalau tokoh utama cerita bangsa manusia udah mainstream banget. Nggak ada kejutannya. Dalam cerita antologi horor nanti tokoh utama harus dari bangsa jin. Jiper-jiper dah.

2. Tema : Cinta

Cinta ini sifatnya universal dan bisa dimiliki semua makhluk ciptaan Allah. Termasuk bangsa jin pastinya mereka punya kisah cinta. Cinta juga nggak harus orientasi kepada lawan jenis sealam. Bisa ke siapa saja rasa istimewa itu berlabuh. Jin juga punya cinta. Eaaak.

3. Nggak ada Namanya Arwah Penasaran

Dalam keyakinan ane yang ane pelajari selama ini, nggak ada namanya arwah penasaran. Karena sejatinya ruh ketika manusia meninggal akan berada dalam sisi-Nya dan nggak akan bisa balik lagi ke dunia.

Nah, yang ada itu adalah Jin Qorin manusia. Qorin ini adalah jin yang menemani manusia sejak dalam kandungan hingga dia meninggal. Ketika manusia meninggal, ada beberapa jin Qorin yang menghilang tetapi ada yang masih tinggal di lokasi kejadian. Biasanya jin Qorin manusia yang meninggal secara mengenaskan akan menakuti manusia lain. Itulah yang disebut arwah penasaran.

Ehem! Kalau beda keyakinan, santuy aja, Gan. Ane gak memaksa Agan percaya kok.


4. Cinta Beda Dimensi Nggak Akan Pernah Bersatu

Ini pakem terakhir. Kalau ada jin yang jatuh cinta pada manusia, maka author wajib memisahkan mereka. Eaaak. Kezaaam!!!

Dokpri


Malamnya ane langsung eksekusi membuat cerpen horor koplak dengan tokoh utama jin peri. Ceritanya si jin peri ini kabur dari rumahnya karena akan dijodohkan dengan pangeran pocong dari klan terendah. Dia bertemu dengan pemuda sholih dan mencoba menggoda. Ending sudah tahu, dong. Kisah cinta jin peri ini bakal sad ending.

Sebelum menulis cerita, ane sudah baca Alfatihah dan ayat kursi. Meminta perlindungaan Allah. Ane ini lumayan baper dan penakut jadi buat cerita ketika siang hari.

Ternyata, Gan. Selama tiga hari berturut-turut ane mimpi seram! Aura di rumah ane tiba-tiba jadi gelap dan asli ane ketakutan pada apa ane juga bingung. Ane ngerasa ada mata yang ngintil kemanapun ane melangkah. Ketika di kamar mandi ane ngerasa ditemani, ketika lihat drakor ane ngerasa merinding.

Duh, pokoknya beda sama hari-hari lalu, Gan!

Apalagi ane juga membuat beberapa ilustrasi jin yang jadi tokoh utama cerita. Makin klop dah rasanya. Jadi di dalam antologi itu ada 30 ilustrasi jin tokoh utama. Ane dibantu mbak Vie Zebek buat ilustrasi cover (cakep ya gambarnya mbak Vie ini, duuh keren pokoknya) dan beberapa teman lain membantu menggambar tokoh-tokoh dalam cerita.

Kuntilanak Ganjen


Hantu Jerangkong


Hantu Ninek Sumay


Lalu ane posting keanehan yang ane alami di group. Ternyata tanggapan teman-teman lain juga banyak yang ngerasa janggal. Ada yang diganggu makhluk astral juga bermimpi buruk hingga ceritanya diselesaikan.

Keanehan berikutnya terjadi ketika ane mau memindah tulisan dari Facebook ke file WPS di ponsel. Ane klik link Mbak Wanti kok nyambungnya ke file Mbak Putri. Ah, mungkin saat itu Bang Mark sedang lelah, ane berpostif thinking.

Keanehan terus berlanjut saat ngedit naskah. Salah satu editor yang bernama Mbak Noery Noor ngerasa amat sangat ngantuk ketika mengedit. Padahal ketika ngedit naskah lain dia ngerasa segar bugar. Laptopnya juga sering mati tiba-tiba, ngadat dan terakhir nggak bisa save hasil editan. Padahal saat ngedit naskah lain itu baik-baik saja.

Waaah, gila aja, Gan. Nggak nyangka godaannya seberat itu.

Akhirnya dengan perjuangan panjang, jadilah antologi dari Tim Horor Ketjeh berhasil menerbitkan buku yang dibidani oleh Penerbit Khadijah Publisher. Buku antologi setebal 320 halaman dengan dimensi 14x20 cm ini dibandrol dengan harga Rp. 90.000.

Dokpri


Apakah ane kapok? Nggaklah, Gan. Bagi ane, membukukan karya solo maupun antologi cerpen bersama teman-teman adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Apapun halangannya dihadapi dengan santuy.

Apakah Agan pernah mengalami kejadian yang sama saat menulis cerita horror? Yuk bagi pengalaman di kolom komentar.

Sampai jumpa dalam threat selanjutnya. Salam bahagia senantiasa.


Diubah oleh noviepurwanti 30-10-2019 09:05
susikahar
robertoezioo
lina.wh
lina.wh dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.3K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread•4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.