babygani86Avatar border
TS
babygani86
Tahapan Duduk bayi adalah Goal Standard!
Bunda, aku ingin melihat dunia! Mungkin itu yang ingin diucapkan seorang bayi kala ia mulai belajar duduk. Saat seorang bayi duduk, itu berarti, dunia yang dilihatnya lebih luas ketimbang saat ia hanya bisa tengkurap atau telentang.

Tak hanya memperluas cakrawala “dunia” si kecil, tahapan duduk ternyata juga sekaligus menjadi tahap perkembangan yang signifikan. Terutama, perkembangan otot—otot tubuhnya. Latihan otot leher misalnya. Ini bisa diamati dari tegaknya kepala bayi saat tengah duduk. Kemudian, ditunjang dengan otot tangan yang harus kuat menopang tubuh si bayi.



Ditambah dengan latihan keseimbangan tubuh, seluruh unsur ini pun menjadi kombinasi persiapan yang lengkap bagi seorang bayi untuk belajar jalan. Intinya, saat duduk, sumbu tubuh anak harus sejajar. Ini penting untuk belajar jalan.

Karena pentingnya tahapan ini, maka tahapan duduk bayi dijadikan goal standard! Jadi kalau bayi umur 3—9 bulan belum bisa duduk, harus dicurigai itu, siapa tahu ada gangguan.

Gangguan itu sendiri bisa bervariasi sumbernya. Mulai dari gangguan tipe sentral yang disebabkan oleh gangguan perkembangan otak atau infeksi pada saat kehamilan, sampai gangguan tipe perifer, yang disebabkan oleh penyakit genetik atau bawaan. Saat bayi benar—benar terlambat duduk, bisa diartikan prognosisnya jelek dan dikuatirkan perkembangan berikutnya bermasalah.

Karena duduk merupakan tahap perkembangan penting, dianjurkan agar orang tua merangsang bayinya sejak dini untuk latihan duduk. Jangan terlalu sering dipangku
atau digendong.

Saat latihan duduk, ada kalanya tubuh si kecil mungkin akan oleng atau sedikit membungkuk. Pun demikian, para orangtua tak perlu cemas. Kecenderungan anak memang begitu, ini normal kok.

Namun jika anak terus—terusan membungkuk, disarankan agar para orangtua segera memeriksakan bayinya ke dokter ortopedi. Dikuatirkan, si bayi mengalami gangguan tulang belakang. Nah Kaskuser, ayo mulai sekarang kurangi menggendong atau memangku si kecil ya. Biar ia cepat duduk.


Quote:





Quote:




Spoiler for Referensi:



pinknam00
tata604
cheria021
cheria021 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.3K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.