joko.winAvatar border
TS
joko.win
Donald Trump Beber Foto Anjing Hero Pemburu al-Baghdadi Pentolan ISIS
jpnn.com, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump merilis foto anjing yang terlibat dalam perburuan terhadap Abu Bakr al-Baghdadi. Anjing hero itulah yang punya peran penting dalam mengakhiri hidup khalifah ISIS tersebut di Idlib, Suriah, Minggu (27/10) dini hari.

Trump memajang foto anjing itu melalui akunnya di Twitter pada Senin sore (28/10). Presiden ke-45 AS itu juga menyertai foto anjing tersebut dengan caption.

BACA JUGA: Bos ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Tewas, Polri Langsung Waspada

“Kerja luar biasa dalam menangkap dan membunuh pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi,” ujar Trump dalam twitnya. Presiden berlatar belakang pengusaha itu menyebut anjing pahlawan tersebut cantik dan berbakat.



Namun, Trump tak membeber nama anjing tersebut maupun jenisnya. Hanya saja, selama ini militer AS menggunakan anjing jenis Belgian Malinois dan German Shepperd.

Anjing itu merupakan bagian dari pasukan elite Angkatan Darat AS yang dikenal dengan sebutan Delta Force. Anjing itulah yang diturunkan ke dalam terowongan persembunyian Baghdadi.

Delta Force mengerahkan anjing setelah memastikan pentolan teroris yang paling dicari itu mengenakan rompi bom bunuh diri. Baghdadi akhirnya tewas bersama tiga anaknya.

Namun, merujuk pernyataan Trump, anjing yang dikerahkan untuk memburu al-Baghdadi tak hanya seekor. “Baghdadi mencapai ujung terowongan ketika anjing-anjing kami memburunya,” ujar Trump.

Ditambahkan oleh Trump, operasi militer itu tidak ada menelan korban di pihak AS, tetapi sejumlah pengikut al-Baghdadi juga tewas, termasuk anggota keluarganya.

Menurut Trump, al-Baghdadi bersembunyi di dalam terowongan dan membawa serta tiga anaknya. Ia lantas dikejar oleh anjing serbu, dan kemudian meledakkan bom rompi yang dikenakannya.

"Ia tewas setelah berlari ke terowongan buntu, merintih, menangis dan menjerit sepanjang waktu," papar Presiden Trump.

Trump mengatakan al-Baghdadi "mati seperti anjing."

BACA JUGA: Usai Baghdadi, Jubir ISIS Dilaporkan Tewas di Suriah

Menurut pejabat Kementerian Pertahanan AS, anjing yang memburu al-Baghdadi terluka akibat sengatan setrum. “Sedang dalam proses pemulihan,” ujar pejabat Pentagon.

Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley juga enggan memerinci soal anjing hero itu. Menurutnya, anjing itu masih di medan perang.

“Anjing, K-9, anjing pekerja militer, melaksanakan pengabdian luar biasa seperti yang mereka semua lakukan di berbagai situasi,” ujarnya.(cnn/jpnn)

https://www.google.com/amp/s/m.jpnn....-pentolan-isis
Diubah oleh joko.win 29-10-2019 02:09
hattori hanzo
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
8
6.7K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.