lingok12Avatar border
TS
lingok12
menjadi seorang travel videografi
Berbicara tentang dunia penjelajahan atau bahasa kekiniannya adalah traveller saat ini sedang marak sekali dan bahkan sudah seperti sebuah gaya hidup bagi kaum muda mudi. yap mudahnya informasi terbagi di akun jejaring sosial media menjadikan banyaknya tempat-tempat indah menyebar begitu saja, hal tersebut membuat beberapa kaum muda mudi yang suka dan mempunyai banyak waktu penasaran akan tempat-tempat tersebut. 

hal tersebutlah yang menjadikan euforia sebagai traveller menjadi kian marak. bukan menjadi sebuah rahasia bahwa negeri ini merupakan surga bagi pecinta petualangan dan penikmat alam yang indah. tak hanya itu saja, rasa penasaran terhadap tempat-tempat indah di setiap pelosok negeri ini dapat mereka balut juga dengan baik lewat media videografi yang biasa mereka sebarkan lewat jejaring sosial media.

nah ini yang menarik dan menjadi banyak pertanyaan setiap orang yang melihat hasil karya mereka para travel videografi. "wih keren sekali videonya, pakai kamera apa ya dia?" atau "wah ini gokil sih pengambilan dan editingnya, videonya keren. gimana cara buatnya ya". kurang lebih seperti itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering terlontar ketika melihat hasil karya para travel videografi. 

lalu pertanyaan lainnnya adalah "bisa gak ya gua buat kaya gitu", jawabannya tentu bisa. setiap orang bisa menjadi seorang travel videografi apalagi jaman sekarang media perekam video sangat tidak terbatas, sesimple kamera hape saja sudah sangat bagus dan baik dalam pengambilan video.

so mari kita bahas inilah yang harus minimal mereka punya dan lakukan untuk bisa membuat video selama menjadi seorang traveller. eits tapi sebelumnya kita simak dulu yuk cuplikan singkat video perjalanan dari traveller ini :






1. Alat / media pengambilan video

Spoiler for kamera:



    hal ini jelas menjadikan point utama dan sangat penting untuk bisa membuat travel video, umumnya mereka menggunakan kamera mirrorless, gopro dan drone. dari video di atas bisa kita lihat ada bebrapa sudut pengambilan yang mewakili alat / media yang disebutkan tadi. lalu kenapa memilih alat / media tersebut ? karena ...

kamera mirrorless

Spoiler for kamera mirrorless:




kita ambil contoh saja kamera mirrorless yang umum digunakan para traveller adalah Sony A6000 series. kamera ini cukup ringkas dan kecil, sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. selain itu format video yang bisa diambil oleh kamera ini sudah mendukung FULL HD bahkan beberapa seri lainnya sudah ada yang mendukung 4K sehingga hasil yang diambil bisa memanjakan para penikmat jejaring sosial media / penikmat video. lalu pada kamera ini juga terdapat fitur OSS atau Optical Steady Shot pada lensanya, sehingga pada hasil pengambilan gambar meminimalisir getaran halus / shaky. 

Action cam / Gopro

Spoiler for Action Cam:



alat perekam ini menjadi salah satu alat yang penting dalam membuat video travel videografi karena akan ada banyak moment yang diambil dalam keadaan ekstrim atau yang tidak memungkinkan diambil lewat kamera mirrorless. lalu kenapa memilih gopro ? sudah kita ketahui bahwa kamera action cam merk ini cukup handal dan banyak sekali fitur yang menolong dalam pengambilan gambar. diantaranya fitur one klik and ready to shot, saya lupa apa nama fiturnya secara officialnya, namun kurang lebih kata tsb mewakilinya. hal lainnya adalah memiliki hypersmooth sehingga video yang kita ambil bisa sangat stabil, rasanya seperti pakai gimbal padahal tidak. lalu kamera ini pun sangat kecil sekali sehingga bisa kita sematkan dimana saja dan fitur terakhir lain adalah kamera ini tahan banting dan tahan air.

drone

Spoiler for Drone:



sebetulnya penting tidak penting dalam menggunakan drone ini, karena dengan kamera mirrorless dan gopro sudah cukup. namun jika ada drone mungkin ungkapan ini bisa mewakili "bagai sayur asam tanpa garam" kurang greget ghahaha. nah drone ini dapat membuat video yang kita ambil menjadi kian lengkap sudut pengambilannya dan kian semakin luas apa yang bisa ditangkap. umumnya para video traveller menggunakan drone ringkas dari DJI tipenya macam-macam, spark, mavic air dll. drone pada masa sekarang sudah sangat canggih, kameranya yang sudah memiliki gimbal, jangkauannya yg jauh, mode pengambilannya yang banyak dan masih banyak lagi.

handphone

Spoiler for Handphone:



nah ini yang menarik sebetulnya, pasti banyak yang tidak percaya bahwa kamera handphone bisa menjadi media pengambilan video. dari beberapa kamera yang kita bahas diatas sebetulnya kamera hp masa kini sudah memiliki fitur-fitur kamera betulan (karena kamera hape katanya bukan kamera betulan ungkap beberapa orang ghahaha belum tau saja dia). 
diantaranya adalah :
- memiliki Optical Image Stabilization (OIS) atau Electronic Image Stabilization fitur ini sama seperti dengan fitur yang ada pada kamera gopro dan lensa pada sony. membuat hasil pengambilan gambar menjadi stabil. 
- resolusi yang tinggi, kamera pada hp masa kini banyak yang sudah memiliki resolusi 48mp dengan bukaan yang besar f/1.7 dll, lalu memiliki lensa yang wide sehingga memiliki variasi pengambilan gambar yang banyak.

2. Video Editor


Spoiler for video editor:




    yap ini menjadi dasar kemampuan lainnya yang harus dimiliki, karena untuk menyatukan kesemua video pada akhirnya harus di olah lewat video editor. untuk video editor sendiri relatif banyak yang bisa kita coba, mulai dari video editor di hp sperti magisto, kinemaster, powerDirector, gopro apps dll. 

untuk video editor di komputer umumnya para video traveller menggunakan Adobe Premiere Pro cc, pertimbangannya adalah karena aplikasi ini banyak yang sudah memakainya dan tutorialnya sudah banyak sehingga kita tidak akan kesulitan dalam menggunakan video editor ini.

inilah beberapa keunggulan Adobe Premiere Pro cc :

- Memiliki timeline yang dapat diisi dengan banyak sekali video serta audio untuk memperkaya efek atau memperbagus video yang kamu buat. Batasannya pada beberapa versi ada yang sampai 99 kolom video dan 99 kolom audio, yang berarti kamu dapat membuat kombinasi sangat banyak sekali.
- Memudahkanmu dalam mengelola file-file yang dibutuhkan untuk melakukan editing karena tersedia fitur explorer built-in yang dapat digunakan untuk browsing
- Memiliki antarmuka yang memanjakan mata, serta memudahkan untuk mengoperasionalkan proses editing video karena memiliki tampilan serta preview yang membuat editing video menjadi lebih mudah
- Memiliki ketelitian waktu edit sampai sekitar 0.01 detik. Dengan demikian kamu dapat membuat frame yang lebih halus sehingga filmmu juga akan lebih bagus
- Ada banyak sekali dukungan file video yang dapat diedit oleh Adobe Premiere. Dengan demikian kamu tidak perlu direpotkan karena harus mengubah format video dari satu file ke file yang lain terlebih dahulu sebelum pada akhirnya dibuka pada Adobe Premiere.
- Memiliki kemampuan untuk membuat efek-efek yang menarik dan dapat kita edit sesuai dengan keinginan kita seperti efek zooming, efek overlight atau overdick, dan lain sebagainya. Salah satunya dapat membuat kata-kata yang bergerak sesuai dengan direksi yang kita berikan pada aplikasi tersebut. Kamu juga bisa mengkopi efek pada proyek satu ke proyek lainnya
- Memiliki dukungan media encoder yang juga berasal dari aplikasi encoder yang tangguh yaitu Adobe Media Encoder.
- Mendukung sistem 64 bit, dengan demikian kamu dapat memanfaatkan jumlah ram yang lebih banyak untuk memaksimalkan proses editing pada komputermu
- Dapat melakukan time reverse atau membalik jalannya video dengan mudah dan cepat
- Mendukung format output berupa video HD
- Memiliki fitur auto save project yang dapat membantu mengantisipasi listrik mati atau crash di tengah jalan yang dapat menyebabkan proyek editing yang sedang dilakukan lupa belum ke save

nah itulah beberapa hal penting yang bisa menjadi referensi bagaimana untuk menjadi seorang video traveller. walaupun sebetulnya ini merupakan bahasan singkat dan terluar saja, namun semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai untuk menjadi seorang video traveller.

ciao ...
YulianAnggita
YumnaAzalea
alizazet
alizazet dan 12 lainnya memberi reputasi
13
895
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.